x

Piala AFF: Kangkangi Park Hang-Seo, Shin Tae-yong Jadi Sorotan Media Korea

Senin, 20 Desember 2021 15:10 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
Kesuksesan Shin Tae-yong kangkangi Park Hang Seo di babak penyisihan grup Piala AFF 2020 mendapat sorotan dari media Korea.

INDOSPORT.COM - Kesuksesan Shin Tae-yong kangkangi Park Hang Seo di babak penyisihan grup Piala AFF 2020 mendapat sorotan dari media Korea Selatan.

Apa yang ditorehkan Shin Tae-yong memang patut mendapat apresiasi. Pasalnya, di bawah tangan dinginnya, Timnas Indonesia menjadi tim yang disegani dan diperhitungkan.

Sempat tak difavoritkan jadi wakil grup B, yang terjadi malah sebaliknya. Tim Garuda dengan gagahnya finis sebagai pemuncak klasemen dengan tabungan 10 angka.

Baca Juga
Baca Juga

Sepanjang turnamen bergengsi di Asia Tenggara tersebut, Asnawi Mangkualam dan kolega belum sekali pun tersentuh kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga diganjar menjadi tim paling produktif sejauh ini. Dalam 4 kali pertandingan, Tim Garuda sudah membukukan 13 gol. Termasuk saat memborondong gawang Malaysia dengan gelontoran 4 gol.

Tak ayal jika media Korea Selatan sampai menyoroti penampilan Tim Garuda. Dalam ulasannya, bahkan media setempat membanding-bandingan kinerja Shin Tae-yong dengan Park Hang Seo.


1. Disorot Media Korea

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Adalah Sports Chosun yang mengulas hal tersebut. Kendati Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam sama-sama meraih tiket semifinal dengan tabungan poin sama, namun media Korea Selatan merasa jika Tim Garuda lebih berkesan.

Pasalnya, kepastian tiket semifinal tidak didapat Shin Tae-yong dengan cara yang mudah. Bahkan di matchday terakhir penyisihan grup, Timnas Indonesia harus tertinggal lebih dulu Kogileswaran Raj di menit-menit awal pertandingan.

“Baik Vietnam yang dipimpin oleh Tuan Park Hang Seo, dan Indonesia di bawah komando Pelatih Shin sama-sama memenangkan tiket semifinal Piala AFF setelah mereka menang melawan Kamboja dan Malaysia,” tulis Sports Chosun menukil dari Bongda.com.

“Namun, Indonesia adalah tim yang lebih menikmati kesenangan. Pasalnya, mereka membekas saat 'mengalahkan' Vietnam untuk mendapatkan tiket pemuncak grup B di Piala AFF,”

“Dalam posisi yang sulit setelah tertinggal lebih dulu oleh Malaysia, bakat pelatih Shin Tae Yong membantu Indonesia mengatasi kesulitan untuk menang 4-1. Bahkan peringkat mereka di atas Vietnam, Indonesia pun langsung melaju ke semifinal Piala AFF sebagai pemuncak klasemen Grup B."

Terlepas dari pujian media Korea Selatan, Timnas Indonesia pantang jemawa. Pasalnya, mereka sudah ditunggu Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Dengan status tuan rumah turnamen, Singapura bakal merepotkan Tim Garuda.

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini