x

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Irlandia Utara vs Italia: Azzuri Play-off

Selasa, 16 November 2021 04:57 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Timnas Italia harus puas meraih satu poin dalam lawatannya ke markas Irlandia Utara pada laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Windsor Park, Belfast pada Selasa (16/11/21) dinihari WIB.

Dalam laga tersebut, Italia ditahan imbang 0-0 oleh Irlandia Utara. Padahal kemenangan dibutuhkan oleh Azzuri demi bisa meraih tiket otomatis ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Akan tetapi keingian tidak sesuai harapan. Hanya merebut satu poin membuat posisi Italia yang semula jadi pemuncak klasemen Grup C, harus turun ke posisi ke-2 dengan 16 poin.

Hal tersebut karena Swiss yang jadi pesaing terdekat mereka, mampu menang telak atas Bulgaria 3-0 sehingga mempengaruhi posisi klasemen, langsung naik ke puncak. Swiss pun lolos otomatis.

Baca Juga
Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Italia tampil mendominasi jalannya pertandigan meski berstatus tim tamu. Beberapa peluan di menit-menit awal mereka lancarkan tapi mampu diredam oleh pemain Irlandia Utara.

Solid dan kokohnya pertahanan Irlandia Utara, membuat anak asuh Roberto Mancini harus putar otak untuk bisa membongkar pertahanan lawan.

Bola-bola tendangan jarak jauh mereka coba, seperti yang dilakukan oleh gelandang Inter Milan, Nicolo Barella.

Sepakan kerannya dari luar kotak penalti, mengarah ke gawang tapi masih bisa dihalau kiper Bailey Peacock-Farrell.

Pada menit ke-38, giliran Lorenzi Insigne yang mencobanya. Sepakan keras jarak jauhnya menjadi peluang selanjutnya tapi masih belum bisa menggetarkan gawang Irlandia Utara.

Peluang emas didapat Italia menit ke-38. Federico Chiesa yang menerima umpan terobosan melepaskan tembakan kaki kanan. Sayang bola masih bisa ditepis kiper lawan, andai tidak sudah pasti jadi gol.

Upaya Italia coba direspons oleh Irlandia Utara. Mereka melakukan serangan balik, seperti yang diciptakan oleh George Saville tapi sepakannya masih bisa ditepis Gianluigi Donnarumma. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.


1. Babak Kedua

Irlandia Utara vs Italia

Memasuki babak kedua, Irlandia Utara bermain sedikit lebih baik dan terbuka. Hal itu bisa dilihat bagaimana mereka bisa menekan pertahanan Italia.

Namun upaya mencetak gol lewat serangan balik masih sulit untuk dilakukan, karena bisa dipatahkan para pemain Italia.

Pada menit ke-57 Italia mempunya peluang melalui tendangan bebas. Berardi yang menjadi eksekutor tembakan melengkungnya bisa diamankan kiper Irlandia Utara.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki penghujunga laga babak kedua, timnas Italia yang butuh kemenangan kembali menunjukkan dominasinya.

Namun sayang rapatnya barisan pertahanan Irlandia Utara membuat mereka tak kuasa untuk bisa mencetak satu gol pun. Skor 0-0 pun tak berubah hingga laga usai.

Hasil ini pun membuat juara Euro 2020 tersebut gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022. 
 

ItaliaIrlandia UtaraBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini