x

Barcelona Terancam Tak Tampil di Liga Europa 2021-2022, Kok Bisa?

Sabtu, 11 Desember 2021 13:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Barcelona yang tersisih dari Liga Champions, bisa saja tak berpartisipasi di Liga Europa 2021-2022.

INDOSPORT.COM – Barcelona harus turun kasta ke Liga Europa untuk musim ini. Namun, nyatanya Blaugrana bisa saja tak tampil di ajang kasta kedua itu.

Barcelona harus mengucapkan selamat tinggal untuk Liga Champions dan mengatakan selamat datang untuk Liga Europa pasca dihajar Bayern Munchen, Kamis (09/12/21).

Dalam laga terakhir grup E Liga Champions tersebut, Barcelona takluk dengan skor 0-3 dari Bayern Munchen lewat gol Thomas Muller, Leroy Sane dan Jamal Musiala.

Baca Juga
Baca Juga

Kekalahan Barcelona itu dibarengi dengan kemenangan Benfica atas Dynamo Kiev. Alhasil, Blaugrana yang ada di peringkat kedua, seketika tergusur ke tempat ketiga.

Terjerembab ke peringkat ketiga grup E membuat Barcelona pun lantas turun kasta dan harus bermain di Liga Europa untuk musim ini.

Turun kastanya Barcelona di Liga Europa pun menjadi aib tersendiri bagi pendukungnya. Pasalnya, ini kali pertama Blaugrana gagal lolos dari babak grup Liga Champions sejak musim 2000/01 atau 21 tahun silam.

Baca Juga
Baca Juga

21 tahun lalu, Barcelona juga finis di peringkat ketiga fase grup Liga Champions di belakang AC Milan dan Leeds United, sehingga harus turun ke Piala UEFA (Liga Europa).

Meski dipastikan turun kasta ke Liga Europa, Barcelona ternyata bisa saja tak tampil di ajang kelas dua tersebut untuk sisa musim ini.

Lantas, mengapa Barcelona yang dipastikan turun kasta malah berpotensi tak bisa tampil di Liga Europa 2021/22? Berikut ulasannya.


1. Perubahan Format Liga Europa

Barcelona.

Di musim sebelumnya, untuk penghuni peringkat ketiga babak grup Liga Champions akan otomatis langsung mengikuti babak 32 besar atau fase Knock Out pertama pasca grup Liga Europa.

Namun untuk musim ini, terdapat perubahan format di mana babak 32 besar di Liga Europa ditiadakan dan diganti menjadi 16 besar.

Liga Europa saat ini hanya meloloskan juara dari 8 grup yang ada ke babak 16 besar. Sedangkan runner up grup harus melewati fase Play Off.

8 runner up grup Liga Europa 2021/22 ini akan berhadapan dengan 8 peringkat ketiga dari grup Liga Champions 2021/22, termasuk Barcelona.

Dengan kata lain, sebelum tampil di babak 16 besar Liga Europa, Barcelona mau tak mau harus menjalani Play Off melawan runner up grup Liga Europa 2021/22 yang akan berlangsung dalam dua leg.

Format baru Liga Europa 2021-2022 yang bisa buat Barcelona urung tampil di ajang ini.

Diketahui, calon lawan Barcelona di babak Play Off 16 besar Liga Europa 2021/22 berjumlah 6 tim, yakni Rangers FC (Skotlandia), Napoli (Italia), Lazio (Italia), Olympiakos (Yunani), Braga (Portugal), dan Dinamo Zagreb (Kroasia).

Barcelona bisa saja tak tampil di babak 16 besar Liga Europa 2021/22 jika kalah dalam format dua leg dari salah satu dari 6 tim tersebut.

Jika dilihat dari tim-tim calon lawannya, Barcelona boleh ketar-ketir. Sebab, keenam tim itu punya catatan menarik di musim 2021/22 saat ini.

Sebagai contoh, Rangers FC, Napoli, Olympiakos, Braga dan Dinamo Zagreb berada di papan atas di kancah domestik masing-masing. Sedangkan Lazio tengah moncer di bawah arahan Maurizio Sarri.

Selain itu, Barcelona tak punya rekam jejak apik di kancah Liga Europa, meski saat berpartisipasi Blaugrana dihuni banyak pemain bintang seperti saat ini.

Jika Barcelona tak hati-hati, maka kesempatan mereka tampil di Liga Europa ataupun perjalanannya di kancah Eropa musim ini pun berakhir.

BarcelonaLiga EuropaBayern MunchenNapoliLazioOlympiakos PiraeusRangers F.C.Dinamo ZagrebSporting BragaSepak BolaBerita Liga Europa

Berita Terkini