x

Semifinal Piala AFF: 3 Alasan Timnas Indonesia Gagal Kalahkan Singapura

Kamis, 23 Desember 2021 10:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 3 alasan Timnas Indonesia gagal kalahkan Singapura di leg 1 semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/21) malam WIB meski sempat unggul lebih dulu.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 alasan Timnas Indonesia gagal kalahkan Singapura di leg 1 semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/21) malam WIB meski sempat unggul lebih dulu.

Laga seru tersaji di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 ketika Singapura menghadapi Timnas Indonesia, Rabu (22/12/21) pukul 19.30 WIB di National Stadium.

Seperti diketahui, Singapura lolos ke semifinal sebagai peringkat kedua Grup A di bawah Thailand. Sementara itu, Indonesia membuat kejutan dengan menjadi juara Grup B mengungguli juara bertahan Vietnam.

Baca Juga
Baca Juga

Menghadapi laga ini, pelatih Shin Tae-yong kembali membuat kejutan dengan memilih skema 5 bek alih-alih 4 bek. Tak hanya itu, ia juga mencadangkan Evan Dimas dan Ezra Walian, dan menurunkan Dedik Setiawan sebagai ujung tombak.

Berbekal penampilan gemilang di fase grup, Indonesia diunggulkan memenangi laga ini meski Singapura berstatus tuan rumah.

Harapan merebut kemenangan pun melambung, setelah Witan Sulaeman berhasil mencetak gol pembuka di menit ke-28 berkat kerja sama apik dengan bek kanan Asnawi Mangkualam yang ditunjuk menjadi kapten tim.

Skor tipis 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian, termasuk memasukkan Elkan Baggott menggantikan Rizki Ridho serta Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto.

Namun, Singapura berhasil mengantisipasi perubahan yang dilakukan Shin Tae-yong. Akibatnya, The Lions pun sukses mendominasi babak kedua.

Puncaknya, Singapura berhasil menyamakan skor di menit ke-70 melalui aksi Ikhsan Fandi yang menundukkan Nadeo Argawinata dalam situasi satu lawan satu usai lolos dari jebakan offside.

Baca Juga
Baca Juga

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada tambahan gol yang tercipta. Lag leg 1 semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Timnas Indonesia pun berakhir imbang 1-1.

Dengan hasil ini, siapa pun pemenang di leg kedua pada 26 Desember nanti akan lolos ke final, karena tak ada aturan gol tandang.

Di sisi lain, ada setidaknya 3 alasan kenapa Timnas Indonesia gagal menang di leg 1 semifinal. Apa saja? Berikut ulasannya:


1. Pemain dan Pelatih Sama-sama Punya Andil

Irfan Jaya berhasil melewati salah satu pemain Singapura pada laga semifinal leg 1 Piala AFF 2020

1. Kelelahan

Sejumlah pemain Indonesia menunjukkan penurunan di laga ini dibandingkan laga-laga sebelumnya, seperti yang dialami Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya. Hal ini tak lepas dari kondisi mereka yang kelelahan. Kambuaya bahkan tercatat selalu tampil penuh di 4 laga sebelumnya.

Situasi makin buruk mengingat Indonesia punya waktu istirahat yang lebih pendek yakni 2 hari, dibandingkan Singapura yang punya waktu 3 hari. Kondisi ini pula yang disebut Shin Tae-yong menjadi alasan gagal meraih poin penuh.

2. Pergantian Pemain yang Tak Efektif

Tak seperti biasa, kali ini pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong terbilang tidak efektif. Elkan Baggott yang menggantikan Rizki Ridho beberapa kali membuat blunder, sedangkan Ezra Walian yang menggantikan Dedik gagal memberikan dampak berarti sehingga akhirnya ditarik keluar lagi.

Situasi makin pelik setelah masuknya Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto membuat lini belakang terekspors karena tak adanya gelandang yang memberikan perlindungan. Gol penyama Singapura pun tak lepas dari Elkan yang terlambat melakukan jebakan offside dan minimnya pressing dari Evan.

3. Fokus yang Menurun

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sejatinya mendominasi permainan di babak pertama. Selain sukses mencetak 1 gol, Witan dkk sempat mendapatkan sejumlah peluang lain yang sayangnya gagal dimanfaatkan.

Namun, fokus pasukan Garuda menurun drastis di babak kedua akibat kekelahan yang mulai menumpuk. Sejumlah kesalahan dan blunder pun mulai tercipta, ditambah tidak nyetelnya para pemain pengganti yang masuk.

SingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini