x

Road to Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia, Sangat Subur

Rabu, 29 Desember 2021 07:35 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menjadi tim tersubur dalam hal mencetak gol di Piala AFF 2020. Berikut perjalanan Skuad Garuda ke partai final.

Dua tim telah memastikan diri tampil di partai final Piala AFF 2020 yaitu timnas Indonesia yang akan berhadapan dengan Thailand di Stadion Nasional dalam dua laga, leg pertama pada Rabu (29/12/21), leg kedua Sabtu (1/1/22) mendatang.

Timnas Indonesia lebih dahulu lolos ke final setelah menumbangkan perlawanan tuan rumah Singapura, dengan agregat skor 5-3. 

Leg pertama kedua tim bermain imbang 1-1, yag dicetak oleh Ikhsan Fandi dan Witan Sulaeman dan di leg kedua Timnas Indonesia ngamuk dengan skor akhir 4-2. 

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Thailand, lolos ke final usai menyingkirkan perlawanan salah satu tim kuat favorit juara Piala AFF 2020 edisi kali ini, Vietnam.

Di leg pertama, Thailand menang 2-0. Dua gol diborong oleh Chanatip Songkrasin. Sedagkan di leg kedua, Thailand sukses menahan imbang 0-0 Vietnam yang bernafsu untuk memenanginya.

Kelolosan ke final ini sendiri merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Mengingat sebelumnya banyak yang meragukan Asnawi Mangkualam dkk akan bisa melangkah jauh ke partai puncak.

Lantas bagaimana perjalanan dan kerja keras para pemain timnas Indonesia untuk sampai di final Piala AFF 2020? Berikut rangkumannya.


1. Penyisihan Grup

Timnas Indonesia vs Singapura

Lawan Kamboja dan Laos

Timnas Indonesia tergabung di grup yang cukup berat bersama Kamboja, Laos, Malaysia dan Vietnam di Grup B Piala AFF 2020.

Namun secara pasti mereka mampu melewati ujian babak penyisihan dengan sangat baik. Di pertandingan perdana, Timnas Indonesia ditantang oleh tim kuda hitam Kamboja. Tanpa kesulitan, anak asuh Shin Tae-yong menang 4-2.

Para pemain Timnas Indonesia sempat demam panggung karena Kamboja dua kali mampu memperkecil keadaan. Namun perbedaan kualitas membuat mereka akhirnya unggul dengan skor telak.

Di partai kedua, Laos menjadi lawan Timnas Indonesia. Banyak pihak yang menyebut Skuad Garuda tidak akan kesulitan menghadapi Laos.

Baca Juga
Baca Juga

Dan benar saja, Timnas Indonesia menang mudah dengan skor akhir 5-1. Kekurangan di laga perdana mampu diperbaiki di laga kedua ini oleh para pemain.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemain dalam kerja keras di lapangan. Kami memang sudah bekerja keras untuk pertandingan melawan Laos sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

Dua kemenangan membuat Timnas Indonesia saat itu memuncaki klasemen grup B dengan enam poin, unggul selisih gol dari Vietnam di urutan kedua dan Malaysia di urutan ketiga.

Timnas Indonesia pun hanya membutuhkan hasil imbang melawan Vietnam di laga ketiga, untuk memuluskan langkahnya ke babak semifinal. Misi tersebut sukses diemban oleh Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Lawan Vietnam dan Malaysia

Melawan tim kuat Vietnam, Timnas Indonesia menahan imbang dengan skor 0-0.Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia semakin berada di atas angin untuk lolos.

Di pertandingan terakhir, Timnas Indonesia berhadapan dengan Malaysia. Kedua tim sama-sama mengusung kemenangan karena berpeluang untuk tampil di semifinal.

Malaysia sempat unggul lebih dahulu melalui gol Kogileswaran Raj menit ke-13. Namun permainan kolektif yang diperagakan para pemain Timnas Indonesia, membuat mereka mampu membalikan skor menjadi pembantaian 4-1. 

Masing-masing gol diciptakan oleh Irfan Jaya (2 gol), Pratama Arhan, dan Elkan Baggott. Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara grup B, didampingi oleh Vietnam.

Semifinal 

Lawan Singapura

Tak terkalahkan di babak penyisihan grup, menjadi modal Timnas Indonesia untuk tampil baik di semifinal melawan tuan rumah Singapura.

Pertandingan semifinal berlangsung dalam dua pertandingan. Leg pertama Rabu (19/12/21) dan leg kedua Sabtu (25/12/21) di Stadion Nasional, Singapura. 

Tak terkalahkan di babak penyisihan grup, menjadi modal Timnas Indonesia untuk tampil baik di semifinal melawan tuan rumah Singapura.

Pertandingan semifinal berlangsung dalam dua pertandingan. Leg pertama Rabu (19/12/21) dan leg kedua Sabtu (25/12/21) di Stadion Nasional, Singapura. 

Leg pertama berlangsung cukup ketat. Timnas Indonesia mendapat perlawanan sengit dari Singapura. Hal itu dibuktikan dengan skor akhir imbang 1-1.

Dengan hasil tersebut, kedua tim pun masih berpeluang untuk lolos ke final. Tensi tinggi dan sengitnya jalannya pertandingan masih berlangsung di leg kedua.

Timnas Indonesia memecah kebuntuan lebih dahulu melalui gol Ezra Walian menit ke-11. Namun mampu disamakan oleh Singapura lewat gol Son Ui-young menit ke-45+4 yang bertahan hingga turun minum.

Namun sebelum gol penyeimbang terjadi, Singapura mendapat nasib sial dimana mereka harus bermain dengan 10 orang karena Safuwan Baharudin mendapat kartu merah menit ke-45+3.

Di babak kedua, Singapura kembali diterpa kesialan. Pemain mereka harus kembali diusir wasit, kali ini adalah Irfan Fandi menit ke-66.

Meski kurang jumlah pemain, Singapura ternyata tampil sangat baik. Mereka bahkan berbalik unggul 2-1 setelah Shahdan Sulaiman mencetak gol menit ke-74.

Namun jelang menit-menit akhir, Timnas Indonesia baru bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Mereka menyamakan kedudukan lewat gol berbau kontroversi dari Pratama Arhan menit ke-87. Skor 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Laga pun harus dituntaskan lewat babak tambahan waktu 15 menit dalam dua babak. Di babak pertama tambahan waktu, Timnas Indonesia berbalik unggul 3-2.

Mental para pemain Singapura semakin runtuh, karena mereka kembali harus kekurangan pemain setelah kiper Hassan Sunny dikartu merah karena melakukan pelanggaran. 

Bermain hanya dengan delapan orang, membuat Singapura tak bisa berbuat banyak. Timnas Indonesia pun menambah gol melalui Egy Maulana Vikri menjadi 4-2, yang bertahan hingga laga berakhir.

Timnas Indonesia unggul agregat 5-3, dan berhak lolos ke final Piala AFF 2020, menghadapi Thailand.

MalaysiaThailandSingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2020

Berita Terkini