x

Ragnar Oratmangoen Dicoret, Timnas Indonesia Pastikan Naturalisasi Kevin Diks

Rabu, 9 Februari 2022 15:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia akan segera dinaturalisasi

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia dipastikan batal memanggil pemain keturunan Belanda, Ragnar Oratmangoen dan akan digantikan oleh Kevin Diks.

Nama Kevin Diks dan Ragnar Oratmangoen ramai diperbincangkan belakangan ini. Pasalnya, salah satu dari mereka kabarnya dipilih pelatih Timnas, Shin Tae-yong untuk segera diproses menjadi WNI.

Baca Juga
Baca Juga

Awalnya, pelatih asal Korea Selatan itu memang mengajukan nama Kevin Diks untuk dinaturalisasi bersama tiga nama lain, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers.

Namun, Kevin Diks tak kunjung menanggapi tawaran PSSI, sehingga Shin Tae-yong beralih ke Ragnar Oratmangoen. Ironisnya, Oratmangoen juga tak kunjung memberikan dokumen sebagai syarat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Situasi ini membuat Shin Tae-yong pun beralih ke pilihan pertama. Maksudnya, dia ingin proses naturalisasi Kevin Diks dilanjutkan, sedangkan Ragnar ditunda terlebih dulu.

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengonfirmasi hal ini dengan mengklaim Kevin Diks merupakan pemain yang diinginkan Shin Tae-yong bergabung ke Timnas Garuda.

“Hari ini banyak yang bertanya kepada saya, apakah benar seperti diberita: Ragnar Oratmangoen diganti oleh Kevin Diks? Iya berita tersebut benar,” kata Hasani Abdulgani di Instagram-nya, @hasaniabdulgani.

“Ini karena ada permintaan dari Coach STY. Soal pemanggilan pemain adalah wilayahnya pelatih. Kami federasi hanya membantu. Mudah-mudahan saja semuanya berjalan dengan lancar,” lanjut Hasani.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan ini tak pelak mengundang tanda tanya besar dari netizen Indonesia. Pasalnya, mereka merasa bahwa Timnas Indonesia saat ini lebih membutuhkan striker murni ketimbang bek.

Ragnar Oratmangoen sendiri merupakan pemain serba bisa milik Go Ahead Eagles. Dirinya tak hanya bisa bermain sebagai gelandang namun juga penyerang jempolan.


1. Ragnar Oratmangoen Masih Bisa Dinaturalisasi?

Ragnar Oratmangoen masih bisa dinaturalisasi tergantung keputusan Shin Tae-yong

Hasani menanggapi pertanyaan netizen tersebut lewat kolom komentar. Menurut dia, Oratmangoen masih bisa diproses menjadi WNI asalnya Shin tae-yong meminta kepada PSSI.

“Tergantung dari permintaan pelatih kepala (Shin Tae-yong),” jawab Hasani saat ditanya netizen apakah proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen tetap jalan atau tidak.

Di sisi lain, Kevin Diks sebenarnya juga dikenal sebagai pemain serba bisa karena bisa mentas sebagai fullback kanan, kiri, gelandang sentral.

Namun, winger 25 tahun ini baru saja kembali usai pemulihan akibat cedera yang dialaminya sejak November 2021 lalu.  Kini pemain yang pernah tiga kali tampil di Liga Champions ini bersiap kembali tampil bersama FC Copenhagen

Proses natusalisasi Kevin Diks sendiri ditargetkan akan selesai sebelum April 2022. Dengan begitu, pemain keturunan Maluku itu bisa membela Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

NaturalisasiHasani AbdulganiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaKevin Diks BakarbessyBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongRagnar Oratmangoen

Berita Terkini