x

3 Catatan Timnas Indonesia di Balik Fair Play Award Piala AFF 2020

Minggu, 2 Januari 2022 10:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, salah satunya Fair Play Award.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, yakni Fair Play Award dan Pemain Muda Terbaik (Pratama Arhan).

Seperti diketahui, perjalanan skuat Garuda di kompetisi timnas sepak bola se-Asia Tenggara ini baru saja berakhir.

Bermain dua leg di partai final, mereka ternyata tidak mampu menahan laju Thailand yang pada akhirnya tampil sebagai tim terkuat untuk edisi 2020.

Hasil ini pun memuat Gajah Perang makin mengukuhkan diri sebagai tim tersukses sepanjang gelaran Piala AFF dengan enam gelar juara. Sementara itu, Timnas Indonesia mencatatkan predikat runner-up untuk keenam kalinya.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat digasak empat gol tanpa balas di leg pertama final, Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 di leg kedua, Sabtu (01/01/22).

Sayangnya, dua gol masing-masing dari Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri tidak cukup untuk mengandaskan skuat Thailand asuhan Alexandre Polking.

Meski gagal jadi juara Piala AFF 2020, Indonesia masih bisa tersenyum usai memenangkan Fair Play Award dan Pemain Muda Terbaik.

Tentu saja, penghargaan Fair Play diberikan kepada tim yang dinilai paling menjunjung nilai-nilai sportivitas selama perhelatan berlangsung.

Baca Juga
Baca Juga

Sepanjang sejarah Piala AFF, ini adalah kali pertama Indonesia meraih predikat fair play. Malaysia adalah tim yang paling sering menyabet penghargaan tersebut, yakni tiga kali pada edisi 2000, 2012, dan 2018.

Sementara itu, lawan Indonesia di partai final sekaligus kampiun edisi 2020, Thailand, baru sekali mendapatkannya pada 2008.

Raihan Fair Play Award ini pun bisa jadi pelipur lara Timnas Indonesia yang lagi-lagi gagal meraih gelar juara Piala AFF untuk keenam kalinya.

 

1. Catatan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia berhasil menyabet dua penghargaan di Piala AFF 2020, salah satunya Fair Play Award.

Meski begitu, ada sejumlah catatan yang menyertai keberhasilan Timnas Indonesia meraih Fair Play Award Piala AFF 2020. Berikut tiga di antaranya. Apa saja?

Nada Sumbang

Selama gelaran Piala AFF 2020 berlangsung, Indonesia sempat mendapat nada sumbang dari sejumlah pihak yang menilai permainan mereka cukup kasar.

Apalagi setelah pertai melawan Vietnam di fase penyisihan grup, isu ini pun berkembang dan jadi bahan perbincangan publik. Indonesia dinilai sebagai tim yang paling banyak melakukan pelanggaran ketika fase penyisihan grup berakhir. 

Akan tetapi, pada kenyataannya kini Indonesia berhasil meraih Fair Play Award di akhir kompetisi, yang tentunya dapat membungkam omongan-omongan miring tersebut.

Pelanggaran

Ketika sebuah tim mendapat Fair Play Award, agaknya tidak lengkap jika tidak melihat catatan mereka selama berjalannya kompetisi. Begitu pula Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Berdasarkan catatan statistik di laman resmi Piala AFF 2020, Indonesia telah melakukan 143 pelanggaran, tertinggi dari para kontestan lainnya. Di peringkat dua ada Thailand (117) dan disusul Vietnam (88).

Kartu

Thailand yang berstatus juara edisi kali ini adalah tim yang paling sering mengoleksi kartu kuning yakni 17. Theerathon Bunmathan ‘menyumbang’ tiga di antaranya dan meraih predikat pemain dengan yellow card terbanyak.

Lalu untuk Timnas Indonesia sendiri, ada di peringkat dua dengan 13 kartu kuning, disusul Filipina dengan delapan kartu kuning.

Selanjutnya, terkait catatan kartu merah, para pemain Shin Tae-yong mencatatkan rekor apik lantaran tidak pernah sekali pun diusir keluar lapangan.

Satu-satunya kontestan yang mencatatkan kartu merah sepanjang Piala AFF 2020 adalah Singapura. Mereka berada di peringkat pertama tanpa ditemani satu pun ‘pesaing’.

Seperti diketahui, saat semifinal, tim berjuluk The Lions tersebut sempat mendapat banjir kartu dari wasit. Tiga pemain Singapura harus angkat kaki dari lapangan yakni Hassan Sunny, Irfan Fandi, dan Safuwan Baharudin.

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini