x

Piala AFF: Kalah 0-2, Pelatih Liga Thailand Sebut Vietnam Masih Bisa Lolos Ke Final

Jumat, 24 Desember 2021 19:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Piala AFF: Kalah 0-2, Pelatih Liga Thailand Sebut Vietnam Masih Bisa Lolos Ke Final

INDOSPORT.COM – Meski kalah 0-2 pada leg pertama semifinal, salah satu pelatih Liga Thailand menyebut jika Timnas Vietnam masih punya peluang lolos ke babak final Piala AFF 2020.

Dalam pertandingan yang berlangsung di National Stadium pada Kamis (23/12/21) silam, Vietnam yang berambisi mempertahankan gelar juara Piala AFF menjalani laga dengan start kurang baik.

Thailand membuka keunggulan terlebih dahulu dan memberikan kejutan lewat gol yang dicetak oleh Chanathip Songkrasin pada menit ke-14.

Baca Juga
Baca Juga

Chanatip yang bergelar Messi dari Thailand menggandakan keunggulan Gajah Perang sekaligus mencatatkan brace di laga kontra Vietnam ini setelah kembali menjebol gawang Vietnam di menit ke-23.

Tertinggal dua gol membuat Vietnam bermain sangat agresif. Namun sayang, usaha-usaha The Golden Star Warriors untuk memperkecil ketertinggalan belum menemui hasilnya.

Kedudukan 0-2 Thailand atas Vietnam masih bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Meski gagal menang bahkan tertingga agregat dua gol, namun Vietnam dianggap punya peluang untuk menang di leg kedua dan lolos ke partai final Piala AFF 2020.

Salah satu pelatih Liga Thailand, Wanderley Machado da Silva Junior, jadi salah satu pihak yang cukup optimis jika Vietnam bisa keluar dari situasi sulit pada leg kedua nanti.

“Pasti ada (peluang Vietnam lolos), karena Vietnam biasa main lebih bagus saat away. Karakter permainan mereka juga jadi pembeda,” ucap Wanderley kepada INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

“Itu (semifinal leg kedua) bakal jadi pertandingan kunci untuk mengetes performance tim Thailand setelah saat ini pelatih dari Brazil yang pegang tim,” tambahnya.

Sebagai informasi, Wanderley Machado da Silva Junior saat ini menjabat sebagai Lamphun Warrior FC yang mentas di Thai League 2 atau kasta kedua Liga Thailand.

Hingga pekan ke-17, Lamphun Warrior FC arahan Wanderley Machado da Silva Junior masih bertengger di peringkat keempat klasemen sementara dan berkesempatan lolos ke Thai League 1 lewat jalur Play Off.


1. Insiden Panas

Selebrasi pemain Thailand melawan Vietnam

Pasca pertandingan, pelatih Vietnam rupanya menyimpan kekecewaan terbesar karena timnya dirugikan dengan keputusan wasit Saoud Ali Al-Adba yang sangat kontroversial.

Ada satu momen ketika Vietnam merasa seharusnya mendapatkan hadiah penalti, namun wasit mengabaikannya karena tidak menganggap adanya pelanggaran.

Momen tersebut adalah ketika kiper Thailand, Chatchai Budprom seharusnya menerima hukuman yang lebih berat, dari pada kartu kuning yang didapatnya, ketika dia keluar dari area penalti dan menarik baju pemain Vietnam sampai terjatuh.

Pemain Vietnam itu sempat terjatuh namun segera bangkit dan melayangkan protes ke wasit yang dianggap tidak menyaksikan kejadian itu dari kacamata lain.

Imbas dari insiden ini, pelatih Vietnam sampai menyatakan pentingnya keberadaan VAR di Piala AFF 2020 agar bisa memberikan rasa adil bagi para peserta.

VietnamThailandPiala AFFBola InternasionalWanderley Santos Monteiro JuniorTimnas VietnamPiala AFF 2020

Berita Terkini