☰
x

Makin Dianggap Penting, Asnawi Diberi Nomor Punggung Baru di Ansan Greeners

Rabu, 16 Februari 2022 16:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Asnawi Mangkualam kini resmi mengenakan nomor favoritnya, 14, bersama Ansan Greeners usai musim lalu harus puas denagn nomor 41.

INDOSPORT.COM - Jelang dimulainya kompetisi K-League 2, Ansan Greeners FC mengumumkan nomor punggung para pemain untuk musim 2022. Bintang timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, rupanya mendapatkan nomor baru, yakni 14.

Asnawi meninggalkan nomor seragam lamanya, 41, yang sudah menemaninya sepanjang musim debutnya bersama Ansan di K-League 2 pada 2021. Nomor tersebut diwariskan pada pemain muda baru berposisi penjaga gawang, Kim Won-jung.

Sejak awal kedatanganya di Ansan Stadium, Asnawi sebenarnya ingin mengenakan nomor 14, namun saat itu gelandang Lee Sang-min sudah mengklaimnya terlebih dulu. Sehingga, dia kemudian memilih 41 yang merupakan kebalikan dari 14.

Baca Juga
Baca Juga

Nomor punggung 14 memang sudah jadi bagian tak terpisahkan dari karier sepak bola Asnawi. Di timnas Indonesia, gelandang bertahan yang juga bisa beroperasi di pos bek sayap kanan tersebut juga mengenakan nomor itu.

Bahkan saat masih berseragam PSM Makassar di Liga 1 Asnawi juga setia kepada angka yang juga identik dengan legenda Prancis, Thierry Henry, itu. Hanya saat di Persiba Balikpapan saja ia tak sempat mengenakan nomor 14 dan beralih ke 25.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan diberikannya nomor favoritnya mungkin sekaligus pertanda bahwa Ansan siap melibatkan Asnawi lebih banyak pada musim 2022.

Ditambah lagi pemain berusia 22 tahun itu juga baru mendapatkan kontrak anyar hingga 2023 dengan opsi perpanjangan semusim.

Musim lalu, Asnawi Mangkualam banyak beroperasi sebagai bek kanan dengan 15 penampilan di segala ajang. Hasilnya satu assist sukses dikantongi deputi kapten Evan Dimas di timnas Indonesia tersebut.


1. Jadi Pemain Depan?

Asnawi Mangkualam di timnas Indonesia.

Setelah kedatangan pelatih baru di Ansan dalam diri Cho Min-kook menggantikan Kim Gil-sik, ada rencana untuk menempatkan Asnawi ke posisi yang lebih ofensif.

Juru taktik 58 tahun tersebut ingin melihat Asnawi terlibat dalam lebih banyak proses terciptanya gol dan bahkan bukan tidak mungkin menyulapnya menjadi penyerang.

Jika digodok dengan matang, transformasi posisi Asnawi Mangkualam akan menguntungkan banyak pihak. Terutama si pemain sendiri dan karier internasionalnya.

Pasalnya timnas Indonesia sebentar lagi akan kedatangan pemain keturunan, yakni Sandy Walsh, yang berposisi sebagai bek kanan. Jika punya posisi baru, Asnawi tidak perlu mencemaskan persaingan internal dengan sang kompatriot anyar.

Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueBerita Timnas IndonesiaAnsan Greeners

Berita Terkini