x

Manchester United 5 Tahun Puasa Gelar, 8 Pemain Buangannya Malah Juara di Klub Lain

Rabu, 9 Februari 2022 19:34 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Di saat Manchester United puasa gelar hampir 5 tahun terakhir, 8 pemain buangannya ini malah jadi juara bareng klub lain di periode yang sama. Siapa saja? FOTO: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM – Di saat Manchester United puasa gelar hampir 5 tahun terakhir, 8 pemain buangannya ini malah jadi juara bareng klub lain di periode yang sama. Siapa saja?

Tak bisa dimungkiri, Manchester United merupakan salah satu klub raksasa di Inggris yang memiliki deretan trofi. Setan Merah di antaranya memenangi 20 gelar Liga Inggris, 12 Piala FA, dan 3 Liga Champions.

Meski demikian, sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu, MU kesulitan  merebut gelar juara.

Tercatat, sejak kepergian manajer legendaris itu, MU hanya bisa memenangi 4 gelar yakni masing-masing 1 Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa.

Baca Juga
Baca Juga

Dari keempatnya, Liga Europa 2016/2017 menjadi gelar terakhir yang diraih yakni pada Mei 2017 ketika merka masih dibesut Jose Mourinho.

Dengan situasi ini berarti Manchester United kini nyaris 5 tahun puasa gelar. Musim ini pun mereka kembali terancam puasa setelah tersingkir di Piala FA dan Piala Liga.

Sementara itu, di Liga Inggris mereka masih tertahan di posisi 4 sedangkan peluang juara di Liga Champions juga terbilang berat jika melihat performa mereka yang tak meyakinkan.

Baca Juga
Baca Juga

Catatan 5 tahun tanpa gelar ini jelas terbilang buruk. Apalagi, Setan Merah sejatinya memiliki skuat yang berlimpah bintang.

Mirisnya, sejumlah pemain yang dilepas Manchester United usai meraih trofi terakhir justru bernasib bagus. Di saat MU puasa gelar dalam 5 tahun terakhir, dalam periode tersebut 8 pemain buangannya malah berhasil jadi juara di klub lain. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

 

1. 4 Nama Juara di Klub yang Sama

Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku, 2 buangan Manchester United yang juara di klub lain. (Paolo Rattini/Getty Images)

Adnan Januzaj

Sempat digadang bakal jadi bintang baru, Adnan Januzaj dipinjamkan ke Borussia Dortmund dan Sunderland sebelum dijual ke Real Sociedad pada musim panas 2017.

Bersama Sociedad, ia berhasil menjadi pilihan utama dan membawa klub tersebut memenangi Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 34 tahun pada 2019/2020.

Daley Blind

Usai 4 musim di Old Trafford, Daley Blind memutuskan kembali ke pelukan klub lamanya, Ajax, di musim panas 2018.

Kepindahan ini pada akhirnya membuat Daley Blind bergelimang gelar. Dalam periode keduanya bersama Ajax itu, ia meraih 2 trofi Eredivisie, 2 Piala KNVB, dan 1 Johan Cruiff Shield.

Angel Gomes

Berstatus lulusan akademi, Angel Gomes kesulitan menembus tim utama MU dengan hanya tampil 10 kali dalam 4 musim sebelum hengkang ke Lille pada musim panas 2020.

Sempat dipinjamkan setahun ke Boavista oleh Lille, Angel Gomes kembali ke Prancis musim ini dan membantu Lille memenangi Trophee des Champions 2021.

Ander Herrera

Ander Herrera meninggalkan Manchester United pada 2019 secara gratis usai kontraknya berakhir. Gelandang Spanyol itu kemudian berlabuh ke klub kaya, Paris Saint-Germain.

Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Ander Herrera berhasil meraih sejumlah gelar bersama PSG di antaranya 1 Liga Prancis dan 2 Piala Prancis.

Matteo Darmian

Sempat jadi andalan di musim pertamanya, Matteo Darmian perlahan-lahan tersingkir hingga akhirnya dilepas ke Parma pada 2019. Dua tahun kemudian, ia diboyong ke Inter Milan dan bertahan hingga saat ini.

Bersama Inter Milan inilah Matteo Darmian meraih kesuksesan dengan memenangi Liga Italia dan Supercoppa Italia, meski hanya sebagai pemain pelapis.

Ashley Young

Tampil lebih dari 260 kali untuk MU dan sempat menjabat sebagai kapten, Ashley Young secara mengejutkan pindah ke Inter Milan pada Januari 2020.

Meski demikian, kepindahan itu justru membawa Ashley Young mencicipi gelar juara Liga Italia 2020/2021 bersama Inter Milan, yang memutus dominasi Juventus. Young dan Inter Milan juga nyaris menjuarai Liga Europa 2019/2020 tapi kalah di final.

Alexis Sanchez

Didatangkan dari rival Liga Inggris, Arsenal, Alexis Sanchez gagal bersinar di Old Trafford sehingga akhirnya dilepas ke Inter Milan pada 2019.

Meski tak selalu jadi pilihan utama, Alexis Sanchez berhasil mencicipi gelar Liga Italia musim lalu  bersama klub barunya itu. Musim ini, ia berpeluang mengulang prestasi itu karena Inter kini menjadi pemuncak klasemen sementara.

Romelu Lukaku

Gagal bersinar, Manchester United akhirnya melepas Romelu Lukaku ke Inter Milan pada musim panas 2019.

Siapa sangka, bersama klub barunya itu, Romelu Lukaku justru tampil tajam dengan torehan 64 gol hanya dalam 95 laga, dan membawa Inter Milan menjuarai Liga Italia musim lalu.

Manchester UnitedAnder HerreraRomelu LukakuDaley BlindAlexis SanchezAdnan JanuzajAshley YoungMatteo DarmianLiga InggrisAngel GomesTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini