x

5 Eks Chelsea yang Gagal Bersinar Bersama Arsenal, Diego Costa Berikutnya?

Selasa, 18 Januari 2022 16:44 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Diego Costa disebut menjadi bidikan Arsenal. Bintang Spanyol itu wajib waspada karena 5 eks Chelsea pendahulunya tampil jeblok bersama The Gunners.

INDOSPORT.COM – Diego Costa disebut menjadi bidikan Arsenal. Bintang Spanyol itu wajib waspada karena 5 eks Chelsea pendahulunya tampil jeblok bersama The Gunners.

Kabar mengejutkan datang dari Arsenal di bursa transfer musim dingin ini. Mereka disebut membidik mantan penyerang Chelsea, Diego Costa, untuk menambah kekuatan di lini depan.

Seperti diketahui, The Gunners memang memburu penyerang baru seiring dibekukannya Pierre-Emerick Aubameyang dari skuat akibat masalah indispliner.

Baca Juga
Baca Juga

Nama Dusan Vlahovic disebut menjadi buruan utama The Gunner setelah tampil spektakuler dengan 17 gol dari 21 laga Liga Italia musim ini, dan sudah dipastikan takkan memperpanjang kontraknya di Fiorentina yang habis Juni 2023 sehingga berpeluang dijual pada Januari ini.

Namun, belakangan ini muncul kejutan mengejutkan. Pasalnya, Arsenal disebut mengalihkan bidikan pada mantan penyerang andalan Chelsea, Diego Costa.

Meski sudah berusia 33 tahun, Diego Costa memang dikenal tajam selama 3 musim membela Chelsea. Ia  mencetak 59 gol dari 120 laga, dan membawa The Blues 2 trofi Liga Inggris dan 1 Piala Liga.

Selain faktor ketajaman dan pengalaman bermain di Inggris, Costa juga memiliki keunggulan lain yakni ia bisa diboyong secara gratis. Ia kini berstatus tanpa klub usai memutus kontraknya di Atletico Mineiro.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, Arsenal dan Costa wajib waspada. Pasalnya, meski ada Petr Cech yang terbilang cukup sukses dan memenangi Piala FA, mayoritas mantan pemain The Blues yang beralih ke kubu The Gunners justru tampil jeblok.

Bukan tidak mungkin situasi ini akan terulang bersama Costa. Apalagi, kinerjanya cukup menurun saat membela Atletico Madrid dan Atletico Mineiro selepas meninggalkan Chelsea.

Lantas, siapa saja eks Chelsea yang gagal bersinar saat membela Arsenal? Berikut ulasannya:

 

1. Ada yang Sempat Jadi Kapten

David Luiz, mantan bintang Chelsea yang gagal bersinar di Arsenal

Lassana Diarra

Berbekat predikat sebagai penerus Claude Makelele, Lassana Diarra diboyong Chelsea pada 2005 dari klub Prancis, Le Havre. Namun meski meraih sejumlah gelar termasuk Liga Inggris, Diarra tak pernah jadi pilihan utama sehingga dijual ke Arsenal 2 tahun kemudian.

Di Arsenal, nasib Lassana Diarra tidak membaik. Ia kalah bersaing dengan Mathieu Flamini sehingga hanya tampil 13 kali dalam setengah musim, sebelum dijual Portsmouth hanya 5 bulan sejak kedatangannya.

William Gallas

William Gallas membela Chelsea dari selama 2001 hingga 2006 dan sukses membawa The Blues meraih 2 gelar Liga Inggris, sebelum dilepas ke Arsenal sebagai bagian dari transfer Ashley Cole.

Bersama The Gunners, William Gallas memang langsung jadi andalan dan bahkan kemudian diangkat menjadi kapten. Namun, ia justru kerap membuat masalah hingga akhirnya dicopot dari jabatan kapten dan sebelum akhirnya membelot ke rival abadi The Gunners, Tottenham.

David Luiz

Jadi andalan Chelsea dengan 50 penampilan di musim 2018/2019 dan memenangi Liga Europa musim itu, David Luiz secara mengejutkan dijual murah ke Arsenal pada musim panas 2019.

Bersama The Gunners, ia memang menjadi pilihan utama tapi performanya sejatinya tak terlalu memuaskan. Ia kerap membuat sejumlah blunder dan menerima 3 kartu merah dalam 2 musim, sehingga hanya bertahan 2 musim dan dilepas gratis saat kontraknya berakhir.

Willian

Setelah 7 musim membela Chelsea dan meraih sejumlah gelar termasuk 2 Liga Inggris dan 1 Liga Europa, Willian hengkang ke Arsenal secara gratis saat kontraknya habis pada bursa transfer musim panas 2020. 

Pengalaman dan kualitas yang ia tunjukkan di Chelsea pun diharapkan bisa membantu skuat muda Arsenal. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Willian tampil buruk dengan hanya mencetak 1 gol dalam 37 laga, sebelum akhirnya sepakat meninggalkan The Gunners di akhir musim.

Yossi Benayoun

Meski gemilang di Liverpool, Yossi Benayoun tampil buruk di Chelsea sehingga hanya tampil 10 kali pada musim pertamanya yakni 2010/2011. Musim berikunya, ia pun dipinjamkan oleh The Blues ke Arsenal.

Kinerja Yossi Benayoun di Arsenal sejatinya tak buruk-buruk amat dengan ia tampil 25 kali dan mencetak 6 gol serta 3 assist. Ia bahkan sempat menjadi kapten The Gunners di sebuah laga Piala Liga.

Namun, hal itu tak cukup membuat The Gunners mempermanenkannya sehingga ia pun dipulangkan ke Chelsea meski akhirnya langsung dipinjamkan lagi ke West Ham.

Bursa TransferWillianChelseaArsenalDiego CostaDavid LuizWilliam GallasLassana DiarraLiga InggrisYossi BenayounBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini