x

Timnas Indonesia Mundur, Ini 3 Negara yang Berpeluang Juara Piala AFF U-23

Jumat, 11 Februari 2022 17:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
TC Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan

INDOSPORT.COM – Melihat tiga negara yang berpotensi meraih gelar juara Piala AFF U-23 usai skuat Timnas Indonesia putuskan mundur dari turnamen.

Sebelumnya, kejutan datang dari sepak bola dalam negeri setelah Timnas Indonesia dipastikan batal mengikuti turnamen Piala AFF U-23 yang bakal digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022. 

Timnas Indonesia semestinya akan melakoni partai perdananya kontra Laos pada 15 Februari. Setelah itu, dilanjut Myanmar pada 18 Februari, dan yang terakhir Malaysia pada 21 Februari.

Sayangnya, Timnas Indonesia batal mengikuti perhelatan akbar sepak bola tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti dikutip dari laman resmi PSSI, keputusan ini diambil lantaran kondisi pandemi Virus Corona yang mana beberapa pemain dan satu official dikonfirmasi positif. 

Tujuh pemain timnas Indonesia yang positif Covid-19 ialah Ronaldo Joybera R Junior, Muhamad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. 

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Dengan banyaknya pemain yang terpapar Covid-19 plus badai cedera di skuat Timnas Indonesia, membuat pelatih Shin Tae Yong menyurati federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23.

Absennya Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF U-23 kali ini, sedikit banyak bakal merubah peta persaingan menuju gelar juara.

Timnas Indonesia yang merupakan juara bertahan, memang difavoritkan bakal kembali angkat trofi. Apalagi sebagian materi skuat Garuda kali ini merupakan jebolan timnas senior yang sempat tampil gemilang di Piala AFF 2020.

Tanpa kehadiran Timnas Indonesia, berikut tiga negara peserta yang berpotensi besar meraih gelar juara Piala AFF U-23:

Malaysia

Malaysia u-22 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-22 di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Negara pertama yang berpeluang besar juara Piala AFF U-23 adalah Malaysia.

Tergabung di Grup B bersama Myanmar, Laos serta Indonesia, skuat arahan Brad Maloney tersebut memang jadi tim favorit untuk lolos dari fase penyisihan.

Kini dengan absennya Timnas Indonesia, peluang Malaysia untuk melangkah ke babak semifinal bakal sangat terbuka lebar. Mengalahkan Laos serta Myanmar tampaknya bukan hal sulit buat Malaysia.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi skuat muda Harimau Malaya sedang dalam tren positif lantaran berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022.

Sepanjang gelaran Piala AFF U-23, pencapaian terbaik Malaysia adalah peringkat empat di tahun 2005 silam. Pada perebutan tempat ketiga, Malaysia kalah adu penalti kontra Myanmar.


1. Thailand

Selebrasi para pemain Thailand U-23 usai mencukur habis Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Jumat (22/03/19).

Berikutnya ada Thailand. Negara yang berstatus raja ASEAN ini juga masuk dalam kandidat juara Piala AFF U-23 2022.

Selain prestasi Thailand yang pernah juara di tahun 2005, statistik Young War elephants sebagai satu-satunya tim yang mampu dua kali melangkah ke final juga jadi alasan kuat.

Sama seperti Malaysia, Timnas Thailand juga sedang dalam kondisi on fire usai berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun 2022 mendatang.

Meski rata-rata pemain yang dipanggil Thailand U-23 kali ini masih berumur 19 tahun, namun pengalaman juara dari pelatih Worrawoot Srimaka tampaknya bisa membuat tim junior Thailand merebut kembali trofi Piala AFF U-23 dari Indonesia.

Vietnam
Terakhir adalah Vietnam. Skuat arahan Park Hang-Seo ini tetap masuk dalam salah satu kandidat juara meski berada di grup neraka bersama Thailand dan Singapura.

Bermodalkan 11 laga tanpa terkalahkan sejak Februari hingga Desember 2019, jelas kekuatan Vietnam tidak bisa dianggap enteng pada gelaran Piala AFF U-23 kali ini.

Berkaca dari rapor SEA Games tahun 2019 lalu, Vietnam punya peluang besar lolos dari fase grup dengan status pemuncak klasemen.

Pada SEA Games 2019, Vietnam juga sempat bertemu Singapura dan Thailand di babak penyisihan grup. Hasilnya, Vietnam berhasil mengalahkan Singapura serta menahan imbang Thailand.

Selain rapor impresif di SEA Games, Vietnam sama seperti Malaysia dan Thailand yakni sukses lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022 dengan status Grup I, mengungguli Myanmar serta China Taipei.

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-23

Berita Terkini