x

Liga 1: Resmi ke Barito Putera, Yu Hyun-koo Akui Pernah Trauma di Indonesia

Senin, 3 Januari 2022 13:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Yu Hyun-koo resmi merapat ke Barito Putera

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi asal Korea Selatan, Yu Hyun-koo resmi mengikat kontrak dengan Barito Putera pada Minggu (02/01/22), walaupun ia pernah trauma.

Bukan trauma pada Barito Putera, tapi trauma saat pertama kali ia menginjakkan kaki di Indonesia pada awal tahun 2011 lalu, di mana Yu Hyun-koo kesulitan berapatasi.

Menurut Yu Hyun-koo, ia mendengar bahwa suporter sepak bola di Indonesia kerap kali bersitegang. Ia juga mengaku tidak cocok dengan kuliner yang jauh beda dari Korea.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya pas awal datang ke Indonesia, susah makan, nggak sesuai selera, saya mau pulang ke Korea, saya nggak mau kontrak," ungkap Yu Hyun-koo via Tiento Indonesia.

"Saya susah makan, mulai sakit, mencret, aduh saya nggak sanggup, saya mau pulang ke Korea saja," curhat pemain yang pernah membela Timnas Korea usia muda tersebut.

Kala itu, Yu Hyun-koo pertama kali ditawari untuk membela Semen Padang FC di Liga Super Indonesia 2011. Namun, ia sempat menolaknya di hadapan manajemen.

"Saya bilang ke manajemen, saya nggak mau kontrak, uang, apapun, saya nggak mau, saya cuma mau pulang," lanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, manajemen Semen Padang dan sang agen membujuk Yu Hyun-koo untuk bertahan di Indonesia, karena ia memiliki potensi yang bagus di sektor gelandang.

"Mereka bilang, coba pikirin dulu, satu minggu istirahat. Waktu itu saya berpikir panjang, oke saya coba setahun, nggak mau banyak, habis itu saya mau pulang."


1. Dulu Tak Betah, Kini Naturalisasi

Pemain Kalteng Putra, Yuu Hyun-koo pada jumpa pers jelang babak 8 besar Piala Presiden 2019 di stadion Patriot, Rabu (27/03/19).

Siapa sangka, satu tahun menjalani peran sebagai pemain Semen Padang FC, Yu Hyun-koo langsung jatuh cinta pada Indonesia dan suasana di lapangan hijau.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu pun betah di Semen Padang selama lima tahun, kemudian ia hijrah ke Sriwijaya FC hingga tahun 2018 silam.

Yu Hyun-koo juga tak ragu untuk menjalani program naturalisasi dan menjadi WNI. Main di Liga 2 2021, Hyun-koo berhasil membawa Persis Solo juara, hingga promosi ke Liga 1.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, kompetisi Liga 1 2022 masih cukup lama. Yu Hyun-koo akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan Barito Putera, dan mau berprestasi di Liga 1 2021-22.

Ya, Barito Putera sendiri saat ini masih tertahan di peringkat ke-15 dari 18 peserta Liga 1. Kehadiran Yu Hyun-koo diharapkan bisa menyelamatkan tim dari zona merah.

Barito PuteraSemen PadangNaturalisasiYu Hyun-kooHyu Hyun KooLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini