x

Keren, Eduard Ivakdalam Loloskan Persimer Merauke ke Semifinal Liga 3 Papua

Minggu, 12 Desember 2021 21:25 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 3, Persimer Merauke.

INDOSPORT.COM - Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam, sukses membawa klub sepak bola asal Papua bagian selatan, Persimer Merauke, melaju ke semifinal Liga 3 2021 zona Papua usai meraih dua kemenangan beruntun di babak 6 besar. 

Di laga pertama babak 6 besar Grup C, Persimer menumbangkan Persitoli Toli FC yang dilatih oleh trio eks Persipura, Bio Paulin, Kalamen Yves, dan Jaelani Aray. 

Teranyar, Persimer Merauke mengalahkan Persiker Keerom dengan skor tipis 1-0 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Minggu (12/12/21).

Kesuksesan Persimer ke semifinal tak terlepas dari peran sang pelatih, Eduard Ivakdalam. Legenda dan eks kapten Persipura Jayapura itu mampu mengubah nasib klub yang sebelumnya terseok-seok di fase grup.

Meski sudah memastikan lolos ke semifinal, Edu, sapaan akrab Eduard Ivakdalam, mengakui timnya masih perlu membenahi sejumlah sektor yang belum stabil, terutama penyelesaian akhir.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya pikir kami sudah mengasah taktik dan strategi yang sudah berjalan baik, tapi persoalan penyelesaian akhir masih akan menjadi evaluasi dan PR kami untuk menyiapkan program lagi menjelang laga semifinal nanti," kata Edu kepada wartawan usai pertandingan. 

"Kami punya waktu tiga hari persiapan. Semoga mereka bisa fokus lagi karena di semifinal pasti lebih ketat dan sulit. Kerja keras seluruh pemain harus dibayar tuntas dengan membuahkan gol," tambahnya.

Pasca mengantarkan tim sepak bola Papua meraih medali emas PON XX 2021, Coach Edu memutuskan untuk menukangi Persimer Merauke, walaupun banyak tawaran yang menghampiri. Dia merasa terpanggil untuk melatih Persimer karena Merauke adalah tanah kelahirannya.

"Saya harus kerja untuk Merauke karena inilah daerah saya sendiri. Tanah di mana saya lahir. Jadi, saya wajib memberikan yang terbaik untuk Merauke," ungkap Eduard Ivakdalam.


1. Target Liga 2

Pertandingan Persimer Merauke di Liga 3.

Persimer Merauke tak mau hanya sekadar menjadi pelengkap di Liga 3 2021 zona Papua. Bupati dan Askab PSSI setempat bermimpi membawa klub lolos hingga ke Liga 2.

Itulah sebabnya mereka tak tanggung-tanggung menggaet Eduard Ivakdalam sebagai juru taktik. Apalagi, Edu baru saja sukses mendatangkan medali emas sepak bola PON Papua dan berpengalaman menukangi klub Liga 3.

"Semua ini berkat dukungan dari Bupati Merauke yang total membangkitkan sepak bola di sini dan Papua Selatan khususnya, dan berkat kecerdikan pelatih Eduard Ivakdalam juga. Kami bangga dan bersyukur," kata Ketua Askab PSSI Merauke, Viktor Ohoiwutun.

"Kami yakin dan percaya Coach Edu bisa membawa tim kami lolos sampai ke tingkat nasional dan lolos ke Liga 2," pungkas Viktor Ohoiwutun. 

Baca Juga
Baca Juga

Sekadar informasi, Liga 3 2021 zona Papua sudah bergulir sejak 26 November lalu dan diikuti oleh sebanyak sembilan klub. 

Mereka antara lain Persimer Merauke, Persiker Keerom, Dogiyai FC, Elang Brimob, Persitoli Toli FC, Persimi Sarmi, Persemi Mimika, Persigubin Pegunungan Bintang, dan Mamberamo United. 

Persipura JayapuraPapuaEduard IvakdalamLiga IndonesiaLiga 2Liga 3Bola IndonesiaBerita Liga 2PON XX Papua 2021Persimer Merauke

Berita Terkini