x

Profil Gelora Samudra Kuta: Pilihan Timnas Indonesia Bersiap Hadapi Timor Leste

Rabu, 19 Januari 2022 16:05 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Gelora Samudra Kuta, stadion yang bakal dipakai Timnas Indonesia untuk TC jelang uji coba lawan Timor Leste. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelora Samudra tetap "kerja" ketika Liga 1 2021-2022 memasuki jeda pertandingan internasional. Markas tim PS Badung ini akan digunakan timnas Indonesia bersiap melawan Timor Leste mulai Kamis (20/1/22) sore. 

Gelora Samudra selama ini jadi lokasi official training tim Liga 1 yang akan bertanding pada seri keempat. Bersama Gelora Samudra, ada juga Gelora Trisakti. Kedua stadion ini sama-sama berada di kawasan Legian, Kuta. 

Gelora Samudra dan Gelora Trisakti memiliki kualitas rumput yang setara dengan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Ngurah Rai dan Stadion Kompyang Sujana.

Lima stadion ini tahun lalu selesai direnovasi oleh pemerintah pusat untuk proyeksi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga
Baca Juga

Meski masih terdengar asing di telinga pecinta sepak bola Tanah Air, Gelora Samudra sejatinya punya riwayat di kompetisi profesional. Gelora Samudra jadi markas tim PS Badung ketika mengikuti Liga 2 2017.

Gelora Samudra pun bukan lokasi asing bagi Timnas Indonesia. Ketika masih ditangani Simon McMenemy tahun 2019 lalu, Evan Dimas Darmono dkk. juga berlatih di stadion berkapasitas 5.000 penonton ini. 


1. Fasilitas Stadion

Ruang ganti Gelora Samudra Kuta. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Meski hanya untuk latihan, fasilitas Gelora Samudra cukup bagus. Venue ini punya penerangan 800 lux atau sama seperti Stadion Ngurah Rai dan Stadion Kompyang Sujana yang dipakai untuk Liga 1.

Lampu ini menyorot ke seluruh lapangan dengan empat tiang tinggi yang terpasang di empat sudut. Fasilitas ini membuat Timnas Indonesia bisa berlatih saat sore maupun malam.

Ruang Ganti

Gelora Samudra memiliki dua ruang ganti yang ada dibawah tribun barat. Dua ruangan ini sudah cukup bila hanya digunakan untuk latihan. Ruang ganti turut dilengkapi dengan kamar mandi untuk berbilas.

Skuat Timnas Indonesia pun bisa ganti baju di dua ruangan ini. Bila Bali United berlatih di Gelora Samudra, satu ruang ganti dikhususkan untuk tim pelatih. Sementara satu ruang ganti lain untuk para pemain.

Baca Juga
Baca Juga

Lokasi Strategis

Lokasi Gelora Samudra sangat strategis. Lokasinya terletak di dekat Jalan Raya Kuta. Tak jauh dari stadion terdapat banyak hotel berkualitas untuk tempat menginap. Setelah latihan, tim bisa meluncur ke Pantai Kuta karena berjarak satu kilometer saja.

Namun kekurangannya, lokasi ini hanya bisa dimasuki menggunakan bus tanggung karena ukuran jalan yang tak terlalu lebar. Bila menggunakan bus besar, maka tim perlu turun di Jalan Raya Kuta, kemudian jalan kaki sekitar 100 meter untuk masuk ke lapangan.

Demikian profil dari Gelora Samudra Kuta. Dari pantauan INDOSPORT.com, Rabu (19/1/22) siang, lapangan sedang dilakukan perawatan. Informasi yang didapat di lapangan, skuat besutan Shin Tae-yong akan berlatih mulai Kamis sore.

Irfan Jaya dkk. punya kesempatan beberapa sesi latihan sebelum melawan Timor Leste pada 24 Januari dan 27 Januari 2022.  Ada 27 pemain yang ikut dalam pemusatan latihan di Bali.

PSSITimor LesteTimnas IndonesiaLiga IndonesiaPS BadungShin Tae-yong

Berita Terkini