x

3 Tandem yang Cocok Untuk Elkan Baggott di Lini Pertahanan Timnas Indonesia

Jumat, 12 November 2021 10:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
3 Tandem yang Cocok Untuk Elkan Baggott di Lini Pertahanan Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain bertahan yang mugkin cocok dan sempurna untuk menjadi tandem Elkan Baggott di lini pertahanan Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Nama Elkan Baggott belakangan memang jadi perbincangan hangat, terutama untuk para pecinta sepak bola Tanah Air dan Timnas Indonesia.

Pasalnya, pemain berusia 19 tahun tersebut baru saja mendapatkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) Indonesia yang sekaligus membuat bintang Ipswich Town tersebut mantap menjadi WNI.

Artinya, Elkan Baggott bakal bisa memperkuat Timnas Indonesia di level senior pada berbagai ajang resmi tanpa harus khawatir akan dinaturalisasi oleh negara lain.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, teka-teki terkait status warga negara Elkan Baggott memang sempat menjadi misteri. Terlebih Elkan sempat tidak hadir dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Dubai beberapa waktu lalu.

Elkan memang memiliki darah Indonesia dari sang ibu, namun dirinya lahir di Bangkok, Thailand. Sementara sang ayah adalah berdarah Inggris.

Hal itu membuat Elkan Baggott mempunyai tiga pilihan dalam menentukan kewarganegaraan, yakn Thailand, Inggris atau Indonesia.

Kini dengan resmi menjadi WNI, Elkan Baggott diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia kembali tampil perkasa di persepakbolaan Asia, terutama membawa skuat Garuda menjuarai Piala AFF 2020 akhir tahun nanti.

Dengan ketambahan Elkan Baggott, setidaknya lini pertahanan Timnas Indonesia kian bertambah kokoh.

Berbekal postur 196 cm plus pengalaman mentas di Liga Inggris, Elkan bisa jadi tembok tangguh buat barisan pertahanan Timnas.

Jika melihat para pemain Indonesia yang ada saat ini, setidaknya ada tiga bek dengan potensi dan fisik mumpuni yang cocok untuk menjadi tandem Elkan Baggott.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Victor Igbonefo

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, saat berlatih di Stadion GBLA, kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Nama pertama adalah Victor Igbonefo, bek naturalisasi senior milik Persib Bandung ini mungkin berada di daftar teratas calon tandem sempurna buat Elkan Baggott buat pertahanan Timnas Indonesia.

Selain punya postur tubuh kekar dan tinggi mencapai 183 cm, ketenangan Victor Igbonefo dalam memutus serangan lawan juga bisa jadi nilai lebih buat lini belakang Timnas.

Baca Juga
Baca Juga

Sepanjang gelaran Liga 1 2021, Victor Igbonefo sudah tampil sebanyak 9 pertandingan dan membantu Persib meraih 5 kali clean sheets sekaligus jadi satu-satunya tim tak terkalahkan hingga pekan ke-11.

Selain atribut dan statistik yang oke, pengalaman Victor Igbonefo kala mentas di Liga Thailand bahkan masuk dalam Thai league ASEAN Best XI 2019 bisa jadi mentor buat Elkan Baggott.


1. Yanto Basna

Pemain PT Prachuap FC asal Indonesia Yanto Basna.

Berikutnya ada Yanto Basna. Serupa dengan Victor Igbonefo, bek asal Papua berusia 26 tahun ini juga sangat cocok menemani Elkan Baggott di lini pertahanan Timnas Indonesia lantaran punya pengalaman mentereng di kompetisi luar negeri.

Memperkuat Khon Kaen, Sukhothai hingga PT Prachuap di kompetisi Liga Thailand, membuat kapasitas Yanto Basna sebagai pemain bertahan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di tahun 2020 silam, eks Persib Bandung ini juga pernah masuk dalam Thai league ASEAN Best XI. Meski saat ini masih dalam tahap pemulihan cedera, namun nama Yanto Basna masih layak jadi pilihan buat pertahanan Timnas.

Selain itu, Yanto Basna memiliki pengalaman cukup banyak bersama skuat Merah-Putih salah satunya dengan membantu timnas menjadi runner up Piala AFF 2016.

Dengan ketangguhan fisik Elkan Baggott plus visi bermain Yanto Basna, tampaknya pertahanan Timnas Indonesia bisa jadi salah satu yang paling kokoh pada masa mendatang.

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo di Penang FC saa menjadi kapten di laga uji coba persiapan Liga Super Malaysia 2021.

Terakhir ada Ryuji Utomo, bek yang sudah malang melintang di kompetisi Asia dan ASEAN yang bisa menjadi partner Elkan Baggott.

Di musim ini, Ryuji Utomo yang memperkuat Penang FC telah tampil sebanyak 15 pertandingan berhasil membantu timnya finish di peringkat 3 klasemen akhir Liga Super Malaysia.

Berbekal postur tubuh 183 cm serta badan kekar berotot miliknya, Ryuji Utomo sangat pas untuk menemani Elkan Baggott. Keduanya diprediksi bisa memenangi duel saat lawan melakukan fast break melalui umpan through pass.

Dengan kekuatan body balance yang mumpuni, Ryuji Utomo dan Elkan Baggott bakal mudah memenangi body charge hingga melakukan intersep di pertahanan Timnas Indonesia.

Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaTRIVIAElkan BaggottBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini