x

Kasus Semakin Memanas, PSSI Segera Mediasi Tira-Persikabo dan Alex Goncalves

Senin, 13 Desember 2021 14:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
PSSI akhirnya turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Alex Goncalves dengan Tira Persikabo.

INDOSPORT.COM - PSSI akhirnya turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Alex Goncalves dengan Tira-Persikabo. Setidaknya PSSI akan mencoba memediasi antara kedua belah pihak.

Diutarakan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi bersama Tira-Persikabo sejatinya menghormati keputusan Dispute Resolution Chamber (DRC) alias badan penyelesaian sengketa FIFA terkait kasus pemain asal Brasil Alex dos Santos Goncalves.

Namun, PSSI juga meminta agar FIFA, FIFPro, pemerintah Brasil, dan Asosiasi Pesepak bola Profesional (APPI) juga menghormati hukum positif yang berada di negara berdaulat Republik Indonesia.

"Saya mengerti dan memahami persoalan ini. Alangkah indahnya jika semua duduk sama-sama untuk menyelesaikan masalah ini," ucap Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui perselisihan antara Tira-Persikabo dan Alex Goncalves bermula dari permasalahan hukum terkait pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh klub di awal pandemi tahun lalu. Alex merasa tidak mengetahui akan pemotongan ini.

Pemain asal Brasil ini pun melontarkan unek-uneknya di media sosial. Lewat akun Instagram pribadinya protes keras dan mencurahkan perasaan hatinya . 


1. Cari Jalan Tengah

PSSI akhirnya turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Alex Goncalves dengan Tira Persikabo.

Alex juga mengajukan gugatan ke DRC FIFA, dan dinyatakan menang pada 15 November lalu. Alasannya, permasalahan gaji ini kemudian berimbas dengan EPO (Exit Permit Only) atas Alex dan mengakibatkan yang bersangkutan tidak dapat mengurus visa kerja dan belum bisa bermain untuk Persita Tangerang.

Hal tersebut yang diungkapkan Alex melalui media sosial yang kemudian ditanggapi oleh pihak Klub Persikabo dengan laporan kepada pihak kepolisian dengan menggunakan UU ITE.

Baca Juga
Baca Juga

Kasus ini kemudian bergulir kencang karena menyeret pemerintah Brasil. Bahkan bersama APPI, kedutaan besar Brasil juga memberikan kuasa hukum untuk memberikan pendampingan dan bantuan atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh Alex.

"Insha Allah persoalan ini akan selesai. Kalau ada niat baik dari semua pihak untuk mendiskusikan masalah ini dan mencari solusi jalan tengah terbaiknya, Saya yakin itu," imbuh Yunus.

Seperti diketahui Tira-Persikabo melaporkan Alex ke Kepolisian terkait pencemaran nama baik dan atau fitnah melalui media elektronik dengan korban Bimo Del Piero Wirjasoekarta.

Perkara ini sebagaimana dimaksud dalam pasal 310 KUHP dan pasal 311 KUHP dan atau pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

FIFAPSSILiga IndonesiaLiga 1Tira-PersikaboAlex dos Santos GoncalvesLiga 1 2020

Berita Terkini