x

Deretan Pemain Indonesia yang Berkarier di Jepang Sebelum Pratama Arhan

Rabu, 16 Februari 2022 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pratama Arhan gabung klub Liga 2 Jepang Tokyo Verdy. Foto: Instagram@tokyo_verdy

INDOSPORT.COM – Pratama Arhan membuat geger sepak bola Tanah Air usai resmi bergabung klub Jepang, Tokyo Verdy. Kira-kira, siapa saja pemain Indonesia sebelum dirinya yang pernah mentas di negeri Sakura?

Jagat sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan kabar Pratama Arhan bergabung klub kasta kedua Jepang, Tokyo Verdy. Kabar ini sendiri telah dikonfirmasi PSIS Semarang selaku klub bek berusia 20 tahun tersebut.

“Pratama Arhan akan lanjutkan karir ke luar negeri dengan bergabung klub Jepang, Tokyo Verdy di kompetisi Meiji Yasuda J2 League,” bunyi unggahan akun Instagram PSIS.

Baca Juga
Baca Juga

Kepindahan bek kiri Timnas Indonesia ini pun cukup mengejutkan. Sebab, Arhan sebelumnya dikaitkan dengan kepindahan ke klub Korea Selatan.

Hanya saja, saga kepindahannya itu pun telah meredup seiring pengumuman resmi PSIS Semarang dan Tokyo Verdy akan transfer Pratama Arhan.

CEO PSIS, Yoyok Sukawi, menyebutkan bahwa kepindahan Arhan tak memakan biaya transfer sepeserpun. Ia rela melepas paemain andalannya itu dengan status bebas transfer.

Baca Juga
Baca Juga

““Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kamilepas ke klub Jepang, Tokyo Verdy,” bunyi pernyataan Yoyok Sukawi.

“Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karier Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik klub Jepang,” lanjutnya.

Kepindahannya ke Tokyo Verdy ini pun meneruskan kiprah pemain Indonesia di Liga Jepang. Kira-kira, siapa saja pemain yang pernah mentas di negeri Sakura sebelum Pratam Arhan?


1. Pemain Indonesia yang Pernah Main di Liga Jepang

Irfan Bachdim

1. Ricky Yacobi

Penyerang legendaris, Ricky Yacobi menjadi pemain Indonesia pertama yang berkiprah di Liga Jepang. Ia merumput di negeri Sakura kala diboyong Matsushita Electric FC (atau dikenal sebagai Gamba Osaka) pada 1988.

Pemain yang telah meninggal dunia pada tahun 2020 lalu itu, diboyong oleh Matsushita Electric FC karena kehebatannya bersama Arseto Solo. Di tahun 1987, Ricky Yacobi berhasil membawa Arseto Solo menjuarai Galatama.

Hanya saja, kiprah Ricky Yacobi di Jepang hanya berjalan singkat. Kesulitannya beradaptasi dengan iklim di negeri Sakura membuatnya tak bertahan lama di Matsushita Electric FC.

2. Irfan Bachdim

Pasca mendiang Ricky Yacobi, ada nama Irfan Bachdim yang juga pernah mencicipi kerasnya persaingam di Liga Jepang. Penyerang yang pernah membela PSS Sleman ini pertama kali tiba di negeri Sakura dengan membela Ventforet Kofu pada 2014.

Sayangnya,  di klub tersebut ia tak mencatatkan satu penampilan pun. Beruntung bagi Irfan Bachdim, setahun kemudian Consadole Sapporo datang meminangnya.

Di Consadole Sapporo, Irfan Bachdim pun akhirnya bisa mencicipi kompetisi Liga Jepang dan menjadi andalan selama dua musim hingga klub tersebut promosi ke kancah J1 League.

3. Stefano Lilipaly

Pemain Indonesia kelahiran Belanda lainnya yang pernah manggung di Liga Jepang adalah Stefano Lilipaly. Tercatat, ia pernah membela Consadole Sapporo pada 2014.

Hanya saja, Stefano Lilipaly tak memiliki banyak penampilan di Consadole Sapporo. Tercatat, ia hanya bermain sebanyak dua kali yang membuatnya memutuskan kembali ke Belanda.

Di Belanda, Lilipaly bergabung dengan Telstar selama dua musim, hingga akhirnya ia merapat ke Indonesia dan menjadi WNI.

4. Andik Vermansah, Ryuji Utomo, dan Gavin Kwan (Trial)

Sejatinya, masih ada nama Andik Vermansah, Ryuji Utomo, dan Gavin Kwan Adsit yang juga pernah mencicipi sepak bola Jepang.

Namun, ketiga pemain ini tak pernah berkiprah secara resmi seperti tiga pemain sebelumnya karena ketiganya hanya menjalani trial di negeri Sakura.

Andik tercatat menjalani trial bersama Ventforet Kofu. Ia sempat ditawari kontrak dan memilih menolaknya untuk bergabung Selangor FA.

Sedangkan Ryuji Utomo sempat menjalani trial bersama Jubilo Iwata dan Gavin Kwan menjalani trial bersama FC Tokyo.

Irfan BachdimPSIS SemarangStefano LilipalyGavin Kwan AdsitAndik VermansahRicky YacobiTimnas IndonesiaRyuji Utomo PrabowoLiga IndonesiaLiga JepangSepak BolaBerita Timnas IndonesiaPratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini