x

Tak Cuma Shin Tae-yong, Haruna Soemitro Juga Cibir Sandy Walsh dan Klub Belgia

Senin, 17 Januari 2022 16:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Haruna Soemitro membuat kontroversi di kalangan pecinta sepak bola nasional dengan mencibir Sandy Walsh dan klubnya, KV Mechelen.

INDOSPORT.COM - Dalam kesempatannya untuk bicara pada podcast yang dibuat oleh JPNN, anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, banyak melontarkan kritikan pedas untuk timnas Indonesia. Selain mencibir Shin Tae-yong selaku pelatih kepala tim Garuda, mantan manajer Madura United itu juga menyindir Sandy Walsh beserta klubnya.

Haruna menyentil Sandy Walsh kala membahas penting atau tidaknya Timnas Indonesia menggunakan pemain keturunan. Pasalnya, Haruna Soemitro merasa jika kesuksesan bukan jaminan walau melakukan naturalisasi.

Haruna bahkan menduga jika Timnas Indonesia hanya dimanfaatkan oleh pemain keturunan dan agennya untuk kepentingan pribadi. Menambah bargaining chip dalam negosiasi kontrak misalnya.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu KV Mechelen, klub yang menaungi Walsh, juga disebut Haruna sebagai klub tidak jelas. Entah mungkin karena ia tidak paham, yang jelas pernyataannya ini memicu gejolak di tengah-tengah peminat sepak bola Indonesia.

"Saya mencurigai ada peran dari agen untuk mendorong (pemain keturunan ke timnas Indonesia). Nilai jual dari pemain yang dinaturalisasi pasti naik karena labelnya adalah (pemain) timnas," kata Haruna pada JPNN.

Baca Juga
Baca Juga

"Maaf-maaf saja, contohnya Sandy Walsh. Meskipun dia bermain di Eropa (bersama) klub antah berantah namun begitu bermain untuk timnas, maka Value dia di sana akan melejit luar biasa,"

"Timnas kita apakah akan lebih baik (dengan pemain keturunan dan naturalisasi)? Saya pikir tidak," sambung pria yang juga pernah jadi pengurus Persebaya Surabaya itu lagi.


1. Salah Persepsi

Sandy Walsh di KV Mechelen.

Walaupun termasuk orang penting di PSSI, Haruna sepertinya tidak terlalu paham soal latar belakang Sandy Walsh dan KV Mechelen. Jika memang tahu maka diksi yang digunakan seharusnya lebih bijaksana.

Sebagai informasi, Mechelen saat ini duduk di posisi ketujuh liga teratas Belgia. Kompetisi yang diakui oleh koefisien UEFA sebagai kompetisi terbaik Eropa urutan 13 dari 55 per 2021/2022. Jika mereka saja dianggap antah berantah maka bagaimana nasib Liga 1 Indonesia?.

Jika mampu bertahan di posisi mereka saat ini, KV Mechelen berhak tampil di play-off Liga Europa musim depan. Sandy Walsh sendiri berperan aktif musim ini dengan 20 kali penampilan berikut sumbangan 2 gol dan 5 assist dari lini belakang.

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaHaruna SoemitroSandy WalshBerita Timnas IndonesiaKV Mechelen

Berita Terkini

Berita Terpopuler