x

Sebut Shin Tae-yong Kalah dari Pelatih Liga 1, Haruna Soemitro Kena Hujat

Senin, 17 Januari 2022 16:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Haruna Soemitro membuat banyak pernyataan kontroversial dan salah satunya adalah menuding Shin Tae-yong kalah taktik dari pelatih Liga 1.

INDOSPORT.COM - Tidak cuma mengumbar soal ketersinggungan Shin Tae-yong pada khalayak luas melalui podcast JPNN, Haruna Soemitro juga rupanya nyiyir perkara taktik pelatih timnas Indonesia itu. Sang eksekutif PSSI menuding jika filosofi permainan yang diterapkan di tim Garuda saat ini kalah cantik dari klub-klub Liga 1.

Haruna dengan percaya diri mengatakan jika kesebelasan-kesebelasan Liga 1 kini sudah banyak yang memainkan umpan-umpan pendek untuk membangun serangan. Sementara itu timnas Indonesia justru mengandalkan long ball baik dalam latihan maupun kompetisi resmi.

Maka dari itu Haruna pun menyimpulkan jika kegagalan Shin Tae-yong untuk mempersembahkan gelar juara di ajang Piala AFF 2020 lalu adalah karena ketidakcocokan tadi. Perbedaan skema yang mencolok dianggap membuat pemainan Witan Sulaeman cs menjadi kacau balau.

Baca Juga
Baca Juga

"Teaching point apa yang kita dapatkan dari STY (Shin Tae-yong) selama melatih tim nasional?. Pelatih-pelatih yang memberikan saran pada saya itu belum ada manfaat yang kita dapatkan," ungkap Haruna pada JPNN.

Baca Juga
Baca Juga

"Mayoritas tim-tim Liga 1 bermain dengan proses kaki ke kaki. Build up dari bawah. Tetapi game plan Shin Tae-yong justu umpan-umpan panjang,"

"Ini kan berbeda jauh dengan apa yang ada di klub. Wajar saja jika STY itu menerima pemain yang tidak siapa untuk timnas," tambah mantan petinggi Madura United dan Persebaya Surabaya tersebut.


1. Dihujat di Dunia Maya

Haruna Soemitro dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Kontan saja komentar Haruna ini menyulut emosi fans Timnas Indonesia yang sudah kadung jatuh hati pada Shin Tae-yong. Pasalnya apa yang dikatakan yang bersangkutan justru sangat berbeda dengan yang terlihat di lapangan.

Akun @pengamatsepakbola di Instagram bahkan sampai mengedit percakapan Haruna dalam podcast tersebut dengan latar belakang fakta yang terbalik dengan ucapannya. Sesuatu yang mana membuat Haruna semakin ditertawakan penggemar sepak bola Tanah Air.

"Berarti ketahuan gak nonton AFF" komentar salah satu pengikut akun tersebut.

"Dia memberikan tutorial cara mempermalukan diri sendiri." imbuh netizen lain.

Selain hujatan-hujatan pedas, Haruna kini juga diberondong tagar #HarunaOut. Tagar tersebut beredar usai muncul kabar jika Shin Tae-yong bisa saja menyudahi kontraknya yang masih berlaku hingga 2023 mendatang.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaHaruna SoemitroLiga 1Berita Liga 1Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBRI Liga 1 2021-2022Piala AFF 2020

Berita Terkini