x

3 Alasan Chelsea Mendekati Bintang Pesakitan Barcelona, Ousmane Dembele

Kamis, 20 Januari 2022 08:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bintang Barcelona, Ousmane Dembele menjadi buruan Chelsea di bursa transfer. Apa alasan The Blues tertarik memboyongnya?

INDOSPORT.COM – Jagat bursa transfer musim dingin dikejutkan dengan laporan Chelsea mendekati Ousmane Dembele dari Barcelona. Lantas, hal apa saja yang membuat The Blues tertarik memboyongnya?

Laporan ini beredar menyusul terhentinya pembicaraan kontrak antara Dembele dengan Barcelona. Sebagaimana diketahui, kontrak pemain berusia 24 tahun itu akan habis pada musim panas 2022.

Barcelona yang kesal karena Dembele urung memperpanjang kontrak  pun mulai menyisir opsi lainnya. Salah satunya adalah melegonya di sisa bursa transfer musim dingin ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam laporan yang beredar, Barcelona menawarkan Dembele ke tiga klub. Salah satunya adalah Chelsea. Bak gayung bersambut, The Blues pun tertarik memboyongnya ke Stamford Bridge.

Chelsea bahkan mulai memantau perkembangan kontrak Ousmane Dembele. Andai di sisa waktu yang ada Barcelona gagal mencapai kesepakatan, The Blues akan mengadakan pembicaraan dengan sang agen.

Dengan fakta tersebut, kemungkinan besar Chelsea baru bisa memboyong Dembele pada musim panas 2022 dengan status bebas transfer.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Chelsea, ada pula Newcastle United yang tertarik memboyong Dembele. Hanya saja posisi The Blues lebih diuntungkan, mengingat status kedua klub saat ini.

Dari setiap persoalan yang ada, hanya masalah gaji Dembele saja yang mungkin akan menjadi batu sandungan dalam niatan Chelsea ini.

Terlepas dari gaji selangit yang diminta Ousmane Dembele, kira-kira apa yang membuat Chelsea berhasrat mendapatkan bintang pesakitan dari Barcelona itu?


1. Alasan Chelsea Wajib Mendatangkan Ousmane Dembele

Ousmane Dembele, striker muda klub Liga Spanyol, Barcelona

Sebagaimana diketahui, Chelsea jarang mendatangkan pemain yang punya riwayat buruk bersama klubnya, salah satunya adalah soal cedera. Namun hal tersebut nampaknya akan disisihkan The Blues demi seorang Dembele.

Lalu, apa yang membuat Chelsea berani merusak Policy yang dimiliki klub demi mendaratkan Dembele ke Stamford Bridge? Berikut 3 alasannya.

1. Pemain Kreatif

Chelsea saat ini membutuhkan sosok winger kreatif yang belum mereka dapatkan sejak hengkangnya Eden Hazard ke Real Madrid pada 2019 lalu.

Sejak saat itu, Chelsea sempat mengandalkan sosok Mason Mount dari akademinya dan mendatangkan Hakim Ziyech. Sayangnya, keduanya gagal mengemban peran sebagai pemain kreatif.

Thomas Tuchel yang sadar akan hal ini pun lantas menuntut Chelsea mendatangkan pemain kreatif. Untuk di bursa transfer saat ini, pemain yang berpotensi besar didatangkan adalah Ousmane Dembele.

Meski lama tak bermain, Dembele tetap punya Impact besar dalam permainannya, terutama saat mengkreasikan peluang. Hal ini terlihat dari besarnya Shot-Creating Actions (SCA) yang ia miliki, yakni 4,61 kali per 90 menit.

Selain itu, nilai Non-Penalty Expected Goals (NPxG) + Expected Assist (xA) nya mencapai nilai 0,54 per 90 menit. Nilai ini didukung keaktifannya dalam membangun serangan.

Keaktifannya bisa dilihat dari Progressive Carries yang ia miliki mencapai 3,52 kali per 90 menit, dribel sukses mencapai 3,07 kali per 90 menit, dan operan ke area lawan rata-rata 9,57 kali per 90 menit.

2. Punya Ikatan Kuat dengan Tuchel

Sebelum hijrah ke Barcelona, Ousmane Dembele sempat membela Borussia Dortmund. Di klub tersebut, ia bekerjasama dengan Thomas Tuchel yang kini melatih Chelsea.

Keduanya punya koneksi kuat antara pelatih dan pemain yang tak bisa dipisahkan. Hal tersebut tampak saat keduanya berseberangan dan tak lagi bekerjasama.

“Dan seperti yang saya katakan, Thomas Tuchel sangat mempengaruhi saya, dia adalah pelatih terfavorit,” ujar Dembele.

“Dengan Thomas Tuchel, saya banyak bermain di sisi kanan pada awal musim dan kemudian saya pindah ke nomor 10, terkadang di tiga gelandang tengah.”

“Sulit meninggalkan Dortmund jika Tuchel masih bertahan,” ujar Dembele dikutip dari laman One Football.

Lantas, apa komentar Tuchel tentang sosok Dembele? Pujian setinggi langit pun mengalir kepada pemain berkebangsaan Prancis itu.

“Talenta yang dimiliki (Ousmane) Dembele adalah anugerah. Sangat, sangat tidak biasa. Kami punya banyak pemain top dalam tim, tapi Ousmane salah satu pemain dengan talenta terhebat yang pernah saya lihat,” ujar Tuchel saat berstatus pelatih Chelsea.

3. Talenta dengan Harga Murah

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Dembele adalah pemain kreatif yang tersedia di bursa transfer sejauh ini dengan harga relatif murah.

Murahnya harga Dembele tak lepas dari situasi kontrak yang ia miliki bersama Barcelona. Selain itu, kondisi keuangan Blaugrana juga menjadi alasan utama bahwa harga transfernya takkan memakan banyak dana.

Dengan situasi tersebut, Chelsea pun wajib bergerak cepat dan melakukan negosiasi dengan Barcelona di bursa transfer Januari 2022.

Selain itu, jika ada satu kesempatan untuk mendukung dan mempertahankan Tuchel di Stamford Bridge, bukankan Petr Cech dan Marina Granovskaia maupun Roman Abramovich harus mendatangkan pemain yang disukai pelatihnya itu?

Bursa TransferChelseaBarcelonaThomas TuchelIn Depth SportsOusmane DembeleSepak Bola

Berita Terkini