x

Tak Terkalahkan dan Sapu Bersih Seri Kedua Liga 1, Ini Kunci Keberhasilan Persib

Senin, 8 November 2021 14:13 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, membeberkan kunci keberhasilan timnya bisa meraih poin penuh pada seri kedua kompetisi Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, membeberkan kunci keberhasilan timnya bisa meraih poin penuh pada seri kedua kompetisi Liga 1 2021-2022, sekaligus menjadi tim yang tidak terkalahkan hingga memasuki pekan ke-11.

Menurut pelatih asal Belanda ini, hasil tersebut didapat dengan proses yang cukup panjang, pasalnya kompetisi musim ini berbeda dengan sebelumnya, diantaranya persiapan yang tidak berjalan normal, lantaran pandemi Covid-19.

"Kita sedikit mundur ke belakang karena sepakbola itu adalah tentang rencana. Ketika kami mendengar kabar liga akan dimulai lagi, itu masih di masa PPKM dan kami saat itu tidak mempunyai lapangan untuk latihan," kata Robert Alberts.

"Persib tidak bisa berlatih, sedangkan beberapa tim lainnya mempunyai kesempatan untuk melakukan persiapannya. Mungkin kami baru mulai berlatih bersama dua pekan sebelum musim dimulai," ungkapnya.

Baca Juga
Baca Juga

1. Fondasi Tim

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, membeberkan kunci keberhasilan timnya bisa meraih poin penuh pada seri kedua kompetisi Liga 1.

Robert Alberts menuturkan, selain waktu persiapan yang singkat, tim juga sudah cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan kompetisi setelah Liga 1 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret 2020.

Ditambah lagi, pemain datang dan bergabung dengan tim secara bertahap, serta ada beberapa pemain yang baru memperkuat Persib musim ini. Sehingga, proses persiapan tim tidak berjalan dengan lancar.

"Melihat kondisi kami tidak melakukan pramusim dan ada beberapa pemain baru masuk ke dalam tim, yang mana belum bermain bersama satu sama lain, ditambah dalam format bubble yang tidak memainkan laga home and away," ujarnya.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menilai, seri pertama kompetisi Liga 1 2021-2022 seperti laga pramusim, pasalnya pemain masih beradaptasi dengan atmosfer pertandingan. Hal itu bisa terlihat, dari belum maksimalnya lini depan skuat Maung Bandung.

Baca Juga
Baca Juga

"Jadi itu isa dengan jelas menunjukkan enam laga awal adalah waktu membentuk fondasi di dalam tim, membentuk tim yang solid," ucap Robert Alberts.

Setelah melalui seri pertama, penampilan Persib mulai mengalami peningkatan, sehingga tim kebanggaan Bobotoh berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan dengan kemenangan, sekaligus menghentikan tren positif Bhayangkara FC dan PSIS Semarang.

"Jadi kami sudah lebih siap setelah serie pertama, tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi series kedua, tahu apa yang harus ditekankan. Itu perbedaan antara series pertama dan kedua," ucapnya.

"Kami memanfaatkannya sebagai pramusim dan tahu apa yang harus dilakukan. Melihat hasil yang didapat, kami tidak terkejut karena kami bekerja dengan itu dan sudah merencanakan itu," jelas Robert Alberts.

Persib BandungBobotohRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini