x

Profil Ramai Rumakiek, Selalu Debut Manis Bersama Timnas Indonesia

Jumat, 10 Desember 2021 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
Ramai Rumakiek

INDOSPORT.COM - Ramai Rumakiek selalu tampil gemilang di laga debut bersama Timnas Indonesia. Kali ini menorehkan di turnamen Piala AFF pertamanya bersama Skuad Garuda.

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan di laga pertama Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja (07/10/21) malam WIB, di Stadion Chang Arena, Thailand. 

Menggebrak sejak awal laga, Timnas Indonesia sukses menggunduli Kamboja dengan skor 4-2. Timnas Indonesia sempat unggul tiga gol lebih dahulu di babak pertama.

Gol pertama dicetak oleh Rachmat Irianto menit ke-4. Proses diawali oleh umpan sepak pojok yang dilakukan oleh Evan Dimas.

Timnas Indonesia menambah gol pada menit ke-17 kali ini giliran Evan Dimas yang menyarangkan bola ke gawang Kamboja. Unggul 2-0 tak membuat anak asuh Shin Tae-yong puas.

Baca Juga
Baca Juga

Skuad Garuda kembali menciptakan gol pada menit ke-33, lagi-lagi lewat situasi sepak pojok. Sundulan Irianto tak bisa dihalau kiper Kamboja. Skor berubah 3-0.

Jelang turun minum, pertahanan Timnas Indonesia hilang fokus. Alhasil Kamboja mampu memperkecil keadaan menjadi 3-1 setelah Yue Safy mencetak gol di menit ke-37 lewat tendangan bebas.

Di babak kedua, tercipta dua gol. Masing-masing dari Timnas Indonesia dan Kamboja. Ramai Rumakiek membawa negaranya unggul jaduh 4-1, tapi dibalas oleh Kamboja menjadi 4-2 lewat tendangan bebas Prak Mony Udom menit ke-60.

Usai pertandingan Ramai Rumakiek menjadi buah bibir di laga Timnas Indonesia vs Kamboja dalam pertandingan perdana Grup B Piala AFF 2020 versi AFF.

Sebuah pencapaian yang manis untuk Rumakiek dalam debutnya bertanding di Piala AFF bersama Timnas Indonesia. Bicara debut, ini bukanlah kali pertama Ramai Rumakiek menjalani debut manis.

Sebelumnya ia juga sudah merasakannya bersama Timnas Indonesia di laga debutnya berseragam Merah Putih. Kala itu ia mencetak gol ke gawang China Taipei dalam laga Play off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober lalu. 

Lantas seperti apa profil singkatnya? berikut ulasannya. 


1. Profil Singkat Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek sang pembobol gawang China Taipei

Ramai Rumakiek sendiri adalah wonderkid asli Papua yang lahir di Jayapura pada 19 April 2002. Namanya tidak begitu asing karena dia adalah adik dari pemain Persipura yang sempat membela Timnas Indonesia U-19, David Rumakiek.

Perjalanan kariernya bersama Persipura berawal dari tim muda (U-16 dan U-18). Kariernya perlahan menanjak setelah ia diberi kepercayaan tampil di tim senior Persipurapada Agustus saat laga melawan Persita di Liga 1 2021.

Dalam laga tersebut, Ramai juga mencatatkan debut manis bersama Mutiara Hitam karena mencetak gol. Sayang timnya harus takluk dari Persita 1-2.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati demikian, Persipura yang saat itu masih dilatih Jacksen F Tiago merasa puas melihat penampilan Ramai Rumakiek. Tercatat pria asal Brasil itu memberikan jam terbang dengan menurunkan 5 dari 6 pertandingan yang sudah dilakoni Persipura.

Namun Jacksen tetap mewanti-mewanti karier pemain mudanya itu untuk tetap fokus terhadap sepak bola.

''Saya tak berani jamin dia bisa jadi pemain muda terbaik di musim ini. Potensi jelas ada, tapi dia masih labil dan [ada] bahaya di luar lapangan yang bisa berdampak tak baik,'' imbuhnya.

Di laga kedua babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan berhadapan melawan Loas pada Minggu (12/12/21) sore WIB di Stadion Bishan, Singapura.

KambojaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini