x

Berada di Ujung Tanduk, Intip Peluang Barcelona Lolos Penyisihan Grup Liga Champions

Selasa, 2 November 2021 16:11 WIB
Editor: Subhan Wirawan

INDOSPORT.COM – Sempat menelan dua kekalahan dan berada di tempat ketiga klasemen sementara, seperti apa peluang Barcelona untuk lolos dari penyisihan grup Liga Champions musim ini?

Pada musim 21/22, raksasa Liga Spanyol Barcelona memang alami penurunan performa yang cukup signifikan. Tak hanya di kompetisi domestik, kubu Blaugrana juga apes dalam ajang Liga Champions.

Di Liga Spanyol, hingga pekan ke-11 skuat yang dilatih pelatih interim Sergi Barjuán tersebut masih tertahan di peringkat 9 dengan perolehan 16 angka.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan jika melihat rapor penampilan terakhir, Barcelona belum pernah meraih kemenangan dalam tiga laga termasuk dua kali kalah kontra Real Madrid dan Rayo Vallecano.

Sementara di ajang Liga Champions, performa Barcelona juga tak terlalu impresif. Meski di pertandingan terakhir sukses mengalahkan Dynamo Kiev, namun posisi Barcelona sekarang belum terlalu aman untuk bisa lolos ke fase selanjutnya.

Dari tiga pertandingan yang telah dijalani, Barcelona telah dua kali telan kekalahan yakni dari Bayern Munchen serta kuda hitam asal Portugal, Benfica.

Dengan hasil tersebut, saat ini Barcelona masih tertahan di peringkat ketiga lewat perolehan tiga poin, berjarak satu angka dari Benfica di tempat kedua serta enam poin dari Barcelona sebagai pemuncak Grup E Liga Champions.

Masih menyisakan tiga pertandingan sisa, asa Barcelona untuk lolos dari penyisihan grup terbilang susah-susah gampang.

Berikut, INDOSPORT coba mengulas hitung-hitungan peluang Barcelona selamat dari lubang jarum penyisihan grup Liga Champions dan melangkah ke babak selanjutnya:

Menang 3 Laga Auto Lolos
Peluang lolos Barcelona akan terbuka lebar andai dalam tiga pertandingan penyisihan grup terakhir mampu meraih kemenangan, termasuk saat menghadapi pemuncak klasemen Bayern Munchen.

Pasalnya, dengan tambahan sembilan poin maka posisi Bayern Munchen setidaknya bisa berada di tempat kedua dan dipastikan lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

Tambahan sembilan angka, maka total poin Barcelona di penyisihan grup menjadi 12 angka.

Andai Bayern Munchen ikut menyapu kemenangan (kecuali saat hadapi Barcelona) di sisa penyisihan grup, maka total poin Die Rottens adalah 15 dan bakal berhak lolos ke 16 besar sebagai pemuncak klasemen.


1. Menang Sekali Bisa Lolos?

Selebrasi pemain Barcelona.

Selain sapu kemenangan, Barcelona juga masih punya peluang lolos dari penyisihan grup dengan syarat minimal raih enam poin atau dua kali menang di sisa laga.

Tambahan enam poin akan membuat Barcelona mengumpulkan sembilan angka, mengungguli perolehan poin Benfica (andai gagal menang di tiga pertandingan terakhir) di tempat kedua.

Namun syarat lolos dengan raihan dua kemenangan ini masih harus tergantung pada hasil pertandingan lain.

Pasalnya, Barcelona yang hanya berjarak satu poin dari posisi runner up harus berharap tim diatasnya (Benfica) tidak ketambahan poin hingga 6 angka.

Jika itu terjadi, maka perolehan poin Benfica menjadi 10 dan tidak bisa dilewati Barcelona yang cuma mengumpulkan 9 angka hasil dari dua kemenangan sebelumnya.

Lalu, bagaimana jika Barcelona hanya meraih satu kemenangan di sisa laga penyisihan grup. Mampukah Blaugrana lolos dari penyisihan grup Liga Champions musim ini?

Jika dikalkulasikan, sejatinya Barcelona masih bisa lolos meski di tiga pertandingan terakhir hanya bisa meraih satu kemenangan. Dengan hasil tersebut, maka poin maksimal yang bisa didapatkan Barcelona hanya 6 poin.

Jumlah tersebut bisa menghantarkan Barcelona lolos ke 16 besar, namun dengan syarat dua tim lain yakni Benfica dan Dynamo Kiev gagal meraih kemenangan di tiga pertandingan sisa atau maksimal hanya raih sekali imbang.

Dengan perkiraan ini, maka perolehan poin Benfica di tempat kedua akan menjadi lima sementara Dynamo Kiev bakal mengumpulkan dua angka sepanjang penyisihan grup.

Poin kedua tim tersebut masih lebih kecil ketimbang Barcelona (6 angka), meski Blaugrana hanya meraih satu kemenangan di sisa laga dan berhak untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 21/22.

BarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenBenficaDynamo Kiev

Berita Terkini