x

Azpilicueta dan Rudiger Hengkang, 5 Bek yang Bisa Diboyong Chelsea Sebagai Ganti

Kamis, 9 Desember 2021 16:18 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Terancam ditinggal Cesar Azpilicueta dan Antonio Rudiger ke Barcelona dan Real Madrid, berikut 5 bek yang bisa diboyong Chelsea sebagai ganti.

Berbekal skema 3-4-2-1 andalan Thomas Tuchel, Chelsea menjadi tim dengan pertahanan tangguh musim ini. Di Liga Inggris, The Blues baru kebobolan 9 gol dari 15 laga dan menjadi tim dengan pertahanan terbaik bersama Manchester City.

Salah satu kunci ketangguhan lini belakang Chelsea adalah para bek tengah yang memiliki kualitas tak berbeda jauh. Tuchel tercatat memiliki Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger, Andreas Christensen, hingga Trevoh Chalobah  yang bisa dimainkan bergantian.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, ketangguhan lini belakang Chelsea kini terancam. Pasalnya, 3 bek tengahnya akan habis kontrak akhir musim ini yakni Azpilicueta, Rudiger, dan Christensen.

Christensen diyakini akan segera menandatangani kontrak baru. Namun, situasinya sedikit berbeda dengan Rudiger dan Azpilicueta.

Antonio Rudiger disebut bakal menjajal petualangan baru bersama Real Madrid. Dilansir Independent, Los Blancos sudah menggelar pembicaraan dengan perwakilan sang pemain dan kesepakatan informal sudah tercapai.

Sementara itu, Cesar Azpilicueta merapat ke rival abadi Madrid, Barcelona. Dilansir El Nacional, pembicaraan antara sang pemain dan Barcelona juga sudah berlangsung. Transfer itu pun disebut sebagai keinginan khusus dari manajer Barcelona, Xavi Hernandez.

Baca Juga
Baca Juga

Rudiger sendiri merupakan pilihan utama Thomas Tuchel di Chelsea musim ini, dengan catatan 20 penampilan di semua kompetisi. Sementara itu, Azpilicueta sudah tampil 16 kali dan berstatus kapten tim.

Dengan situasi ini, Chelsea jelas perlu memboyong bek tengah baru untuk menjaga kekuatan lini belakang mereka.

Lantas, siapa saja bek tengah yang bisa diboyong The Blues untuk mengatasi kepergian Antonio Rudiger dan Cesar Azpilicueta? Berikut ulasannya:


1. Ada Buruan Lama dan Mantan Anak Buah Tuchel

Attila Szalai, bek Fenerbahce calon pengganti Rudiger dan Azpilicueta di Chelsea.

1. Attila Szalai

Nama Attila Szalai belakangan ini jadi perbincangan panas. Pelatih Hungaria, Marco Rossi, menyebut pemainnya itu sudah mencapai kesepakatan dengan Chelsea, meski kabar ini ditepis klub tempat Szalai bermain, Fenerbahce.

Attila Szalai memang berhasil mencuri perhatian bersama klub Turki itu. Musim ini, ia sudah tampil 21 kali di semua kompetisi alias hanya absen 1 kali dari seluruh laga yang dijalani Fenerbahce.

Ia merupakan pemilik rataan clearance tertinggi di Fenerbahce (2,9 per laga) dan peringkat kedua dalam rataan intersep dan blok (1,5 dan 0,5 per laga).

Banderolnya pun terbilang miring yakni hanya 20 juta pound dan ia sudah terbiasa bermain dengan skema 3 bek.

2. Jules Kounde

Jules Kounde sempat nyaris gabung Chelsea musim panas lalu, tapi kesepakatan akhirnya gagal terwujud setelah Sevilla terus menerus menaikkan harga sang pemain. Ancaman kepergian Rudiger dan Azpilicueta bisa saja mendorong Chelsea untuk kembali mendekati Kounde.

Jules Kounde masih jadi andalan Sevilla musim ini dengan catatan 19 penampilan di semua kompetisi. Sama seperti Szalai, ia juga baru berusia 23 dan telah berpengalaman di level internasional.

3. Matthijs de Ligt

Nama lain yang sempat dikaitkan dengan Chelsea adalah Matthijs de Ligt. Bek Belanda itu kini tampil apik bersama Juventus, usai sempat kesulitan beradaptasi setelah didatangkan dari Ajax.

Meski berstatus andalan Juventus, peluang Chelsea mendatangkannya cukup besar. Pasalnya, Juventus mengalami krisis keuangan sehingga bisa saja terdorong menjual de Ligt demi mendapatkan dana. Peluang itu akan makin besar jika Bianconeri gagal merebut tiket ke Liga Champions musim depan.

4. Niklas Sule  

Niklas Sule bisa menjadi opsi hemat bagi Chelsea dalam mencari pengganti Rudiger dan Azpilicueta. Pasalnya, kontraknya di Munchen akan habis musim ini sehingga ia bisa diboyong secara gratis musim panas nanti.

Niklas Sule sudah jadi andalan klub sebesar Bayern Munchen selama 5 musim terakhir sehingga terbiasa tampil di level tertinggi, dan memiliki mental juara yang kuat berkat pengalamannya meraih berbagai gelar juara bersama Munchen, termasuk 4 Bundesliga dan 1 Liga Champions.

5. Matthias Ginter

Opsi murah lain yang bisa dilirik Thomas Tuchel adalah Matthias Ginter. Sama seperti Sule, kontrak Ginter di Borussia Monchengladbach juga habis akhir musim ini.

Selain berpengalaman di level klub, Mathias Ginter juga berpengalaman di level internasional dan jadi pilihan utama timnas Jerman di Euro 2020 lalu. Tak hanya itu, Ginter juga pernah bekerja sama dengan Tuchel di Dortmund sehingga diyakini takkan kesulitan beradaptasi.
 

Bursa TransferChelseaMatthias GinterNiklas SuleLiga InggrisAntonio RudigerTRIVIAMatthijs de LigtBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferJules KoundeAttila Szalai

Berita Terkini