x

Xavi ke Barcelona, Kejayaan Era Pep Guardiola Bakal Terulang?

Jumat, 29 Oktober 2021 10:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pep Guardiola pernah sukses menangani Barcelona ketika ia masih jadi pelatih muda.

INDOSPORT.COM - Nama Xavi Hernandez berhembus kencang di tengah prahara masa depan Ronald Koeman di Barcelona. Apakah ia bisa sukses seperti Pep Guardiola?

Desas-desus tentang nasib pelatih asal Belanda tersebut sejatinya sudah jadi buah bibir sejak lama. Sampai akhirnya, Joan Laporta selaku presiden klub membebastugaskan Koeman dari jabatannya kemarin.

“Presiden klub menginformasikan keputusan ini setelah kekalahan dari Rayo Vallencano. Ronald Koeman akan berpamitan kepada skuat di Ciutat Esportiva,” demikian bunyi pernyataan resmi Barcelona.

“FC Barcelona berterima kasih atas pengabdiannya di klub ini dan mendoakan yang terbaik untuk kelanjutan karier profesionalnya.”

Baca Juga
Baca Juga

Menyusul kepergian Koeman, klub menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih interim. Sebelumnya, ia diketahui menangani Barcelona B, mengembangkan La Masia, dan bagian skuat Blaugrana era Joan Cruyff.

Selama masih aktif sebagai pemain, Barjuan pernah menjuarai liga dan sejumlah kompetisi lainnya seperti Copa del Rey, UEFA Cup Winners' Cup, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Dengan track record-nya tersebut, Barjuan nampak sebagai pilihan terbaik untuk mengurus skuat Barcelona peninggalan Koeman sebelum klub menemukan pelatih permanen yang tepat.

Dari sekian sosok yang digadang-gadang sebagai pengganti Koeman, Xavi Hernandez muncul sebagai kandidat terfavorit. Bukan hanya suporter Blaugrana, publik Liga Spanyol dan sepak bola dunia juga menyambut baik skenario ini.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, Xavi bukanlah nama baru di kubu Barcelona. Statusnya sebagai legenda mau tidak mau akan membuat orang-orang berekspektasi lebih.

Bahkan, bukan tidak mungkin muncul harapan bahwa ia akan membawa kejayaan bagi Barcelona, seperti yang dilakukan Pep Guardiola bertahun-tahun silam.

Selama memegang kendali tim utama Barcelona pada 2008 sampai dengan 2012, Guardiola memang menyumbang banyak kontribusi untuk klub yang telah mengasah bakatnya sejak usia remaja tersebut.


1. Xavi Bisa Seperti Guardiola?

Pep Guardiola pernah sukses menangani Barcelona ketika ia masih jadi pelatih muda.

Pep Guardiola, yang juga dikenal sebagai jebolan La Masia, telah memberi Barcelona seabrek gelar saat menjabat sebagai pelatih.

Sebut saja beberapa di antaranya LaLiga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Guardiola adalah juru taktik sukses yang juga berjaya bersama Bayern Munchen dan Manchester City. Kini, suporter Barcelona punya harapan besar pada Xavi yang disebut-sebut akan segera merapat ke Camp Nou.

Hanya saja, situasi Xavi saat ini mungkin kurang menguntungkan bagi dirinya. Pasalnya, ia diwarisi skuat yang tengah amburadul, dengan waktu dan mungkin dana yang terbatas untuk memperbaikinya.

Di sisi lain, Xavi yang dikejar-kejar waktu juga harus menghadapi rasa tidak sabaran suporter yang pasti ingin segera melihat tim kesayangan mereka berjaya lagi.

Apa yang dialami Guardiola dahulu bisa dibilang cukup berbeda. Ia berhasil memenangkan trofi pada musim pertamanya melatih, namun saat itu ia sudah familier dengan aset-aset potensial Barcelona di tim B.

Tentu bukan hal yang sulit untuk mempromosikan sejumlah talenta muda seperti Sergio Busquets atau Pedro ke tim utama.

Sementara itu Xavi, akan membidik bursa tranfser Januari jika berencana menambah pemain dalam waktu dekat. Warisan yang ia peroleh dari Koeman berbeda jauh dari warisan yang didapat Guardiola dari Frank Rijkaard.

Berdasarkan poin-poin tersebut di atas, agaknya jadi tantangan yang cukup besar bagi Xavi jika ia didapuk sebagai pelatih Barcelona selanjutnya. Meski begitu, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Termasuk, melihat legenda seperti Xavi datang sebagai pahlawan yang akan menyelamatkan klub masa mudanya dari kehancuran.

Bukan hanya mereka yang berhubungan langsung dengan Barcelona. Para penikmat sepak bola di seluruh dunia juga dengan senang hati menantikan apakah dongeng indah tersebut bakal benar-benar jadi kenyataan.

BarcelonaLaLiga SpanyolRonald KoemanXavi HernandezPep GuardiolaLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini