x

Kisah di Balik Gol Debut Cristiano Ronaldo: Dicetak ke Gawang Eks Semarang United

Sabtu, 19 Februari 2022 19:22 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Cristiano Ronaldo gagal penalti laga Manchester United vs Middlesbrough dalam partai putaran keempat FA Cup di Stadion Old Trafford, Sabtu (05/02/22). FOTO: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM – Mengupas kisah di balik gol debut Cristiano Ronaldo di kancah profesional yang dicetak ke gawang eks kiper Semarang United.

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu bomber mematikan dalam dunia sepak bola. Kehebatannya dalam membobol gawang lawan terlihat dari jumlah gol yang dicetaknya.

Berdasarkan situs Transfermarkt, pemain berusia 37 tahun ini telah mencetak total 804 gol untuk klub dan tim nasional Portugal.

Baca Juga
Baca Juga

Total 804 gol itu telah dicetaknya sejak melakukan debut profesional pada tahun 2022 hingga saat ini berstatus pemain Manchester United.

Berkat ketangkasannya dalam mencetak gol, Cristiano Ronaldo kerap menjadi pahlawan timnya dalam meraih beragam gelar bergengsi.

Bahkan, karena gol-golnya itu pula, pemain yang juga pernah membela Real Madrid ini mampu meraih lima gelar Ballon d’Or.

Baca Juga
Baca Juga

Tak ayal, dari banyaknya gol dan trofi di level individu serta tim, nama Cristiano Ronaldo abadi sebagai salah satu yang terbaik dalam olahraga terpopuler ini.

Berbicara perihal golnya, Cristiano Ronaldo tercatat mencetak gol perdananya di kancah profesional saat usianya baru menginjak 17 tahun.

Jika ditelusuri, gol perdana dalam karier Cristiano Ronaldo itu ternyata dicetak ke gawang kiper yang merupakan mantan penjaga gawang klub Indonesia, Semarang United. Siapakah kiper tersebut?


1. Gol Bersejarah ke Kiper yang Pernah Berkarier di Indonesia

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai menjebol gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2021/22 (03/12/21).

Gol perdana Cristiano Ronaldo di kancah sepak bola dicetak tepat pada tanggal 7 Oktober 2002 kala dirinya masih berseragam Sporting CP atau biasa dikenal Sporting Lisbon.

Waktu itu, ia menjalani debut musimnya secara penuh bersama Sporting CP. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo hanya menjadi pemain cadangan dan pemain muda yang dibawa ke skuat utama.

Pada 7 Oktober 2002, Cristiano Ronaldo diturunkan sebagai starter untuk kedua kalinya bagi Sporting CP oleh sang pelatih, Laszlo Bolini, kala berhadapan dengan Moreirense.

Kesempatan sebagai starter untuk kedua kalinya itu tak mau disia-siakan oleh Cristiano Ronaldo yang berhasil mencetak dua gol, masing-masing pada menit ke-34 dan 90+5.

Gol pada menit ke-34 itu menjadi gol perdananya di level profesional. Gol itu bahkan dicetak lewat proses yang menawan, setelah Cristiano Ronaldo menggocek tiga hingga empat pemain lawan sebelum melepaskan tembakan pelan terukur.

Tak disangka, gol perdananya di level profesional saat melawan Moreirense itu ternyata dicetak ke gawang Joao Ricardo. Nama kiper satu ini sendiri tak asing di Indonesia.

Pasalnya, Joao Ricardo merupakan kiper yang pernah membela Semarang United pada 2011 silam, saat Indonesia mengalami dualisme kompetisi.

Semarang United sendiri merupakan peserta Indonesia Premier League (IPL) atau Liga Primer Indonesia. Sebagai informasi, IPL merupakan pesaing Indonesia Super League (ISL).

Pada 2011, Semarang United mendatangkan beberapa pemain asing. Salah satunya adalah Joao Ricardo yang berposisi sebagai kiper.

Kiper berkebangsaan Angola ini tercatat pernah bermain untuk Semarang United saat IPL yang ada di bawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sportsindo (LPIS) bergulir.

Hanya saja, IPL tahun 2011 kala itu merupakan kompetisi tak sah. Sehingga penyelenggaraannya harus dihentikan di paruh musim.

Joao Ricardo sendiri pun akhirnya memutuskan pensiun di Semarang United saat IPL 2012 bergulir dan menjadi kompetisi sah pada 2012 lalu.

Manchester UnitedCristiano RonaldoSporting LisbonBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini