x

Batasi Jumlah Pemain ke Timnas Indonesia, Media Vietnam Sebut Keputusan PSSI Aneh

Jumat, 12 November 2021 16:14 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Latihan Timnas Indonesia di Lapangan B Senayan, Selasa (09/11/21).

INDOSPORT.COM - Yang dibuat heran dengan keputusan PSSI untuk membatasi jumlah pemain asal klub Liga 1 untuk pergi ke tim nasional untuk Piala AFF 2020 rupanya bukan warga Indonesia saja. Bahkan negara pesaing seperti Vietnam pun tidak habis pikir.

Media olahraga Vietnam, Soha, menyebut jika dengan terbatasnya pilihan Indonesia untuk memanggil maksimal dua penggawa dari satu klub adalah sebuah kejanggalan. Praktis pelatih kepala Shin Tae-yong akan menemui kendala berat saat harus menentukan skuat.

Soha juga mempermasalahkan keanehan jadwal Liga 1 musim 2021/2022. Pasalnya tidak umum bagi kompetisi Asia Tenggara untuk masih menggelar pertandingan saat Piala AFF 2020 bergulir.

Baca Juga
Baca Juga

Kondisi ini jelas dianggap Vietnam sebagai keuntungan besar buat mereka mengingat Indonesia sama-sama tergabung di Grup B. Padahal kesebelasan berjuluk Golden Star Warriors tersebut sudah cukup diunggulkan ketimbang negara-negara lain seperti Malaysia, Kamboja, dan juga Laos mengingat prestasi mereka belakangan ini.

“Sepak bola Indonesia membuat keputusan aneh lagi, Park Hang-seo (pelatih kepala Vietnam) tiba-tiba diuntungkan,” tulis Soha dalam judul artikelnya.

Baca Juga
Baca Juga

“Ketertinggalan tim Indonesia secara tidak sengaja membuat keuntungan bagi lawan di Piala AFF 2020, termasuk Vietnam,” lanjut media itu dalam artikelnya.

Peraturan serupa sebenarnya sudah pernah dibebankan pada timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016 lalu. Saat itu karena liga juga masih berjalan mendiang Alfred Riedl selaku manajer Tim Garuda juga hanya bisa memanggil dua pemain per klub namun masih bisa menginjak babak final sebelum akhirnya menyerah di tangan Thailand.


1. Vietnam Hentikan Liga

Timnas Indonesia vs Vietnam

Liga Vietnam sendiri musim ini harus dibatalkan per September 2021 lalu tanpa ada pemenang maupun klub yang terdegradasi. Penyebabnya apa lagi jika bukan pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Meski demikian federasi sepak bola Vietnam, VFF, menganggap ini adalah momen yang tepat untuk mematangkan persiapan timnas mereka. Saat ini anak-anak asuhan Park Hang-seo masih punya banyak agenda internasional.

Quế Ngọc Hải dan kolega masih ikut serta dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pada Selasa (16/11/21) mendatang Vietnam akan berhadapan dengan Arab Saudi di matchday pamungkas Grup B namun sudah dipastikan tidak akan lolos karena hanya menuai kekalahan di lima laga sebelumnya.

Setelah itu barulah mereka bertolak ke Singapura. Pada 6 Desember 2021 Vietnam bakal jumpa dengan Laos di Bishan Stadium sebagai partai pembuka mereka di Piala AFF 2020.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini