x

4 Momen Hebat Timnas Singapura Juara Piala AFF sebelum Disalip Thailand

Kamis, 9 Desember 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Radojko Avramovic, eks pelatih yang membawa Timnas Singapura berjaya di Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Walaupun sering dianggap tim underdog, Timnas Singapura pada kenyataannya adalah juara empat kali Piala AFF.

Sejauh ini, takhta raja sepak bola Asia Tenggara seperti diketahui masih dipegang oleh Thailand, yang sudah lima kali tampil sebagai juara Piala AFF.

Lalu jika membahas para tim favorit, unggulan, maupun yang banyak dibicarakan publik, nama-nama seperti Vietnam atau Filipina memang lebih sering menghiasi pemberitaan-pemberitaan internasional.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak banyak yang memandang Timnas Singapura sebagai unggulan teratas di Piala AFF, padahal jika menarik catatan ke belakang, mereka adalah tim terkuat kedua setelah Thailand dengan raihan empat gelar.

Selain itu, The Lions juga masih menempatkan legendanya, Noh Alam Shah, sebagai peuncak daftar top skor sepanjang masa Piala AFF. Mantan pemain Persib dan Arema Indonesia tersebut mencatat 17 gol.

Jumlah ini masih belum bisa dilampaui oleh pemain mana pun. Namun yang terdekat, ada Teerasil Dangda dari Thailand (15 gol) yang digadang-gadang berpotensi besar menyalip rekor legendaris Noh Alam Shah.

Berbicara tentang daftar top skor, Timnas Singapura ternyata masih memiliki dua sosok yang berhasil mengharumkan nama mereka di kategori pencetak gol terbanyak ini.

Baca Juga
Baca Juga

Adalah Agu Casmir (11 gol) dan Khairul Amri (10 gol), yang bercokol di bawah posisi dua pemain asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto (13 gol) dan Bambang Pamungkas (12 gol).

Di Piala AFF 2020, Timnas Singapura mengawali langkah mereka dengan hasil yang positif. Mereka mematahkan perlawanan Myanmar dengan skor 3-0 pada matchday pertama dan kemudian melibas Filipina 2-1.

Berkat hasil ini, The Lions berjaya di puncak klasemen sementara Grup A dengan poin penuh (6). Namun mereka masih harus menghadapi lawan super berat, Thailand, setelag berjumpa Timor-Leste terlebih dahulu.


1. Timnas Singapura 4 Kali Juara Piala AFF

Radojko Avramovic, eks pelatih yang membawa Timnas Singapura berjaya di Piala AFF.

Berdasarkan hasil yang diperoleh Timnas Singapura di Piala AFF 2020 sejauh ini, bukan tidak mungkin skuat besutan Tatsuma Yoshida akan melaju jauh nantinya. Apalagi, jika mereka berhasil menggulung tim sekelas Thailand.

Nah, untuk mengingat kembali kehebatan Timnas Singapura di ajang Piala AFF, berikut rangkuman sepak terjang mereka ketika empat kali jadi rajanya sepak bola Asia Tenggara.

1998

Saat kompetisi masih dikenal dengan nama Tiger Cup ini, Timnas Singapura berhasil tampil sebagai juara pada edisi kedua yang digelar pada 1998.

Sebelumnya, mereka sempat bertindak sebagai tuan rumah untuk edisi perdana 1996 namun gagal menjadi yang terbaik.

Dua tahun kemudian, The Lions pun akhirnya berjaya. Bahkan, laga final mereka di Piala AFF 1998 mencatatkan sejarah tersendiri, berkat R. Sasikumar yang mencetak gol tunggal spektakuler dengan bahunya.

Jika Diego Maradona lekat dengan istilah The Hand of God, R.Sasikumar pun terkenal dengan sebutan Shoulder of God.

2004

Memasuki era ini, Piala AFF pun nampak seperti kompetisi yang didominasi oleh dua tim, yakni Thailand dan Singapura.

Gajah Putih yang berstatus juara 1996, harus kehilangan gelarnya pada 1998 namun berhasil merebutnya kembali pada 2000 dan 2002. Akan tetapi, kini giliran The Lions yang merampas lagi titel itu pada 2004.

Di partai final Piala AFF 2004, Timnas Singapura dihadapkan dengan Timnas Indonesia dan berhasil menang agregat 5-2. Mereka mencatatkan kemenagan 3-2 di Jakarta sebelum memastikan gelar dengan skor 2-1 di leg kedua.

2007

Singapura bertemu musuh bebuyutannya, Thailand di final edisi 2007. Periode ini bisa dibilang masa keemasan The Lions bersama pelatih mereka saat itu, Radojko Avramovic.

Pada masa ini pula, Noh Alam Shah sampai menorehkan tujuh gol dalam satu pertandingan, yakni saat mereka tampil melawan Laos di fase grup. Tidak main-main, The Lions mencatatkan kemenangan 11-0.

Nasib baik tim ini kemudian berlanjut sampai final, ketika berhasil menumbangkan Thailand dengan agregat tipis 3-2.

2012

Selain membawa Timnas Singapura mempertahankan gelar Piala AFF edisi 2004 dan 2007, Radojko Avramovic pada akhirnya mencatatkan hattrick di ajang ini ketika membawa timnya juara pada tahun 2012.

Singapura lagi-lagi menang agregat 3-2 kontra Thailand di final. Titel tahun 2012 inilah yang membuat The Lions menasbihkan diri sebagai tim pertama yang berhasil jadi juara Piala AFF sebanyak empat kali.

Sayangnya, meski begitu, jumlah tersebut tidak kunjung bertambah dan malah disalip oleh Thailand yang jadi kampiun pada 2014 dan 2016.

SingapuraPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2020

Berita Terkini