x

Tak Hanya Shin Tae-yong, 3 Pelatih di Piala AFF 2020 yang Pernah Tampil Piala Dunia

Minggu, 5 Desember 2021 17:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berikut ini 3 pelatih di Piala AFF 2020 yang pernah tampil di Piala Dunia, yang semuanya berada di Grup B.

INDOSPORT.COM – Termasuk pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berikut ini 3 pelatih di Piala AFF 2020 yang pernah tampil di Piala Dunia, yang semuanya berada di Grup B.

Kompetisi sepak bola antar negara-negara Asean yakni Piala AFF akhirnya dimulai. Ajang tersebut akan dibuka hari ini, Minggu (05/12/21) lewat duel Timor Leste vs Thailand pada pukul 16.30 WIB, diikuti Singapura vs Myanmar pada 19.45 WIB.

Piala AFF 2020 diikuti oleh 10 negara yang terbagi dalam 2 grup. Grup A terdiri dari Myanmar, Filipina, Thailand, Timor Leste, dan tuan rumah Singapura. Sementara itu, Grup B terdiri dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Baca Juga
Baca Juga

Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke babak semifinal yang akan digelar 2 leg. Partai puncak yang mempertemukan para pemenang semifinal pun akan digelar 2 leg.

Situasi menarik terjadi di Piala AFF 2020 ini, pasalnya sejumlah negara akan diperkuat pemain-pemain yang berkarier di Eropa.

Di Indonesia saja, ada 3 pemain yang kini berkarier di Eropa yakni Egy Maulana Vikri (FK Senica - Slowakia), Elkan Baggott (Ipswich Town - Inggris), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk - Polandia).

Baca Juga
Baca Juga

Situasi menarik juga terjadi di sektor pelatih. Pasalnya, ada 3 sosok juru taktik yang pernah terlibat di kejuaraan sepak bola terbesar yakni Piala Dunia. Istimewanya, ketiga sosok tersebut tergabung di grup yang sama di Piala AFF 2020 ini yakni di Grup B, yang juga berisikan timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pelatih di Piala AFF 2020 yang pernah tampil di Piala Dunia? Berikut ulasannya:


1. 3 Nama, 3 Peran

Keisuke Honda saat memimpin skuat Kamboja di laga persahabatan melawan Malaysia.

1. Shin Tae-yong – Indonesia

Nama pertama dalam daftar ini adalah Shin Tae-yong yang membesut timnas Indonesia. Seperti diketahui, pria 51 tahun itu adalah sosok berpengalaman di dunia kepelatihan.

Sebelum membesut timnas Indonesia, Shin Tae-yong pernah memimpin timnas negara asalnya yakni Korea Selatan. Bersama Korsel-lah ia berkompetisi di Piala Dunia 2018.

Meski gagal lolos dari fase grup, ketika itu Korea Selatan berhasil mencuri perhatian mengalahkan Jerman 2-0. Hasil itu membawa mereka finis di posisi ketiga, di atas Jerman yang menjadi juru kunci.

2. Park Hang-seo – Vietnam

Berstatus juara bertahan, Vietnam bakal menjadi lawan berat timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Meski demikian, Vietnam punya sejumlah kesamaan dengan Indonesia, salah satunya dibesut oleh pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo.

Selain itu, Park Hang-seo punya kesamaan lain dengan Shin Tae-yong selain negara asal, yakni ia juga pernah tampil di Piala Dunia, yakni di Piala Dunia 2002.

Ketika itu, Hang-seo menjadi asisten pelatih bagi Guus Hiddink di timnas Korea Selatan. Kerja sama mereka sukses membawa Korsel menjadi juara grup dan lolos ke babak gugur, dan bahkan melaju ke semifinal sebelum dikalahkan Jerman 0-1.

3. Keisuke Honda – Kamboja

Berstatus manajer umum, mantan gelandang timnas Jepang yakni Keisuke Honda akan turun tangan langsung dan melatih timnas Kamboja di Piala AFF 2020 bersama rekan senegaranya, Ryu Hirose.

Seperti diketahui, Keisuke Honda juga pernah terlibat di gelaran Piala Dunia. Namun, berbeda dengan Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, Honda tampil di ajang tersebut sebagai pemain alih-alih pelatih.

Tidak main-main, Honda bahkan tampil di 3 edisi Piala Dunia sekaligus yakni 2010, 2014, dan 2018. Secara total, ia memainkan 10 laga di Piala Dunia dan mencetak 4 gol serta 3 assist. Prestasi terbaiknya adalah membawa Jepang lolos ke 16 besar di 2010 dan 2018.

Piala Dunia Brasil 2014Piala DuniaVietnamKambojaKeisuke HondaPiala Dunia 2018Timnas IndonesiaPiala Dunia 2010Piala Dunia 2002Piala AFFBola InternasionalPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini