x

Tiga Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

Minggu, 19 Desember 2021 05:44 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
Tiga Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menentukan lolos atau tidaknya mereka ke semifinal Piala AFF 2020 dengan menghadapi Malaysia pada Minggu (19/12/21) mendatang di laga pamungkas fase grup. Ada sejumlah skenario yang bisa memastikan Tim Garuda tetap bertahan di kompetisi dua tahunan itu.

Pertama-tama kita harus mengenal dulu format Piala AFF. Dua tim yang finis di urutan teratas pada babak grup bakal melaju ke semi final dengan juara masing-masing grup bakal berhadapan dengan runner-up grup sebelah.

Dua favorit di Grup A, Thailand dan Singapura, telah memastikan kelolosan setelah menyapu bersih tiga laga pertama mereka. The War Elephants kemudian berhak jadi juara grup setelah menggebuk The Lions 0-2 di partai penentu pada Sabtu (18/12/21).

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu persaingan di Grup B masih terbuka lebar. Timnas Indonesia dan Vietnam masing-masing mengantongi tujuh poin dari tiga laga, sedangkan Malaysia mengemas enam angka dari jumlah laga yang sama.

Andai di dalam grup Piala AFF ada dua tim atau lebih yang memiliki poin sama, maka peringkat akan ditentukan oleh ketentuan-ketentuan berikut: 

Baca Juga
Baca Juga

1. Margin gol di semua pertandingan grup.
2. Total gol yang dicetak. Semakin banyak semakin baik.
3. Head-to-head antara kedua tim.
4. Adu penalti namun hanya jika tim terkait bertemu di partai pamungkas putaran grup.
5. Pengundian oleh panitia Piala AFF.

Dengan ketetapan di atas maka dipastikan timnas Indonesia bisa lolos dengan hasil apapun melawan Malaysia. Asalkan semuanya berjalan sesuai skenario di bawah ini: 


1. Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

Malaysia vs Indonesia

Menang

Timnas Indonesia bakal memastikan tiket ke semifinal jika berhasil menang melawan Malaysia. Berapa pun skor akhir pertandingannya, skuat arahan Shin Tae-yong berhak melaju ke putaran berikutnya.

Tripoin atas Harimau Malaya akan membuat nilai Ramai Rumakiek dkk menjadi 10 poin. Potensi keluar sebagai juara grup juga ada jika unggul selisih gol dengan Vietnam yang akan menghadapi Kamboja, salah satu tim dengan pertahaan terburuk, di hari dan jam yang sama.

Seri

Kemenangan sebenarnya bukan sebuah kewajiban untuk timnas Indonesia karena dengan tambahan satu poin saja mereka sudah tidak akan terkejar Malaysia di peringkay ketiga. Hanya saja efeknya akan terasa di semi final.

Dengan asumsi Vietnam menang, maka timnas Indonesia akan menjadi runner-up saja. Di babak berikutnya mereka akan bertemu Thailand yang merupakan tim terkuat ASEAN saat ini.

Kalah

Kekalahan dari sang rival berat Malaysia bakal menjadi skenario terburuk buat timnas Indonesia. Pasalnya tidak hanya harus menahan malu, kelolosan merah-putih akan bergantung pada hasil laga Vietnam vs Kamboja.

Harus ada keajaiban terjadi dimana The Ankor Warriors mampu menggebuk The Golden Star Warriors. Masalahnya, Vietnam di tangan Park Hang-seo belum pernah kalah melawan tim dari wilayah Asia Tenggara.

Malaysia bisa dipastikan lolos dengan koleksi sembilan poin atau dua angka lebih banyak dari Indonesia. Maka dari itu kekalahan jangan sampai didapat timnas Indonesia di Singapore National Stadium.

KambojaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaTimnas VietnamPiala AFF 2020

Berita Terkini