x

3 Bintang Arsenal yang Bisa Dibajak Unai Emery ke Newcastle United

Rabu, 3 November 2021 10:37 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Unai Emery mendadak disebut jadi kandidat kuat pelatih baru Newcastle United. Berikut 3 bintang yang bisa ia bawa ke Newcastle dari klub lamanya, Arsenal.

INDOSPORT.COM – Unai Emery mendadak disebut jadi kandidat kuat pelatih baru Newcastle United. Berikut 3 bintang yang bisa ia bawa ke Newcastle dari klub lamanya, Arsenal.

Kabar mengejutkan datang dari Newcastle United. Klub kaya baru itu mendadak santer dikaitkan dengan Unai Emery, yang disebut jadi kandidat kuat pelatih baru mereka.

Seperti diketahui, The Magpies memang tengah memburu juru taktik baru usai diakuisisi Public Investment Fund Arab Saudi. Saat ini, mereka dibesut Graeme Jones yang menjadi pelatih interim usai pemecatan pelatih kepala Steve Bruce beberapa pekan lalu.

Baca Juga
Baca Juga

The Magpies pun sempat santer disebut bakal mendatangkan Paulo Fonseca, yang didepak dari AS Roma akhir musim lalu.

Meski demikian, kini muncul nama baru lagi dalam perburuan pelatih anyar Newcastle. Sosok yang dimaksud adalah juru taktik Villarreal, Unai Emery.

Dilansir Sky Sports, manajemen Newcastle tengah menjalin pembicaraan dengan Emery, dan siap membayar kompensasi 5 juta pounds untuk memutus kontraknya di Villarreal.

Meski sempat mengaku betah di Villarreal, Emery siap mendengarkan tawaran dari Newcastle United, demi mendapatkan kesempatan kembali ke Liga Inggris.

Seperti diketahui, Emery memang sempat berkarier di Inggris dengan melatih Arsenal. Di musim perdananya pada 2018/2019, ia membawa The Gunners ke posisi 5 Liga Inggris dan final Liga Europa.

Sayangnya, hanya beberapa bulan memasuki musim kedua, ia didepak setelah Arsenal gagal menang di 7 laga beruntun.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, pria Spanyol ini tetap dianggap manajer jempolan. Di luar kegagalan menghadirkan trofi bagi Arsenal, Emery meraih sejumlah gelar termasuk hattrick Liga Europa bersama Sevilla, menjuarai kompetisi yang sama bersama Villarreal musim lalu, dan memenangi Ligue 1 bersama PSG.

Kedatangan Emery diyakini bakal diikuti sejumlah pemain baru pada bursa transfer Januari, guna mendukung skema andalannya yakni 4-3-3 atau 4-2-3-1. Newcastle sendiri musim ini lebih kerap memainkan pola 5 bek.

Situasi ini membuka peluang Unai Emery membajak sejumlah mantan anak buahnya di Arsenal. Apalagi, beberapa pemain andalannya saat membesut The Gunners kini ditepikan oleh Mikel Arteta.

Lantas, siapa saja pemain Arsenal yang berpotensi menyusul Emery ke Newcastle? Berikut ulasannya:


1. Trio Bintang yang Ditepikan Mikel Arteta

Alexandre Lacazette merayakan golnya dalam pertandingan matchday ke-13 Liga Inggris antara Arsenal vs Southampton, Sabtu (23/11/19) malam WIB.

Bernd Leno

Sektor kiper menjadi salah satu kelemahan Newcastle seiring cederanya Martin Dubravka. Karl Darlow yang jadi pengganti tampil mengecewakan dengan kebobolan 11 gol dari 6 laga Liga Inggris tanpa meraih 1 cleansheet pun.

Guna mengatasi ini, Emery bisa memboyong Bernd Leno dari Arsenal. Seperti diketahui, Leno belakangan ini tersingkir ke bangku cadangan berkat penampilan apik Aaron Ramsdale.

Bernd Leno dan Emery sendiri punya hubungan cukup baik karena Leno adalah pilihan utama Emery semasa melatih The Gunners. Potensi memboyongnya pun cukup besar karena Arsenal sudah berencana menjual Leno pada Januari nanti.

Alexandre Lacazette

Di sektor penyerang tengah, Newcastle membutuhkan tambahan tenaga meski Callum Wilson tengah tampil tajam. Hal ini demi mengantisipasi jika Wilson mengalami cedera, sekaligus untuk mendorong pemain Inggris itu untuk terus mengerahkan penampilan terbaik agar tak kehilangan tempat.

Satu nama yang layak diboyong untuk mengisi kebutuhan itu adalah Alexandre Lacazette. Penyerang Prancis ini punya kualitas mumpuni untuk bersaing dengan Wilson, yang terbukti dengan torehan 68 gol dari 178 laga bersama Arsenal dan 129 gol dari 275 pertandingan bersama Lyon.

Sama seperti Leno, peluang mendapatkan Alexandre Lacazette juga cukup besar karena ia kini tersingkir dari tim utama dan santer disebut bakal dijual pada Januari mengingat kontraknya habis akhir musim ini.

Nicolas Pepe

Nicolas Pepe menjadi nama ketiga dari Arsenal yang bisa diboyong Newcastle. Berposisi sebagai sayap kanan, Pepe bisa menghadirkan keseimbangan di sayap The Magpies yang selama ini terlalu mengandalkan Allan Saint-Maximin di kiri.

Musim lalu, Pepe tampil cukup baik dengan 16 gol dan 5 assist dari 47 laga di semua kompetisi. Namun, musim ini ia kesuliltan bersaing dengan Bukayo Saka.

Potensi menit bermain yang lebih tinggi bersama Newcastle United bisa saja menggoda Nicolas Pepe untuk meninggalkan Arsenal.

ArsenalNewcastle UnitedVillarrealUnai EmeryAlexandre LacazetteBernd LenoLiga InggrisNicolas PepeBerita Liga Inggris

Berita Terkini