x

Ketum PSSI Diminta Urungkan Niat Masuk Ruang Ganti Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Rabu, 29 Desember 2021 14:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, diminta tak masuk ruang ganti timnas Indonesia di final Piala AFF

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, diminta mengurungkan niatnya masuk ke ruang ganti timnas Indonesia di final Piala AFF 2020.

Bertanding di National Stadium, Singapura, timnas Indonesia akan menjalani leg pertama final Piala AFF dengan menghadapi Thailand. Kickoff pertandingan akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Iwan Bule sebelumnya sempat menyatakan akan terbang ke Singapura pada 31 Desember demi memberi dukungan langsung Timnas Indonesia menghadapi Thailand di leg kedua.

Hal ini diungkapkan Iwan Bule saat melakukan panggilan video dengan dua kapten timnas Indonesia, Evan Dimas dan Asnawi Mangkualam, beberapa waktu lalu.

Selain itu, dirinya berniat meminta ijin panitia AFF agar bisa bisa masuk ke ruang ganti pemain tim asuhan Shin Tae-yong.

“Pokoknya saya doa dari sini. Saya tanggal 31 (Desember) ke Singapura, saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian, lagi izin ke AFF,” ujar Iwan Bule dalam akun YouTube resminya.

Namun, niatnya ini langsung dikritik oleh para pendukung timnas. Mereka ramai-ramai memberondong kolom komentar pada postingan dukungan ke Timnas di akun Instagram Iwan Bule yang baru-baru ini sudah dihapus.

@anangwib: “ga usah ikut campur urusan intern pak .. udah cukup duduk manis aja di vvip lounge dukung dr situ aj .. ntar kl udah juara serah deh pak mau masuk kek mau kga seraahhh…”

@azazel.11.97.27: “Pak klo bisa jgn dateng ke singapura pak apalgi ampe masuk ruang ganti pmain🙏 - lebih baik kalah daripada ngalah.”

@nesianaliasi: “iya pak betul aja saya mah, tapi plis jgn masuk ruang ganti pemain difinal nanti kek desas desus yg beredar, tolong bgt ini mah pak.”

@utdbrave: “Tolong kerjasamanya pak, gausah aneh-aneh pliss!”

@siboys_liverpoolfc: “Jangan Dateng ke stadion pak "Biar anak2 maen nya lepas"… mendingan bantu doa aja di rumah cukup.”

Baca Juga
Baca Juga

@balibasketfans: “Jangan masuk ruang ganti pak, cukup do'a kan aja/”

@akhid_yuliansyah: “Pak ketum yang terhormat , gak usah buat acara aneh aneh dulu ya , biar tim kita fokus untuk laga final ini.”

Kritikan mengenai keinginan Iwan Bule masuk ruang ganti final Piala AFF memang bukan tanpa alasan. Sebab hal ini bisa melanggar regulasi Piala AFF 2020.


1. Terancam Langgar Regulasi Piala AFF

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dilarang masuk ruang ganti timnas Indonesia di final Piala AFF

Regulasi Piala AFF 2020 Bagian 6 tentang Delegasi Resmi Tim poin 32.2 berisikan "Tim harus memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak berwenang yang diizinkan masuk ke ruang ganti tim, lapangan permainan, atau area akses terkendal lainnya tanpa memiliki kartu akreditas yang diperlukan".

Artinya, Iwan Bola hanya boleh masuk ruang ganti asalkan didaftarkan sebagai ofisial sejak awal turnamen seperti terlampir dalam regulasi Delegasi Resmi Tim poin 32.1 “Semua pemain dan ofisial yang berpartisipasi dari delegasi resmi tim akan diberikan kartu akreditasi yang disahkan oleh Sekjen AFF.”

Thailand dan Indonesia akan bertemu dua kali di final Piala AFF 2020. Laga pertama dimainkan malam ini di Stadion Nasional, Singapura dan laga berikutnya pada 1 Januari 2022. 

Laga final Piala AFF malam nanti akan jadi pertemuan kedua Thailand vs Indonesia pada tahun ini. Sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2023 Juni lalu. 

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalMochamad IriawanKetua Umum PSSIBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini