x

Coach Justin di Piala AFF: Mending Victor Igbonefo daripada Elkan Baggott

Jumat, 31 Desember 2021 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia kelahiran Thailand.

INDOSPORT.COM - Justinus Lhaksana alias Coach Justin kembali mengkritik strategi Shin Tae-yong dalam memasang line-up timnas Indonesia di final Piala AFF 2020.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia harus menghadapi tim kuat, Thailand, di final leg pertama Piala AFF 2020, Rabu (29/12/21).

Namun, karena line up yang kurang tepat, Indonesia akhirnya kalah dengan skor telak 0-4. Padahal, menurut Coach Justin, Shin Tae-yong punya peluang di babak kedua.

Saat ada pergantian pemain bek tengah, Fachrudin Aryanto justru digantikan oleh Elkan Baggott yang sebelumnya tampil kurang memuaskan di Piala AFF 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal, masih ada opsi lain untuk bek tengah, yaitu Victor Igbonefo. Sampai saat ini, pemain naturalisasi asal Nigeria itu tak mendapat jam terbang di Piala AFF 2020.

"Yang gue bingung, kenapa Elkan Baggott masuk ya, kenapa tidak dimasukkan Victor Igbonefo yang lebih kuat bola atas," ucap Coach Justin setelah pertandingan usai.

"Victor Igbonefo bisa menjadi senjata untuk bola-bola mati, dia lebih berpengalaman, dia lebih bisa mengatur lini belakang," ujar mantan pelatih timnas futsal Indonesia itu.

Baca Juga
Baca Juga

"Buat apa Shin Tae-yong bawa center back berpengalaman, tapi nggak dipakai di sana sama sekali, nggak ngerti gue," kritik pedas dari Coach Justin di kanal Youtube-nya.


1. Pelajaran Buat Shin Tae-yong

Komentator dan pengamat sepak bola, justinus Lhaksana alias Coach Justin.

Namun setidaknya, bagi Coach Justin, kekalahan timnas Indonesia atas Thailand di final leg pertama Piala AFF 2020 kemarin, memberi pelajaran untuk proses evaluasi.

Coach Justin berharap Shin Tae-yong bisa menemukan racikan yang tepat, menjelang final leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/22).

"Kita belajar dari kesalahan, koordinasi lini belakang itu ngawurnya minta ampun, itu bukan kejadian di Thailand aja ya, lawan Singapura dan Malaysia juga kejadian," cetusnya.

"Kita menguasai serangan, bagus. Kita menguasai kombinasi, dan kita menguasai passing-passing, tapi defense kita sangat parah, benar-benar buruk," pungkas Justinus Lhaksana.

Victor IgbonefoThailandJustinus LhaksanaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongCoach JustinPiala AFF 2020

Berita Terkini