x

Isu Pengaturan Skor Merambah, Klub Liga 3 Jatim Pecat Anggota Tim

Rabu, 17 November 2021 11:23 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Gestra Paranane (putih) memecat 2 pemain dan 1 kit man atas indikasi isu pengaturan skor

INDOSPORT.COM - Gresik Putra (Gestra) Paranane mengambil langkah tegas dengan memecat sejumlah anggota timnya pasca terindikasi turut terlibat dalam upaya pengaturan skor di Liga 3.

Klub kontestan Liga 3 Asprov Jawa Timur itu menghentikan kontrak kerja 3 anggota timnya. Dua pemain dengan inisial AC dan HPS serta satu diantaranya kit man berinisial DGR. 

Baca Juga
Baca Juga

Pihak klub mengaku telah mengumpulkan bukti-bukti yang cukup kuat atas dugaan isu pengaturan skor itu.  Sehingga, langkah ini dinilai sangat tepat untuk tetap menjaga asas fair play di sepak bola.

"Dua pemain (tim) kita disuruh mengalah dengan iming-iming puluhan juta rupiah," ungkap Manajer Gestra Paranane, Bagyo Sulaksono dalam rilisnya Selasa (16/11/21).

Baca Juga
Baca Juga

Upaya pengaturan skor itu terjadi ketika tim hendak melakoni laga melawan Persema Malang Senin (15/11/21). Dalam laga pamungkas babak penyisihan Grup B itu, Gestra kalah dengan skor telak 1-5.

"Tujuannya, untuk memenangkan Persema," sambung dia.


1. Sudah Cium Gelagat

Foto ketika laga Gestra vs NZR Sumbersari

Sebelumnya, pihak klub sudah mencium adanya gelagat tak beres sejak melakoni laga ke-3. Tepatnya saat Gestra Paranane akan bertemu tuan rumah Grup , NZR Sumbersari Jumat (12/11/21).

Gestra Paranane bahkan ditawari uang hingga ratusan juta rupiah dari seseorang tak dikenal. 

Tawaran itu pun ditolak mentah-mentah, kendati pada laga melawan NZR Sumbersari, Gestra takluk 0-1.

"Kasus itu sudah kita laporkan. Bukti-bukti sudah kita serahkan dan sedang dalam penyelidikan Komdis PSSI Asprov Jatim," tandas Bagyo Sulaksono.

Gestra Paranane sendiri dipastikan gagal melangkah ke babak selanjutnya. 

Mereka finis di urutan ke-3 Grup B dengan 4 poin, di bawah Persema Malang dan NZR Sumbersari yang melenggang ke babak 32 besar dengan 9 poin.

Pengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Liga IndonesiaLiga 3Bola Indonesia

Berita Terkini