x

Siapa Daniel Kretinsky, Pebisnis Kaya Raya Calon Investor West Ham

Jumat, 29 Oktober 2021 16:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pebisnis Ceko Daniel Kretinsky, yang dikaitkan mau beli saham klub Liga Inggris, West Ham United.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Daniel Kretinsky, pebisnis asal Ceko yang tengah dikaitkan dengan klub Liga Inggris, West Ham United.

Kabar tentang calon investor baru The Hammers belakangan memang menghiasi sejumlah headline pemberitaan di kancah sepak bola Inggris.

Desas-desus tentang pembelian saham ini pun dengan mudah menempel di telinga para penggemar. Tidak mengherankan memang, mengingat publik baru saja digemparkan dengan akuisisi Newcastle United oleh konsorsium Arab Saudi.

Baca Juga
Baca Juga

Buntutnya, Newcastle United pun digadang-gadang sebagai klub ‘sultan’ selanjutnya di Liga Inggris selain Manchester City.

Rasa penasaran kini pun makin membuncah ketika muncul kabar West Ham United juga akan mendapat investor baru yang tidak kalah kaya raya.

Ia adalah Daniel Kretinsky, seorang pebisnis sukses asal Ceko yang juga bukan nama baru di dunia si kulit bundar. Bukan kaleng-kaleng, pria yang satu ini juga berstatus pemilik klub sepak bola Sparta Praha.

Tidak dapat dipungkiri bahwa latar belakang pemilik klub selalu jadi isu hangat dari masa ke masa. Ada kalanya penggemar tidak cukup puas ketika melihat para owner yang terksesan tidak mengerti sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Malahan, beberapa dari mereka tidak luput dari tuduhan lebih mengedepankan keperluan bisnis ketimbang nilai-nilai sepak bola sebuah klub. Namun untungnya Daniel Kretinsky punya latar belakang yang lumayan.

Seperti diwartakan Sky Sports, pemilik Royal Mail dan J Sainsbury itu akan membeli 27 persen saham West Ham United. Pengumuman tentang transaksi bisnis ini konon akan diumumkan pada awal November nanti.

Meski mengakuisisi saham minoritas, terdapat pula opsi untuk mengambil alih klub secara penuh dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan.

Jika demikian, Daniel Kretinsky berpeluang mengakhiri rezim David Gold dan David Sullivan yang menguasai West Ham United sejak 2010.


1. Siapa Daniel Kretinsky?

Pebisnis Ceko Daniel Kretinsky, yang dikaitkan mau beli saham klub Liga Inggris, West Ham United.

Lantas, siapa sebenarnya Daniel Kretinsky? Ya, ia adalah pemilik klub sepak bola Sparta Praha, Royal Mail dan J Sainsbury, dan juga berprofesi sebagai pengacara.

Seperti diwartakan Give Me Sports, pria yang masih berusia 46 tahun ini juga mengantongi 49 persen di surat kabar Prancis, Le Monde. Ia juga juga berkecimpung di dunia retail fesyen Foot Locker dan toko Macy’s.

Lalu menurut Forbes, kekayaan Daniel Kretinsky ditaksir mencapai 3 miliar poundsterling atau sekitar Rp58,6 triliun.

Jika jadi membeli saham West Ham United, kabarnya ia harus menggelontorkan uang senilai 700 juta poundsterling (Rp13,6 miliar), yang nampaknya tidak akan menguras tipis dompet maupun saldo rekeningnya.

Daniel Kretinsky memang sukses dengan sederet bisnis yang dilakoninya. Namun di sisi lain ia juga berasal dari keluarga yang reputasinya tidak main-main.

Sang ayah merupakan seorang profesor Masaryk University, salah satu universitas besar di Ceko. Sementara itu, ibunya berprofesi sebagai hakim dan lulusan jurusan hukum.

Tentang West Ham United

David Gold dan David Sullivan mengantongi mayoritas persen saham West Ham United pada 2010. Dalam perjalanannya, tidak banyak yang bisa mereka lakukan untuk membawa The Hammers menuju kejayaan.

Meski begitu, Sam Allardyce selaku mantan manajer The Hammers, pernah menyebut dalam sebuah wawancara bahwa pemilik sangat mencintai klub.

Untuk itu, nampaknya kini sudah saatnya mereka melepas kepemilikan ke pihak lain demi memajukan The Hammers. Apakah sosok itu adalah Daniel Kretinsky?

West Ham UnitedLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini