x

Fachrudin Aryanto Puas Kinerja Shin Tae-yong di Timnas: Lanjutkan, Coach!

Selasa, 1 Februari 2022 11:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Fachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016.

INDOSPORT.COM - Fachrudin Aryanto, salah satu pemain senior di Timnas Indonesia, mengaku puas dengan kinerja Shin Tae-yong dan harus dipertahankan.

Fachrudin Aryanto adalah salah satu bek yang konsisten dan dipercaya di Timnas dalam beberapa generasi, walaupun ada pergantian di posisi kepelatihan Timnas.

Misalnya dalam lima tahun terakhir, Timnas dipegang oleh Alfred Riedl, Luis Milla, Bima Sakti, Simon McMenemy, dan kini diambil alih oleh pelatih asal Korea, Shin Tae-yong.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu kesuksesan Shin Tae-yong ialah membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020, walaupun mengandalkan skuat muda, hanya Fachrudin yang senior.

"Dengan skuat muda, terus Coach Shin yakin tim ini mampu berbicara banyak di AFF, itu terbawa juga ke pemain, satu hal positif yang saya lihat," ungkap Fachrudin.

"Coach Shin kasih motivasi, kasih masukan, hal-hal yang positif ke pemain, jadi satu tim itu termotivasi dan semangat, siap melawan siapa pun," tuturnya melalui Youtube Tiento.

Berkat dukungan moril dari Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Vietnam, mengalahkan Malaysia, bahkan menaklukkan Singapura di semifinal AFF.

Baca Juga
Baca Juga

"Kita bukan unggulan di Piala AFF, bahkan melawan Malaysia, Singapura, Vietnam. Kita juga lama nggak main kan, liga stop karena Corona kemarin," ucap Fachrudin Aryanto.

"Tapi Coach Shin bisa mengubah itu, dengan kerja sama dan semangat pemain muda. Mungkin tim kurang berpengalaman, tapi saya rasa hasilnya sudah bagus sekali."


1. Fachrudin Dukung Shin Tae-yong Sampai Juara

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Instagram@shintaeyong7777

Walau terdapat pro dan kontra mengenai kiprah Shin Tae-yong, ada yang berharap ia lanjut membesut Timnas Indonesia, dan ada yang ingin agar sang pelatih dipertahankan.

Namun, menurut Fachrudin Aryanto yang secara langsung bekerja sama dengan Shin Tae-yong, ia berharap sang pelatih terus dipertahankan sampai bisa meraih trofi.

"Lanjutkan Coach, apa yang sudah kita lakukan kemarin, Anda diberi kebebasan untuk memilih pemain muda, dan Anda percaya pemain muda," ucap Fachrudin.

"Itu bisa meningkatkan kualitas Timnas kita. Mungkin ke depan, pemain Timnas yang kemarin itu bisa membawa trofi juara," ujar bek Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, yang kini sudah berusia 32 tahun. 

FachrudinTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalFachrudin AryantoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2020

Berita Terkini