x

Legenda Singapura eks Persib dan Persija Pensiun, Irfan Bachdim Kirim Tribut

Senin, 31 Januari 2022 20:28 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Setelah selama kurang lebih 19 tahun berkarier sebagai atlet sepak bola profesional, Baihakki Khaizan, memutuskan untuk pensiun. Ia gantung sepatu di usia 38 tahun usai karier internasional yang gemilang bersama Singapura dan sempat mencicipi atmosfer liga Indonesia dalam seragam Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Baihakki mengumumkan keputusannya ini pada Senin (31/01/22) ini lewat Instagram. Ia merangkum sejumlah video tribut untuk kariernya dari berbagai tokoh yang berdurasi nyaris satu jam.

Sesama legenda Singapura seperti Fandi Ahmad dan Aleksandar Duric ikut mengucapkan satu dua patah kata untuk mengiringi pensiunnya Baihakki. Begitu juga dua mantan pelatih asing The Lions, Radojko Avramovic dan Takuma Yoshida.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak ketinggalan rival-rival internasional Baihakki dari tinmas negara lain. Dari timnas Indonesia, Irfan Bachdim dipilih untuk mengirimkan tribut bersama dengan Chanathip Songkrasin yang mewakili timnas Thailand.

"Kepemimpinan anda dan banyak hal lain adalah sesuatu yang patut untuk dicontoh. Anda seorang yang sangat menginspirasi untuk orang Singapura dan bahkan dikenal oleh orang Indonesia. Saya pun ikut terinspirasi dan mendoakan segala yang terbaik untuk ke depannya," ungkap Irfan yang kini berbaju Persis Solo tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Baihakki sendiri adalah salah satu bek tengah terbaik yang pernah lahir di kawasan Asia Tenggara. Ia jadi bagian timnas Singapura yang mendominasi Piala AFF di dekade 2000 hingga awal 2010 dan sukses mengemas 142 caps.

Ia mengoleksi tiga medali hasil menjuarai Piala AFF edisi 2004, 2007, dan 2012. Lebih banyak gelar ketimbang di level klub dimana Baihakki cuma punya satu titel Liga Super Malaysia saat membela LionsXII.


1. Bela Banyak Klub, Miskin Trofi

Baihakki Khaizan

Padahal Baihakki pernah membela 13 klub berbeda sepanjang kariernya dan rata-rata adalah kesebelasan besar di Asia Tenggara. Contohnya saja Johor Darul Ta'zim, Muangthong United, dan Tampines Rovers yang jadi pelabuhan terakhirnya.

Tidak lupa juga Persija (2009-2010) dan Persib (2010) yang ia bela di era Indonesia Super League. Baihakki masuk dalam kategori pemain asing populer terutama untuk Macan Kemayoran dimana ia tampil 39 kali dengan sumbangan tiga gol.

Persib BandungPersija JakartaIrfan BachdimSingapuraTimnas IndonesiaBaihakki KaizanIndonesia Super League (ISL)Bola InternasionalChanathip SongkrasinLiga 1Berita Liga 1Berita Timnas IndonesiaBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini