x

Bongkar Faktor Kekalahan Barito Putera, Rahmad Darmawan: Mepet Bikin Strategi

Kamis, 3 Februari 2022 08:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan, membongkar faktor kekalahan Barito atas Bhayangkara FC di pekan ke-22 Liga 1, Selasa (01/02/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan membongkar faktor kekalahan Barito atas Bhayangkara FC di pekan ke-22 Liga 1, Selasa (01/02/22).

Barito Putera harus mengakui kekalahan 1-2 dari Bhayangkara FC, saat bertanding di Stadion Ngurah Rai, Bali, Selasa malam.

Kekalahan itu membuat Barito Putera belum bisa keluar dari zona degradasi. Tim saat ini tertahan di posisi 17 klasemen sementara, dengan raihan 16 poin dari 22 kali bermain.

Sebenarnya, peluang Barito Putera untuk mendapatkan poin sangat terbuka. Barito lebih dulu mencetak gol melalui sepakan Bayu Pradana pada menit ke-58, skor 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, keunggulan tak bisa mereka pertahankan karena Bhayangkara sukses membalikkan kedudukan lewat brace dari Herman Dzumafo pada menit-menit akhir.

Seusai laga, Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan membeberkan kekalahan timnya pada laga ini lantaran ia menggunakan plan B, sebab dua pemain asingnya harus absen.

Dua bek asing yang menjadi andalan, Renan Alven dan Kim Jun-sung ternyata tak bisa dimainkan. Keduanya diduga terpapar Covid-19 dan harus menjalani karantina.

"Sebetulnya kami terus berprogres dalam permainan, tapi ketika kami sudah bisa temukan tempo permainan, kami malah dihadapkan masalah lain," ucap Rahmad.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami harus kehilangan dua pemain asing di belakang, dan itu di luar skema kami, karena sampai kemarin kami buat simulasi, mereka masih ada," ucap pelatih 55 tahun tersebut.


1. Coach RD: Ubah Strategi dalam Hitungan Jam

Barito Putera vs Borneo FC, Jumat (14/01/22).

Selain hal itu, Rahmad Darmawan juga menilai para pemain Barito Putera banyak mengalami perombakan, sehingga masih kurang pengalaman dari Bhayangkara FC.

Hal itu terlihat saat  Bayu Pradana dan kawan-kawan yang unggul lebih dulu, tapi tidak bisa mengatur ritme permainan agar bisa mempertahankan skor sampai akhir.

"Tapi itu tadi, sepak bola kadang-kadang membutuhkan satu pengalaman untuk bisa mengatur ritme kapan cepat, kapan pelan, dan ini yang belum kami dapatkan," ulasnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Bagaimana pun, mengubah tim dalam hitungan jam, dengan sebuah strategi yang berbeda itu kadang-kadang tidak berjalan dengan baik," ujar Rahmad Darmawan.

Usai menghadapi Bhayangkara, Barito Putera akan bersua PSS Sleman pada pekan ke-23 BRI Liga 1 2021-22, Minggu (06/02/22) malam, bertempat di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar.

Barito PuteraRahmad DarmawanLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini