x

Jadi Legenda Napoli dan Barcelona, Kira-kira Maradona Dukung yang Mana?

Kamis, 17 Februari 2022 22:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Luciano Spalletti percaya jika Diego Maradona masih ada maka hatinya akan tetap terpaut di Napoli meski Barcelona juga merupakan bekas timnya.

INDOSPORT.COM - Jelang duel antara Barcelona vs Napoli di play-off fase gugur Liga Europa 2021-2022, nama mendiang Diego Maradona kembali ramai diperbincangkan. Legenda sepak bola asal Argentina tersebut pernah memperkuat kedua tim.

Maradona pertama kali menjejakkan kaki di Eropa bersama Barcelona periode 1982-1984. Dia sempat memenangi tiga gelar termasuk satu Liga Spanyol, namun karena ia sulit menjaga kedisiplinan baik di dalam maupun luar lapangan Los Cules pun melepasnya.

Setelah itu Maradona kemudian hijrah ke Napoli yang saat itu bukan tim yang punya nama di Italia namun di sana ia justru bak menjelma menjadi dewa seutuhnya. Bisa dibilang karier terbaik sang D10S dihabiskan di San Paolo.

Begitu Maradona datang, Napoli dengan cepat bisa menganggu hegemoni raksasa-raksasa negeri pasta. Puncaknya adalah sukses I Partenopei menjuarai dua Liga Italia di 1986-1987 dan 1989-1990.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Diego Maradona juga mempersembahkan tiga trofi lain dalam bentuk Coppa Italia, Piala Super Italia, dan Piala UEFA.

Maradona memang hanya tujuh tahun berdiam di Naples, namun memorinya abadi di benak dan hari seluruh suporter Napoli.

Bahkan ketika sang legenda menghembuskan nafas terakhir, tifosi Si Biru adalah yang paling bersedih dan bahkan mengganti nama San Paolo menjadi Diego Armando Maradona sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Baca Juga
Baca Juga

Sehingga, saat Barcelona dan Napoli bertemu, Maradona diyakini akan lebih condong mendukung sang wakil Italia. Setidaknya itu yang diyakini oleh Luciano Spalletti selaku manajer Napoli.

"Barcelona vs Napoli adalah laga dua tim kuat. Pertandingan akan ditentukan oleh kolektivitas para pemain dan bukan individu. Hanya satu orang yang bisa membuat perbedaan sendirian namun ia hanya akan menyaksikan dari surga," ujar Luciano Spalletti.

"Aku bicara soal Maradona. Kurasa ia akan mencoba bersikap adil dengan menunjukkan support untuk kedua belah pihak namun pada akhirnya pasti akan mendukung Napoli," tambahnya lagi.


1. Partai Langka

Napoli vs Barcelona di Liga Champions 2019/2020

Sepanjang sejarah kedua klub berdiri, Napoli dan Barcelona baru bertemu dua kali di ajang resmi. Tepatnya pada babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 lalu dimana La Blaugrana berhak menepuk dada usai menang 4-2 secara agregat.

Hanya saja kini di Liga Europa status favorit absolut tidak lagi dipegang Barcelona. Bahkan Napoli bisa jadi dianggap tim yang lebih siap untuk melaju ke ronde selanjutnya.

Saat ini Barcelona sedang dalam masa transisi usai menunjuk Xavi Hernadez sebagai pelatih baru kurang lebih sejak tiga bulan lalu.

Sementara itu, walau juga belum lama bersama Spalletti, Napoli punya materi pemain yang lebih solid dan bisa bersaing di papan atas Liga Italia musim ini.

BarcelonaLiga EuropaDiego MaradonaNapoliLuciano SpallettiBerita Liga Europa

Berita Terkini