x

Blunder Pemain Asing Bikin Barito Kebobolan 2 Gol, Coach RD: Bukan Salah Kim

Sabtu, 19 Februari 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Blunder pemain asing membuat Barito Putera kebobolan dua gol saat berjumpa Persela Lamongan di pekan ke-26 BRI Liga 1 2021-22, Jumat (18/02/22). Foto: Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Blunder pemain asing membuat Barito Putera kebobolan dua gol saat berjumpa Persela Lamongan di pekan ke-26 BRI Liga 1 2021-22, Jumat (18/02/22).

Adapun pemain yang dimaksud adalah Kim Jin-sung, pemain asing Barito Putera asal Korea Selatan, yang pada laga itu didapuk sebagai gelandang bertahan, bukan bek.

Persela Lamongan berhasil mencetak gol cepat lewat skema bola mati pada menit ke-17, oleh Rahel Radiansyah, disusul Gian Zola yang mencetak gol ciamik pada menit ke-22.

Baca Juga
Baca Juga

Berawal dari Kim Jin-sung yang melakukan kesalahan passing, sehingga bola meluncur menuju kaki pemain Persela, dan mudah saja bagi Gian Zola untuk mencetak gol.

Beruntung, Barito bisa mencetak dua gol penyeimbang di babak pertama, lewat gol Bruno Matos dan Rafael Silva, disusul dua gol tambahan Bayu Pradana dan Matos.

Pelatih kepala PS Barito Putera, Rahmad Darmawan mengaku belum puas dengan permainan anak asuhnya, yang belum bisa mengawal setiap gerakan pemain Persela.

Baca Juga
Baca Juga

Rahmad Darmawan juga tak menyalahkan Kim Jin-sung atas dua gol yang bersarang, tapi kesalahan struktural dari pemain lain.

"Kim sudah menjalankan instruksi dengan baik. Kalau dia membuat sebuah kesalahan, itu bukan kesalahannya pribadi, saya lebih menyebutnya kesalahan tim," ujar Rahmad.

"Sebenarnya ada pemain yang salah, tetapi akan saya bilang ini kesalahan tim," lanjut pelatih yang akrab disapa Coach RD itu.


1. Rahmad Darmawan: Saya Tanggung Jawab!

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan.

Melihat jalannya laga antara Barito Putera vs Persela Lamongan, Jumat (18/02/22) malam, banyak penggemar yang meminta agar RD tak lagi menurunkan Kim Jin-sung di line up.

Namun, mantan pelatih Timnas Indonesia itu mengaku bahwa keputusan soal line up ini telah melalui banyak pertimbangan, dan ia yang bertanggung jawab atas pilihannya itu.

"Setiap keputusan siapa yang bermain adalah tanggung jawab saya. Karena laga hari ini menang, oke, ini kemenangan untuk pemain," ungkap Rahmad Darmawan lagi.

"Namun, ketika ada kesalahan, itu tetap menjadi tanggung jawab saya, karena saya yang menempatkan pemain-pemain itu di dalam simulasi pertandingan," kata Rahmad Darmawan yang menukangi Barito Putera di putaran kedua Liga 1.

Barito PuteraRahmad DarmawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022Kim Jin-sung

Berita Terkini