x

Mata Najwa Mau Digugat PSSI, Najwa Shihab Pilih Temui Satgas Antimafia Bola

Jumat, 5 November 2021 21:30 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Mata Najwa Digugat PSSI, Najwa Shihab Pilih Temui Satgas Antimafia Bola

INDOSPORT.COM - Najwa Shihab temui Ketua Satgas Antimafia Bola, Hendro Pandowo, usai dikabarkan aan digugat PSSI saat membahas tentang drama pengaturan skor di Liga 1 2021-2022. 

Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh, mengatakan akan tetap menggugat program Mata Najwa untuk mendapatkan identitas wasit pelaku match fixing di sepak bola Indonesia. 

Ketika tampil di program Mata Najwa edisi 'PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-Lagi Begini', Ahmad Riyadh mendesak Najwa Shihab, presenter program itu, untuk membongkar identitas wasit yang menjadi narasumber.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab, wasit yang menggunakan inisial Mr Y sebagai samaran, mengakui ada praktik pengaturan skor di Liga 1 2021-2022 benar-benar terjadi. 

Namun, Najwa Shihab tak bisa memenuhi permintaan Ahmad Ridah karena karena menyangkut kode etik jurnalistik atau sesuai dengan hak tolak yang ada dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"PSSI akan mengambil langkah dan upaya hukum yang tepat guna mendapatkan data seseorang perangkat pertandingan yang mengaku dalam program Mata Najwa melakukan pengaturan skor atau penerimaan suap terkait tugasnya," kata Ahmad Riyadh ke INDOSPORT.COM.

Mengetahui gugatan PSSI, Najwa Shihab tak gentar. Ia justru menunjukkan momen kebersamaan dengan satgas antimafia bola, Hendro Pandowo dan Kapolda Metro Jaya, Muhammad Fadil Imran. 

"Gimana, perlu lanjut jilid 7? #PSSIBisaApa #SatgasAntiMafiaBola," tulis Najwa Shihab. 


1. Mata Najwa Mau Digugat PSSI, Najwa Shihab Pilih Temui Satgas Antimafia Bola

Presenter TV, Najwa Shihab.

Netizen pun beramai-ramai mengomentari unggahan Najwa Shihab. 

"PSSI ketar-ketir," tulis pemilik akun @riskyahmad93

"Setidaknya Mata Najwa membuka optimisme, media dan jurnalistik bisa memberikan pengaruh besar bagi semua aspek sendi kehidupan. Respect," tulis pemilik akun @adityasadewa

"Semangat mbak Nana. Kami di belakangmu," tulis pemilik akun @ajhon.dr96

"Gas lah mbak," tulis pemilik akun @pojaayyy

"Jangan kasis kendor Mbak Nana," tulis pemilik akun @emraflyy

Sementara itu, dikutip dari Antara, Ketua Dewan Pers periode 2016-2019 Yosep Adi Prasetyo menyarankan PSSI untuk menuntaskan sengketa mereka dengan acara "Mata Najwa" di Dewan Pers dan tidak melakukan gugatan hukum.

"Silakan PSSI mengadukan Mata Najwa ke Dewan Pers," ujar Yosep Adi Prasetyo kepada Antara di Jakarta, Kamis (04/11/21). 

"Di Dewan Pers, tim Mata Najwa tidak boleh menutupi semua informasi yang didapatkannya. Namun, nantinya Dewan Pers hanya sampai kepada kesimpulan apakah sebuah produk itu sesuai kaidah jurnalistik atau tidak."

"Jika sesuai, maka PSSI harus menghormati Undang-Undang Pers. Namun, jika tidak, maka bisa dilakukan tindakan lanjutan," imbuh Yosep.

PSSILiga IndonesiaNajwa ShihabSatgas Anti Mafia Sepak Bola

Berita Terkini