x

4 Catatan Menarik di Balik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Timor Leste

Jumat, 28 Januari 2022 09:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 4 catatan menarik di balik kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste, Kamis (27/01/22), termasuk catatan istimewa 2 pemain. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – Berikut 4 catatan menarik di balik kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste, Kamis (27/01/22), termasuk catatan istimewa 2 pemain.

Timnas Indonesia memanfaatkan momen FIFA Matchday akhir bulan ini untuk menjalani laga uji coba. Sempat gagal bertanding dengan Bangladesh karena alasan protokol kesehatan, pasukan Garuda akhirnya menghadapi negara tetangga, Timor Leste, sebanyak 2 kali.

Laga pertama digelar Kamis (27/01/22) pukul 19.00 WIB malam tadi di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Indonesia mengawali laga dengan tampil agresif. Namun, buruknya kualitas serangan membuat Dedik Setiawan dkk kesulitan mencetak gol.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, skuat Garuda kerap lengah menghadapi serangan balik cepat yang dilancarkan oleh para pemain Timor Leste.

Puncaknya, berawal dari blunder Edo Febriansyah, Timor Leste berhasil unggul lebih dulu lewat Paulo Gali Freitas di menit ke-34, yang bertahan hingga turun minum.

Masuknya sejumlah pemain di babak kedua membuat permainan Indonesia membaik. Menit ke-65, Indonesia menyamakan skor lewat sepakan keras Ricky Kambuaya.

Menit ke-72, Pratama Arhan membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 lewat eksekusi penalti setelah pemain lawan handsball di kotak terlarang.

Hanya 5 menit kemudian, Arham lagi-lagi jadi bintang. Lemparan ke dalam jarak jauhnya salah diantisipasi kiper pengganti Timor Leste sehingga berbuah gol bunuh diri.

Baca Juga
Baca Juga

Di menit ke-80, Arhan kembali menjadi sumber gol setelah umpan silangnya disundul pemain belakang Timor Leste ke gawang sendiri.

Timnas Indonesia pun menutup laga FIFA Matchday ini dengan kemenangan comeback 4-1. Hasil ini menjadi modal bagus untuk menatap laga kedua menghadapi lawan yang sama, Minggu (30/01/22) malam WIB.

Di sisi lain, sejumlah catatan menarik tercipta dalam laga persahabatan Indonesia vs Timor Leste tadi malam. Apa saja? Berikut ulasannya:

 

1. Malam Spesial Ronaldo dan Arhan

Ronaldo Kwateh saat masih bersama timnas U-18.

1. Ronaldo Kwateh Debutan Termuda

Mengawali laga di bangku cadangan, wonderkid Madura United yakni Ronaldo Kwateh akhirnya diturunkan di awal babak kedua menggantikan Ramai Rumakiek.

Dengan usia 17 tahun 3 bulan 8 hari, Ronaldo Kwateh resmi menjadi debutan termuda di timnas Indonesia. Putra Roberto Kwateh itu memecahkan rekor Asnawi Mangkualam melawan Myanmar tahun 2017 lalu, dengan usia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari. 

Istimewanya, Ronaldo Kwateh langsung berperan penting di laga debutnya ini, dengan mencetak assist bagi gol Ricky Kambuaya yang membawa Indonesia menyamakan skor menjadi 1-1.

2. Rekor Kemenangan 100%

Laga melawan Timor Leste tadi malam adalah pertemuan kelima bagi kedua tim. Dalam 4 pertemuan sebelumnya, Indonesia selalu berhasil meraih kemenangan yakni dengan skor 6-0, 1-0, 4-0, dan 3-1.

Dengan kemenangan semalam, Indonesia pun mempertahankan rekor kemenangan tetap 100% dalam 5 pertemuan yang pernah terjadi. Di sisi lain, skuat Garuda juga untuk kedua kalinya kebobolan dari negara tetangga itu.

Secara total, dalam 5 pertemuan, Indonesia mencetak 19 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

3. Deja Vu 4 Pemain

Dalam skuat Indonesia saat menghadapi Timor Leste semalam, tercatat ada 4 pemain yang masuk dalam skuat Garuda saat pertemuan terakhir kedua tim, yakni di fase grup Piala AFF 2018 yang dimenangi pasukan Garuda dengan skor 3-1.

Keempat pemain tersebut adalah Dedik Setiawan, Irfan Jaya, Fachrudin Aryanto, dan Evan Dimas. Ketika itu, Evan dan Fachrudin menjadi starter dan tampil 90 menit sedangkan Dedik dan Irfan jadi pemain cadangan yang tak bermain.

Menariknya, pelatih Shin Tae-yong menjadi keempat pemain tersebut tampil sebagai starter dalam laga tadi malam. Meski demikian, pada akhirnya hanya Fachrudin yang tampil penuh dengan 3 pemain lainnya ditarik keluar di babak kedua.

4. Pratama Arhan Supersub

Pratama Arhan mengawali laga dengan duduk di bangku cadangan sementara pos bek kiri ditempati oleh Edo Febriansyah. Arhan pun kemudian dimasukkan di awal babak kedua, dalam kondisi Indonesia tertinggal 0-1.

Namun meski hanya menjadi pemain pengganti, Pratama Arhan justru menjadi pahlawan kemenangan. Ia membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 lewat eksekusi penalti, sebelum menjadi kreator 2 gol bunuh diri Timor Leste, berkat lemparan ke dalam dan umpan silang yang salah diantisipasi lawan.

Timor LesteTimnas IndonesiaBola InternasionalBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaPratama ArhanRonaldo Kwateh

Berita Terkini