x

6 Pelatih Liga 1 yang Belum Dipecat Sejak Awal Musim Ini, Siapa Segera Tumbang?

Kamis, 20 Januari 2022 10:08 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Usai pemecatan Angelo Alessio dari Persija, tinggal 6 pelatih di Liga 1 2021/2022 yang memimpin tim sejak awal musim ini dan belum dipecat. Siapa bakal tumbang?

INDOSPORT.COM – Usai pemecatan Angelo Alessio dari Persija, tinggal 6 pelatih di Liga 1 2021/2022 yang memimpin tim sejak awal musim ini dan belum dipecat. Siapa yang akan segera tumbang?

BRI Liga 1 2021/2022 menjadi kompetisi yang ganas bagi para pelatih. Terbaru, ada nama Angelo Alessio yang harus terdepak dari posisinya sebagai pelatih Persija Jakarta.

Macan Kemayoran memang tampil buruk dalam 3 laga yang sudah dijalani di Seri 4 yang digelar di Bali bulan ini.

Meski mengawali Seri 4 dengan mengalahkan PSIS 2-1, Persija mendapatkan hasil buruk saat bertemu 2 tim zona degradasi yakni kalah 1-2 dari Persipura dan imbang 1-1 dengan Persela.

Baca Juga
Baca Juga

“Keputusan ini diambil murni karena alasan profesional. Persija memerlukan perubahan, dan ini adalah salah satu bagian yang harus dilewati untuk mengubah Persija ke arah yang lebih baik,” kata Presiden Klub Persija, Mohammad Prapanca, di akun instagram resmi klub.

Dengan pemecatan ini maka Angelo Alessio menjadi pelatih ke-13 yang didepak atau mengundurkan diri dari posisinya sepanjang Liga 1 musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dari jumlah itu, 2 di antaranya berasal dari klub yang sama yakni PSIS Semarang yakni Imran Nahumarury dan Ian Andrew Gillian.

Dengan situasi ini, hanya tinggal 6 pelatih di 6 klub Liga 1 2021/2022 yang memimpin tim sejak awal musim dan masih aman dari pemecatan. Siapa saja mereka dan adakah yang akan segera tumbang? Berikut ulasannya:

 

1. Ada yang Mulai Didesak Mundur

Robert Rene Alberts (Persib), salah satu pelatih Liga 1 2021/2022 yang memimpin sejak awal musim dan masih aman dari pemecatan.

Paul Munster – Bhayangkara FC

Paul Munster memimpin Bhayangkara FC sejak September 2019. Ia masuk menjelang putaran kedua Liga 1 2019 menggantikan Alfredo Vera, dan sukses membawa The Guardians finis di posisi keempat.

Musim ini, Paul Munster berhasil mempertahankan kinerja apiknya. Bhayangkara FC menutup pekan ke-20 dengan berada di puncak klasemen, unggul 2 poin dari Arema FC yang ada di posisi kedua.

Eduardo Almeida – Arema FC

Eduardo Almeida mulai membesut Arema FC awal musim ini. Sebelumnya, pria Portugal ini pernah membesut Semen Padang di putaran kedua Liga 1 2019 meski gagal meloloskan klub itu dari degradasi.

Bersama Arema FC, Eduardo Almeida mengalami start lambat dengan Singo Edan baru meraih kemenangan di laga kelima. Namun, kini tim asal Malang itu bertengger di posisi kedua klasemen.

Stefano Cugurra Teco – Bali United

Sempat membesut Persija Jakarta pada 2017-2018 dan membawa Macan Kemayoran juara pada Liga 1 2018, Stefano Cugurra Teco bergabung dengan Bali United pada awal tahun 2019.

Bersama Serdadu Tridatu, Stefano Cugurra Teco juga berhasil menghadirkan trofi Liga 1 2019. Kinerjanya musim ini pun cukup baik. Meski tertahan di peringkat 5, Bali United cuma tertinggal 5 poin dari puncak.

Robert Rene Alberts – Persib Bandung

Robert Rene Alberts mulai membesut Persib Bandung pada 2019, beberapa pekan sebelum Liga 1 dimulai. Ketika itu, ia membawa Maung Bandung finis di posisi 6. Musim berikutnya, Persib dibawanya ke puncak klasemen sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi, saat baru berjalan 3 pekan.

Musim ini, kinerja Robert Alberts sejatinya cukup baik dengan membawa Persib ke peringkat 3. Namun, beberapa waktu terakhir muncul desakan dari Bobotoh untuk memecat eks juru taktik PSM Makassar ini. Mungkinkah ia akan menjadi pelatih ke-14 yang gugur dari Liga 1 musim ini?

Aji Santoso – Persebaya Surabaya

Pada Oktober 2019 lalu, Aji Santoso resmi melatih Persebaya Surabaya untuk ketiga kalinya menggantikan Wolfgang Pikal. Posisi itu kemudian ia emban hingga saat ini, usai menandatangani kontrak baru pada awal musim ini.

Musim ini, ia membawa Persebaya Surabaya berada di posisi 4. Ia juga sukses mengorbitkan sejumlah pemain seperti Ricky Kambuaya yang kini jadi andalan di timnas, serta Marselino Ferdinan yang baru berusia 17 tahun.

Widodo C. Putro – Persita Tangerang

Perjalanan Widodo C. Putro di Persita dimulai awal tahun 2019. Ketika itu, Pendekar Cisadane itu masih berkompetisi di Liga 2. Di akhir musim, ia berhasil membawa Persita promosi ke Liga 1.

Persita saat ini berada di posisi 10 klasemen, terendah di antara klub-klub di daftar ini. Namun, posisi itu cukup baik mengingat Persita bisa dianggap tim promosi karena kompetisi musim lalu hanya berjalan 3 pekan. Akibatnya, sejauh ini Widodo C. Putro aman dari isu pemecatan.

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaPersita TangerangAji SantosoWidodo C. PutroRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaBhayangkara FCBali United FCArema FCStefano Cugurra TecoLiga 1Bola IndonesiaPaul MunsterEduardo AlmeidaBerita Liga 1Angelo AlessioBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini