x

Satu Lagi Pemain Muda Belanda Keturunan Indonesia, Liam Oetuhganal

Kamis, 16 Desember 2021 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM - Di tengah maraknya program naturalisasi, satu lagi terdeteksi pesepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia, Liam Oetuhganal.

Beberapa waktu lalu, dua pemain keturunan Indonesia di Belanda, Sandy Walsh dan Mees Hilgers menyatakan minatnya untuk mengikuti program naturalisasi dari PSSI.

Sebelumnya, memang tercatat banyak pemain asal Belanda yang di-naturalisasi menjadi WNI, mulai dari Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly, Marc Klok, Ezra Walian, dll.

Kini, ada satu nama lagi yang masuk dalam radar penggemar sepak bola Indonesia. Ada anak muda asal Belanda yang juga keturunan Suku Banjar, Kalimantan Selatan.

Baca Juga
Baca Juga

Adapun pemain yang dimaksud ialah Liam Oetuhganal. Pesepak bola berusia 17 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang nenek.

Berposisi sebagai gelandang, Liam saat ini tercatat sebagai penggawa klub Feyenoord Rotterdam U-18 sejak Juli lalu. Ia sudah mencatatkan 10 caps di timnya.

Dilansir dari Koran Banjar, Liam Oetuhganal membenarkan jika ia memiliki silisilah Banjar dari sang ayah, Otmar Oetuhganal, sedang neneknya dari Sungkai, Kabupaten Banjar.

"Ibu dan Ayah saya berdarah Indonesia. Ayah berasal dari Kalimantan dan Ibu saya berasal dari Jawa," ucap Liam Oetuhganal.

Meski begitu, Liam mengaku belum pernah mengunjungi keluarganya di Indonesia. Saat mereka berencana pulang kampung, justru terhalang dengan adanya wabah Covid-19.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Liam Oetuhganal juga pernah mendengar banyak pemain asal Belanda yang memutuskan naturalisasi menjadi WNI dan bisa membela timnas Indonesia.

"Saya pernah mendengar beberapa pemain (Belanda yang naturalisasi jadi WNI), tetapi saya tidak pernah melihat mereka bermain," ungkap Liam Oetuhganal kepada media.


1. Liam: Suatu Kehormatan Bela Timnas Indonesia

penampilan Liam Oetuhganal, pemain keturunan Indonesia di klub Feyenoord Rotterdam U-18

Saat ditanya apakah tertarik untuk menyusul Ezra Walian dkk. mengajukan naturalisasi, pemain Feyenoord Rotterdam U-18 itu menyatakan jika ia sangat antusias.

"Jika timnas Indonesia meminta saya untuk bergabung, saya akan menganggap ini sebagai suatu kehormatan," ucap Liam Oetuhganal.

"Saya ingin bermain untuk tim nasional Indonesia, karena saya bangga dengan asal-usul saya. Jika saya bisa berkontribusi untuk membuat sepak bola Indonesia lebih dikenal, saya pasti akan melakukannya," pungkas pemain berusia 17 tahun itu.

BelandaFeyenoordNaturalisasiTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini