x

Ada Bintang Indonesia, 9 Pemain yang Jadi Sorotan di Piala Asia Wanita 2022

Kamis, 20 Januari 2022 11:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Piala Asia Wanita 2022 akan bergulir dalam hitungan jam. Terdapat pemain Timnas Putri Indonesia, berikut 9 pemain yang jadi sorotan di ajang ini.

Edisi ke-20 Piala Asia Wanita akan segera bergulir di mana laga pembuka akan mempertemukan tim wanita Tiongkok atau China melawan Taiwan atau Chinese Taipei, Kamis (20/01/22) sore WIB.

Adapun Piala Asia Wanita 2022 diselenggarakan di India. Nantinya ada 12 negara yang akan bersaing memperebutkan gelar juara yang dipegang oleh Jepang.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Putri Indonesia yang sempat absen selama 33 tahun, kini kembali akan berkancah di perhelatan terakbar sepak bola wanita se Asia tersebut.

Timnas Putri Indonesia sendiri tergabung di grup neraka, yakni grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina. Dua nama pertama merupakan kontestan Piala Dunia 2019 lalu.

Dengan ambisi mencatatkan sejarah di kancah sepak bola wanita, skuat Garuda Pertiwi ingin mencapai babak gugur atau babak Knock Out.

Baca Juga
Baca Juga

Adapun torehan terbaik Timnas Putri Indonesia di kancah Piala Asia Wanita adalah menempati peringkat empat di tahun 1977 dan 1986.

Namun misi ini terbilang sulit bagi Timnas Putri Indonesia mengingat banyaknya bintang lapangan hijau yang menjadi sorotan di Piala Asia Wanita 2022.

Termasuk dari Timnas Putri Indonesia, kira-kira siapa saja 9 pemain yang menjadi sorotan di Piala Asia Wanita 2022 nanti?


1. Pemain yang Jadi Sorotan di Piala Asia Wanita 2022

Zahra Muzdalifah saat diwawancara usai pertandingan.

1. Saki Kumagai (Jepang)

Saki Kumagai bukanlah nama asing di kancah sepak bola wanita. Ia merupakan pemain senior berusia 31 tahun yang telah malang melintang di Eropa. Ia mampu meraih 19 gelar bersama Lyon. Kini ia tercatat membela Bayern Munchen.

Salah satu torehan luar biasanya adalah kala ia membawa Jepang menjuarai Piala Dunia Wanita 2011 berkat eksekusinya sebagai penendang penalti terakhir.

2. Sam Kerr (Australia)

Nama mentereng lainnya adalah Samantha Kerr atau Sam Kerr. Penyerang wanita asal Australia ini dikenal sebagai bomber tajam yang membela Chelsea.

Penyerang calon lawan Timnas Putri Indonesia di grup B ini, punya rekam jejak apik yakni berstatus top skor Women Super League (WSL) musim lalu dan juga peraih tempat kedua di FIFA Best Award 2021.

3. Ji So-yun (Korea Selatan)

Masih dari Chelsea, kini ada nama rekan Sam Kerr, yakni Ji So-yun yang berasal dari Korea Selatan. Jauh sebelum kedatangan Sam Kerr ke The Blues, nama wanita berusia 30 tahun ini merupakan andalan.

Ia menjadi salah satu pemain yang mengawali dominasi Chelsea wanita di sepak bola Inggris. Duetnya bersama Fran Kirby mampu membuat The Blues melayang tinggi.

4. Zahra Muzdalifah (Indonesia)

Beralih ke Indonesia, ada nama Zahra Muzdalifah yang juga menjadi sorotan karena keberhasilannya membawa Timnas Putri Indonesia ke Piala Asia Wanita 2022.

Zahra mampu meraih predikat pemain terbaik di babak kualifikasi Piala Asia Wanita 2022. Selain itu, usianya yang baru 20 tahun membuatnya menjadi pemain yang dinilai punya prospek cerah di sepak bola wanita Asia.

5. Mana Iwabuchi (Jepang)

Sang juara bertahan juga mengirim pemain wanita hebat lainnya di ajang ini, yakni Mana Iwabuchi. Ia merupakan otak serangan Jepang di kancah sepak bola wanita.

Kematangan dan pengalamannya di sepak bola wanita pun membuatnya populer. Bahkan karena kelebihannya itu, ia kini tercatat membela Arsenal wanita yang bersaing dengan Chelsea wanita.

6. Ellie Carpenter (Australia)

Wanita muda yang juga menjadi sorotan di Piala Asia Wanita 2022 adalah Ellie Carpenter. Pemain berusia 21 tahun ini menjadi tumpuan Australia bersama Sam Kerr.

Ellie Carpenter menjadi tumpuan karena ia memiliki pengalaman apk di Eropa. Tercatat, kini ia berseragam Olympique Lyon, juara terbanyak Liga Champions wanita.

7. Wang Shuang (China)

China pun tak pernah kehabisan generasi pemain wanita hebat di tubuh timnya. Kini ada nama Wang Shuang yang punya pengalaman mumpuni di level internasional dengan total lebih dari 100 caps.

Di edisi sebelumnya, Wang Shuang mampu menyabet gelar pemain terbaik Piala Asia Wanita 2018. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk membawa China keluar sebagai juara.

8. Taneekarn Dangda (Thailand)

Thailand yang juga jadi lawan Timnas Putri Indonesia di babak grup, mengirim nama Taneekarn Dangda sebagai pemain andalan. Ia sendiri merupakan adik dari Teerasil Dangda.

Pemain berusia 29 tahun ini tercatat sebagai sebagai pencetak gol ulung Thailand wanita di laga internasional. Bahkan ia punya sumbangsih mumpuni, yakni membawa timnya ke semifinal Piala Asia Wanita 2018.

9. Pham Hai Yen (Vietnam)

Vietnam pun turun menyumbangkan satu nama yang menjadi sorotan. Sosok it adalah Pham Hai Yen yang membantu negaranya ke Piala Asia Wanita 2022 berkat torehan delapan golnya.

Pemain berusia 27 tahun ini punya rekor mentereng yakni mencetak 30 gol dari 44 pertandingan. Kini di Piala Asia Wanita 2022, ia ingin menorehkan catatan apik dalam karier internasionalnya.

AustraliaSepakbola WanitaTimnas Wanita JepangBola InternasionalTimnas Wanita IndonesiaZahra MuzdalifahSepak BolaTimnas Indonesia PutriPiala Asia Wanita

Berita Terkini