x

Susahnya Bikin Mikel Arteta Senang, Nasib 4 Pemain Ini Jadi Buktinya

Minggu, 6 Februari 2022 20:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut empat pemain yang berisu dengan Mikel Arteta. Foto: Marc Atkins/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mikel Arteta belakangan jadi sorotan di Arsenal usai menjadi headline di beberapa pemberitaan yang menyangkut sejumlah pemain.

Yang teranyar, ia dikaitkan dengan kepindahan Pierre-Emerick Aubameyang ke Barcelona di bursa transfer Januari. Padahal, penyerang asal Gabon tersebut sudah jadi andalan The Gunners untuk waktu yang lama.

Tidak banyak yang menyangka, apabila pada akhirnya pemain yang satu ini akhirnya menutup buku bersama Arsenal lebih cepat dari perkiraan.

Sebelum hengkang ke Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang memang sempat bermasalah dengan tindakan indisipliner. Buntutnya, ia dibekukan dari skuat dan dikeluarkan dari rencana Mikel Arteta untuk tahun 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Bukan hanya itu, Aubameyang tidak dibawa ke pemusatan latihan Arsenal di Dubai saat jeda musim dingin beberapa waktu lalu. Namun kabar menyebut ia tidak disertakan karena masih dalam masa penyembuhan Covid-19.

Nah, dengan situasi yang makin pelik di Arsenal ditambah ban kaptennya yang dicopot, nampaknya masa depan Aubameyang wajar cukup suram di Emirates. Alhasil, pintu keluar adalah jalur yang ditempuhnya untuk lepas dari jerat ini.

Ketika ditanya apakah ia memiliki masalah dengan Mikel Arteta, Aubameyang pun pada akhirnya buka suara.

“Ya, saya rasa hanya dengan dia. Saya tidak bisa bicara banyak, dia tidak merasa senang dan saya mencoba biasa saja,” ucap Aubameyang ketika diperkenalkan oleh Barcelona belum lama ini, dikutip dari Mirror.

Baca Juga
Baca Juga

Selama membesut Arsenal sejak 2019, Mikel Arteta yang juga mantan pemain The Gunners tercatat pernah terlibat beberapa isu dengan anak-anak asuhnya. Pierre-Emerick Aubameyang mungkin hanya satu di antaranya.

Bahkan belum lama ini Jack Wilshere turut buka suara terkait sulitnya membuat Arteta terkesan. Ia sempat menjalani latihan bersama Arsenal sembari mencari klub anyar usai dilepas Bournemouth musim panas lalu.

Meski berstatus mantan rekan setim, Arteta ternyata tidak berminat merekrut Wilshere, yang sudah mengabdi di Arsenal selama 17 tahun sebelum hengkang pada 2018.

 

1. Pemain Lain

Mesut Ozil saat masih berseragam Arsenal. Foto: Chloe Knott - Danehouse/Getty Images.

Sulitnya membuat Mikel Arteta terkesan jelas bukan masalah Pierre-Emerick Aubameyang dan Jack Wilshere saja. Berikut para pemain yang juga berisu dengan eks asisten Pep Guardiola ini karena gagal meraih hatinya.

Mesut Ozil

Tentu masih segar di ingatan bagaimana masa depan Ozil juga mendadak suram di Arsenal setelah dilirik sebelah mata saja oleh Arteta.

Jika menyebut nama Ozil, kata ‘Arsenal’ sepertinya bakal muncul paling pertama di benak para fans sepak bola. Sudah selekat itu imejnya sebagai pemain The Gunners bernomor punggung 10 yang populer.

Akan tetapi, situasi berubah ketika performanya mulai menurun dari waktu ke waktu. Arteta sendiri mengaku sudah memberi cukup kesempatan kepada anak asuhnya ini untuk memperbaiki diri namun tidak berhasil.

Selain itu, pembekuannya dari skuat The Gunners juga isu penting yang menjadikan nasib Ozil di Arsenal jadi terombang-ambing.

Terlebih lagi, formasi 3-4-3 dan 4-3-3 yang kemudian dipilih Arteta membuat posisi nomor 10 seperti Ozil kesulitan. Selain tidak banyak membantu transisi maupun pertahanan, performanya juga terus menurun.

Sudah diberi kesempatan pun ternyata Ozil cabut juga dari Arsenal karena sulit membuat Arteta terkesan. Sang pemain hengkang ke Fenerbahce pada 2021 lalu setelah berseragam The Gunners selama delapan tahun.

Nicolas Pepe

Selanjutnya ada Nicolas Pepe yang juga kesulitan mendapat tempat reguler di skuat The Gunners. Arteta pun telah memberi pemainnya ini cukup kesempatan dan berkata bahwa masa adaptasinya sudah lewat.

Ia tidak boleh berlama-lama melempem dengan dalih masih butuh penyesuaian diri dengan tim. Arteta bahkan menyebut ia tidak akan memainkan Nicolas Pepe jika sang pemain tidak mampu mencapai level yang diinginkan.

ArsenalMesut OzilJack WilshereMikel ArtetaPierre-Emerick AubameyangLiga InggrisNicolas PepeBerita Liga Inggris

Berita Terkini