x

Pelatih Liga Thailand Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF

Senin, 3 Januari 2022 20:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Wanderley Machado Da Silva Junior, Mantan pelatih Persipura yang gemilang di Liga Thailand

INDOSPORT.COM – Salah satu pelatih Liga Thailand, Wanderley Machado da Silva, membongkar alasan Timnas Indonesia tak bisa kalahkan Thailand pada dua leg final Piala AFF 2020 hingga kembali gagal juara.

Seperti diketahui, pada leg kedua final Piala AFF 2020 hari Sabtu (01/01/22) lalu, Timnas Indonesia yang menghadapi Thailand harus berkesudahan dengan skor sama kuat 2-2.

Meski imbang, namun hasil tersebut tak mampu menghantarkan Timnas Indonesia juara lantaran pada pertemuan leg pertama Thailand berhasil menang telak empat gol tanpa balas.

Baca Juga
Baca Juga

Maka secara agregat, Timnas Indonesia masih kalah 6-2 atas Thailand di babak final Piala AFF 2020 kali ini.

Berkaca dari penampilan di dua leg final Piala AFF 2020, Wanderley menyebut jika Thailand memiliki pemain depan yang sangat berbahaya saat berada di kotak penalti.

Selain skill yang mumpuni, naluri gol yang tinggi juga jadi faktor kenapa Timnas Indonesia sulit mengalahkan Thailand dalam dua kali pertemuan.

Hal ini terlihat pada leg kedua final kemarin. Meski sempat tertinggal satu gol pada babak pertama, namun Thailand berhasil membalikkan kedudukan beberapa menit setelah kick off babak kedua.

“Saya pikir semua pemain depan mereka bahaya, mereka punya skill dan naluri gol besar,” ucap Wanderley kepada INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

“Tapi selain itu, mereka juga punya teamwork yang bagus sekali setelah pelatih Brasil Mano (Alexandré Pölking) mulai kerja dengan mereka,” tambah pelatih Lamphun Warrior FC yang mentas di Thai League 2 atau kasta kedua Liga Thailand tersebut.


1. Lanjutkan Rekor Buruk

Timnas Indonesia raih gelar runner up di Piala AFF 2020.

Tambahan satu gelar di edisi 2020, membuat Thailand kian memperkokoh status sebagai raja ASEAN dengan mengumpulkan enam gelar Piala AFF dan jadi yang terbanyak sepanjang sejarah.

Sementara buat Timnas Indonesia, julukan raja tanpa mahkota kembali didapat lantaran untuk keenam kalinya skuat Merah-Putih harus puas menjadi runner-up Piala AFF.

Meski gagal di Piala AFF 2020, namun Timnas Indonesia tak bisa lama-lama meratapi kesedihan lantaran cukup banyak event yang bakal skuat Garuda jalani sepanjang tahun 2022.

Pasca Piala AFF 2020, Shin Tae-yong diharuskan mempersiapkan timnya untuk melaloki agenda ujicoba yang dijadwalkan oleh FIFA.

Sedianya, agenda tersebut bakal berlangsung pada 24 Januari-2 Februari 2022.

Dalam rentang jarak yang tak jauh beda, selain Timnas Indonesia yang sibuk, Tim sepakbola putri pun demikian.

Bahkan dikategori Timnas Putri, skuat Indonesia bakal melakoni agenda Piala Asia 2020 yang akan berlangsung pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022 mendatang.

ThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalWanderley Santos Monteiro JuniorTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini