x

Mengintip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Rabu, 15 Desember 2021 19:20 WIB
Editor: Juni Adi
Laga antara Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Laga melawan Vietnam akan menjadi pertandingan krusial bagi Timnas Indonesia untuk melihat peluang mereka lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Duel seru akan tersaji di laga lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/21) malam WIB.

Kedua tim memiliki modal bagus jelang laga tersebut, karena belum terkalahkan di dua laga awal. Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dan 5-1 atas Laos.

Sementara Vietnam menang 2-0 atas Laos dan 3-0 atas Malaysia. Keduanya juga sama-sama mengoleksi enam poin.

Baca Juga
Baca Juga

Namun Timnas Indonesia unggul selisih gol sehingga berhak memuncaki klasemen Grup B Piala AFF. Akan tetapi Vietnam tetap saja diunggulkan pada laga ini.

Hasil bagus melawan Malaysia menjadi faktornya. Apalagi anak asuh Park Hang-seo juga hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak semifinal.

Di pertemuan terakhir melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan dengan skor telak 4-0.

Vietnam memang akan menjadi lawan yang sulit bagi semua tim di Piala AFF 2020 ini, tapi Timnas Indonesia bisa meredamnya dengan permainan yang kompak.

Lantas bagaimana kans Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal? berikut hitung-hitungan peluangnya.


1. Peluang Lolos Semifinal

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di ajang Piala AFF 2020 (15/12/21) dapat ditonton secara gratis di vidio.com.

Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke semifinal Piala AFF 2020 jika mampu mengalahkan Vietnam. Pasalnya, Skuad Garuda hanya membutuhkan hasil imbang di laga terakhir kontra Malaysia pada Minggu (19/12/21) mendatang.

Peluang yang sama juga dialami Timnas Indonesia jika hasil melawan Vietnam berakhir dengan imbang. Di laga terakhir, Evan Dimas dan kolega tak dibebankan dengan kemenangan.

Krena mereka hanya membutuhkan tambahan satu poin saat saat berhadapan dengan Malaysia, untuk bisa lolos ke empat besar.

Tetapi, jika kalah dari Vietnam, Timnas Indonesia wajib menang kontra Tim Harimau Malaya. Andai imbang melawan Malaysia, klasemen akhir bakal ditentukan dengan melihat agresivitas gol.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut regulasi babak penyisihan grup B Piala AFF 2020:

Ketentuan penempatan posisi peringkat peserta Piala AFF 2020 di Grup B diatur sebagai berikut:

1. Aturan pertama yang digunakan untuk menentukan posisi peringkat klasemen sudah pasti poin terbanyak jika seluruh pertandingan telak dilaksanakan.

2. Kedua selisih gol menjadi aturan yang diterapkan oleh panitian jika terdapta negara yang mendulang poin sama. 

3. Jika selisih gol tetap sama, maka panitian akan melihat jumlah gol yang dicetak suatu negara di semua pertandingan lebih banyak atau lebih sedikit dari negara dengan poin yang sama atau biasa disebut agresivitas gol.

Jika ketiga poin di atas belum juga ketemu rumusan menentukan peringkat klasemen, maka akan digunakan rumusan sebagai berikut.

1. Tim-tim yang berpeluang dalam hal ini hanya tiga yaitu Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia, akan dibuatkan klasemen mini untuk menghitung head to head antar ketiga.

2. Adu penalti jika hanya tim yang seri, dan mereka bertemu di babak terakhir grup;3. Pengundian oleh Panitia Penyelenggara (Organising Committee).

MalaysiaVietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini