x

Deretan Bintang Arsenal yang Membelot ke Man City: Bukayo Saka Berikutnya?

Senin, 7 Februari 2022 18:33 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bukayo Saka disebut jadi incaran Manchester City. Jika kepindahan itu terwujud, ia akan mengikuti jejak sejumlah bintang Arsenal yang membelot ke The Citizens. Foto: Reuters/Andrew Couldridge EDITORIAL USE ONLY

INDOSPORT.COM Bukayo Saka disebut jadi incaran Manchester City. Jika kepindahan itu terwujud, ia akan mengikuti jejak sejumlah bintang Arsenal yang membelot ke The Citizens.

Bursa transfer musim dingin memang baru saja berakhir. Meski demikian, klub-klub papan atas tak lantas berhenti melakukan pergerakan.

Di Liga Inggris, misalnya, meski baru saja mendatangkan Julian Alvarez dari River Plate, Manchester City tak lantas berpuas diri.

The Citizens itu mulai membidik sejumlah nama untuk diboyong di bursa transfer musim panas pada akhir musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dilansir Daily Mail, nama terbaru yang kini masuk dalam bidikan manajer Pep Guardiola adalah bintang muda Arsenal, Bukayo Saka.

Saka memang terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Musim ini, ia sudah mencetak 7 gol dan 4 assist dari 26 laga. Jumlah golnya itu menyamai torehan musim lalu, yang tercipta dari 46 laga.

Dengan usia yang baru 20 tahun dan bakat besarnya, Saka dinilai bisa menjadi andalan jangka panjang Manchester City. Apalagi, mereka baru saja ditinggal Ferran Torres ke Barcelona. Selain itu, City juga terancam kehilangan Raheem Sterling yang kontraknya tersisa 1,5 tahun.

Saka masih terikat kontrak di Arsenal hingga Juni 2024 usai melakukan perpanjangan Desember lalu. Namun, manajemen The Gunners ingin kembali menambah masa baktinya di akhir musim nanti.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, City siap menyambar kesempatan memboyong Saka jika Arsenal gagal finis di 4 besar alias gagal lolos ke Liga Champions. The Gunners sendiri saat ini masih tertahan 6 meski hanya tertinggal 2 poin dari MU yang ada di posisi 4.

Jika jadi pindah ke Manchester City, Bukayo Saka akan mengikuti jejak sejumlah pemain Arsenal lainnya. Seperti diketahui, tak sedikit bintang The Gunners yang kemudian dibajak The Citizens. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

 

1. Mayoritas Gagal Bersinar di Manchester City

Selebrasi Emmanuel Adebayor usai mencetak gol untuk Manchester City ke gawang Arsenal.

Kolo Toure

Sejak kedatangannya pada 2002, Kolo Toure menjadi pilihan utama di lini belakang Arsenal. Pemain Pantai Gading ini sukses menghadirkan sejumlah gelar dan menjadi bagian The Invincible Arsenal di musim 2003/2004.

Pada 2009, usai membela Arsenal dalam 326 laga selama 7 musim, ia hengkang ke Manchester City usai berselisih dengan William Gallas. Sayangnya, selama 4 musim di City ia tak pernah jadi pilihan utama, hingga akhirnya pindah gratis ke Liverpool.

Emmanuel Adebayor

Jadi andalan Arsenal selama 3,5 musim dengan 62 gol dari 142 laga, Emmanuel Adebayor hengkang ke Manchester City pada musim panas 2009 dan langsung mencetak gol dalam 4 laga pertama saat berseragam biru.

Meski mencetak 14 gol dari 31 laga di musim pertamanya, Emnanuel Adebayor tersingkir dari tim utama musim berikutnya berkat kedatangan Edin Dzeko sehingga dipinjamkan beruntun ke Real Madrid dan Tottenham sebelum dilepas permanen ke klub terakhir.

Gael Clichy

Jadi bagian dari The Invincibles pada 2003/2004, Gael Clichy meninggalkan Arsenal setelah 8 musim untuk bergabung dengan City pada Juli 2011 akibat kala bersaing dengan Kieran Gibbs.

Sempat menjadi pelapis Alexandar Kolarov, Gael Clichy akhirnya sukses merebut tempat utama. Ia pada akhirnya bertahan selama 6 musim di Etihad dan meraih sejumlah gelar di antarany 2 trofi Liga Inggris, 2 Piala Liga dan 1 Community Shield.

Samir Nasri

Sebulan setelah Clichy, Samir Nasri menyusul pindah ke Manchester City dengan banderol 25 juta pounds usai mendesak manajemen The Gunners untuk melepasnya.

Di musim pertamanya, Samir Nasri membawa Man City menjuarai Liga Inggris dan mengulangi prestasi itu di musim 2013/2014. Namun ia kehilangan tempat sejak kedatangan Kevin de Bruyne pada 2-14/2015. Musim berikutnya ia dipinjamkan ke Sevilla dan akhirnya dijual ke Antalyaspor

Bacary Sagna

Bacary Sagna adalah pemain Arsenal terakhir yang menyeberang ke City pada 2014 lalu. Namun, berbeda dengan nama-nama di atas, ia pindah ke City sebagai pemain bebas transfer.

Tiga musim membela City, Bacary Sagna hanya menjadi pilihan utama di musim keduanya yakni 2015/2016 dan hanya meraih 1 gelar Piala Liga, sebelum akhirnya pergi secara gratis saat kontraknya berakhir di Juni 2017.  

Bursa TransferArsenalManchester CitySamir NasriEmmanuel AdebayorBacary SagnaKolo ToureGael ClichyLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferBukayo Saka

Berita Terkini